Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Posted on

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor – Magnet roda daya adalah generator magnet yang menghasilkan medan dari magnet permanen, magnet bekerja sama dengan roda daya ( fly wheel ) dan membangkitkan listrik dengan cara memutarnya mengelilingi kumparan.

Dalam Sistem Kelistrikan Pada Sepeda Motor hal ini merupakan bagian sangat terpenting karena pada sistem ini menyediakan arus listrik untuk keperluan pembakaran dan untuk menggerakkan pendukung pada sebuah sepeda motor.

Sistem Pengisian

Dalam sistem ini yang dimaksud dengan sistem pengisian ialah pengisian pada baterai dengan arus listrik dari pembangkit ( generator ). Arus yang diisikan ke baterai tersebut harus berupa arus searah ( DC ). Dengan demikian apabila harus pembangkit masih berupa arus bolak-balik ( AC ) maka arus tersebut harus disearahkan terlebih dahulu.

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Berbagai fungsi seperti pengapian, penerangan dan pengisian dapat terpenuhi dalam satu rakitan, sehingga sistem seperti ini biasa digunakan pada sepeda motor kapasitas kecil ( small displacement ).

Kontruksi

Magnet rodanya secara umum terdiri dari sebuah stator dan sebuah roda daya stator terpasang pada crankshaft yang terdiri dari kumparan pengapian ( primary coil ).

Dan kumparan penerangan ( lighting coil ) yang digunakan untuk memberikan listrik untuk penerangan dan pengisian sebuah magnet permanen melekat pada roda daya dan berputar bersama crankshaft.

Cara kerjanya

Saat roda daya berputar, fluks magnet dalam stator bergerak dengan gerakan bolak-balik, sehingga tegangan diinduksikan dalam lighting coil atau charging coil, arus bolak-balik langsung digunakan.

Baca Juga :  Cara Membaca Soket CDI Motor Semua Type

Untuk peralatan yang menggunakan sumber listrik AC seperti lampu depan, sedangkan untuk mengisi battery arus bolak-balik mengalir penyearahan oleh diode sebelum melakukan pengisian.

Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor

Arti Dan Fungsi Kabel Kelistrikan

Dalam sebuah perawatan sepeda motor dalam hal ini kita perlu mengerti arti ataupun fungsi pada kabel kelistrikan pada sepeda motor. Untuk fungsi kabel itu sendiri ialah untuk menghubungkan listrik dari komponen satu ke komponen kelistrikan yang lainnya.

Untuk arti warna kabel pada sepeda motor untuk setiap merek kadang berbeda-beda. Namun pada dasarnya kabel-kabel kelistrikan tersebut mewakili muatan positif ( + ) dan negative ( + ) pada sepeda motor, jika kita salah saat menghubungkan kabel hal ini akan berakibat fatal bahkan dapat terjadi konsleting pada sistem kelistrikan sepeda motor tersebut.

Nah berikut ini untuk mengetahui penjelasan dari arti warna pada kabel kelistrikan sepeda motor seperti motor Honda, Yamaha, Suzuki Dan Kawasaki.

Kabel Kelistrikan Honda

  • Merah ( + ) aki
  • Hitam ( + ) kunci kontak
  • Putih ( + ) alternator pengisian ( + ) lampu dekat
  • Kuning ( + ) arus beban ke saklar lampu
  • Biru ( + ) lampu jauh
  • Abu-abu ( + ) flasher
  • Biru laut ( + ) sein/reting kanan
  • Oranye ( + ) sein/reting kiri
  • Coklat ( + ) lampu kota
  • Hitam-Merah ( + ) spull CDI
  • Hitam-Putih ( + ) kunci kontak
  • Hitam-Kuning ( + ) koil
  • Biru-kuning ( + ) pulser CDI
  • Hijau-kuning ( + ) lampu rem

Kabel Kelistrikan Yamaha

  • Hitam ( – ) massa, berlaku untuk semua negative
  • Hijau ( + ) arus beban penerangan
  • Merah ( + ) arus positif dari aki
  • Kuning ( + ) lampu jauh
  • Cokelat ( + ) sein / reting kiri
  • Hijau ( + ) araus beban ( penerangan dan lain-lain )
  • Putih-Merah ( + ) pulser CDI
  • Hijau-Hitam ( + ) rem

Kabel Kelistrikan Suzuki

  • Hitam-Putih ( – ) massa, berlaku untuk semua negative
  • Putih-Merah ( + ) pengisian dari magnet
  • Putih-Biru ( + ) koil ke CDI
  • Putih-Hitam ( + ) lampu rem
  • Kuning-Putih ( + ) penerangan / lampu
  • Biru-Kuning ( + ) pulser ke CDI
  • Merah ( + ) aki
  • Oranye ( + ) kunci kontak
  • Abu-abu ( + ) lampu belakang
  • Hijau Muda ( + ) sein / reting kanan
  • Hitam ( + ) sein / reting kiri
Baca Juga :  Pengapian Ac Dengan Magnet Flywheel

Kabel Kelistrikan Kawasaki

  • Hitam-Kuning ( – ) massa, berlaku untuk semua negative
  • Putih-Merah ( + ) aki
  • Merah-Hitam ( + ) lampu jauh
  • Merah-Kuning ( + ) lampu dekat
  • Abu-abu ( + ) sein / reting kanan
  • Hijau ( + ) sein / reting kiri
  • Biru ( + ) lampu rem
  • Merah ( + ) lampu belakang
  • Coklat ( + ) klakson

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Pengisian Magnet Roda Daya Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂