√ Cara Mudah Velg Jari-Jari Bisa Pakai Ban Tubeless,, Yuk Simak

Posted on

Velg Jari-Jari Pakai Ban Tubeless – Velg ialah salah satu part yang dapat bikin motor makin kece, yang salah satu velg yang digemari banyak pengendara ialah velg jari-jari,, alasannya kenapa ??

Cara Mudah Velg Jari-Jari Bisa Pakai Ban Tubeless,, Yuk Simak

Karena velg jaru-jari memang terbukti bisa membuat tampilan motor makin kinclong, dan selain itu harganya pun relatif murah dan punya kelenturan yang baik ketika melewati jalanan yang rusak.

Dan sebenarnya, ban tubeless kurang cocok dengan velg jari-jari, ini karena konstruksinya memiliki celah diantara jeruji dan lingkar velg. Meski demikian sangat banyak pengendara motor yang menginginkan untuk memasang velg jari-jari pada ban tubelessnya.

Nah jika dilakukan secara benar, maka buka tidak mungkin velg jari-jari pakai ban tubeless. Prinsip untuk memasang velg jari-jari pada ban tubeless sebenarnya sederhana. Buat udara di dalam tidak keluar.

Berbeda dengan velg casting yang tidak memiliki rongga, velg jari-jari justru sangat berongga. Udara bisa langsung keluar kalau dikombinasikan dengan ban tubeless. Apa sih yang harus dilakukan jika ingin velg jari-jari pakai ban tubeless ? Nah berikut ini ialah beberapa langkah yang bisa kalian coba sebagai berikut:

Menggunakan Lem Silikon Atau Sealant Untuk Aplikasikan Velg Jari-Jari Pakai Ban Tubeless

Lem silicon atau sealant ialah bahan yang dapat melekat ke dua permukaan dan mengisi ruang di antara dua permukaan tersebut sebagai pembatas atau lapisan pelindung.

Baca Juga :  Cara Mudah Memilih Ban Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh

Dan sealant digunakan untuk mengisi celah, ketahanan atau mengakomodasi gerakan antara substrat dan menjaga air atau udara keluar.

Komponen Untuk Pasangkan Velg Jari-Jari Pakai Ban Tubeless

Adapun komponen untuk pasangkan velg jari-jari pakai ban tubeless diantaranya yaitu:

  • Velg jari-jari
  • Lem silicon atau sealant
  • Alat untuk meratakan
  • Hair dryer
  • Pentil dan ban tubeless

Aplikasikan sealant secara merata, menutup lubang di jeruji. Pastikan pula lubang pentil tidak tertutup oleh lem. Dan setelah itu keringkan menggunakan hair dryer. Dan setelah itu dilakukan, kalian pun siap pasangkan velg jari-jari pakai tubeless.

Agar udara tidak bocor disarankan untuk tetap menggunakan cairan anti bocor ke dalam ban. Ini untuk mengantisipasi apabila ada lem yang terkelupas langsung tertutup oleh cairan ini.

Gunakan Ban Dalam

Pakai ban dalam untuk motor matic yang lingkarnya 14 inci. Ini akan jadi lebih kuat. Fungsi ban dalam ini sama dengan lem yang akan menutupi lubang setelan jari-jari. Trik ini bisa dilakukan jika kalian menggunakan velg ukuran 17 inci atau lebih.

 

Caranya ialah potong bagian tengah ban dalam motor matic sampai berbentuk melebar. Setelah itu masukkan ban tersebut ke velg jari-jari. Lingkar ban dalam matic yang lebih kecil ini akan secara otomatis menutup rapat lubang jari-jari. Karena itu bisa dipasangkan ban tubeless.

Untuk pentil jangan menggunakan pentil ban tubeless, tetap gunakan pentil ban dalam matic. Saat akan memasang ban luar, biarkan ban dalam keluar bagian velg. Ini akan membuatnya jadi lebih kuat karena terjepit dinding ban luar. Setelah itu baru rapikan atau potong bagian ban dalam yang keluar velg.

Jika tertarik mencoba cara ini jangan kaget jika agak sedikit sulit untuk memasang ban luar. Ini karena ada ban dalam matic yang sedikit mengganjal. Tapi cara ini akan membuat ban tubeless tidak mudah bocor dan jadi bisa dipasang velg jari-jari.

Baca Juga :  [Lengkap] Fungsi & Kelebihan Memakai Stabilizer Rantai Pada Motor

Pakai Manset

Manset merupakan karet khusus yang digunakan untuk menutup jeruji di balik velg jari-jari dan serbuk karet untuk menutup celah pada velg yang sudah berkarat. Ini bisa dibeli di toko ban sekaligus proses pemasangannya.

Cara tersebut tentu akan jauh lebih praktis, namun jika ingin mencoba memasang sendiri pun juga bisa. Beli manset dan ban tubeless lalu coba pasang sendiri.

Manset untuk velg jari-jari tersedia dalam beberapa ukuran. Ada mulai dari ukuran 14, 17 dan 18 inci. Harganya pun cukup terjangkau, dan biasanya manset ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan saja. Cara kerja manset ini sebenarnya mirip dengan trik kedua, namun ini bisa jadi lebih praktis dan mudah.

Tips Agar Ban Tubeless Awet

Ban yang satu ini memang jadi pilihan banyak pengendara. Agar ban tubeless awet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan salah satunya ialah rajin mengecek tekanan udara. Jika ingin ban awet dan tahan lama harus rajin cek angin.

Perhatikan juga beban yang dibawa sepeda motor. Bila terlalu sering membawa beban yang berat maka ini akan berpengaruh terhadap usia pakai ban tubeless.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Velg Jari-Jari Bisa Pakai Ban Tubeless,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂