Agar Tidak Jebol – Cara Oprek Mesin Motor Yang Aman

Posted on

Cara Oprek Mesin Motor – Dalam hal ini mesin motor ialah inti dari sebuah motor yang mana komponen yang satu ini adalah salah satu komponen yang memiliki peranan atau fungsi yang sangat dominan dari sebuah kendaraan.

Cara Mudah Oprek Mesin Motor Yang Aman Agar Tidak Jebol

Namun meski demikian ini ada begitu banyak orang yang melakukan ubahan atau modifikasi atau juga yang lain sering kita sebut dengan “oprek” mesin untuk dengan tujuan dan harapan agar bisa menaikkan performa dari komponen mesin motor tersebut.

Namun hal yang harus menjadi bahan pertimbangan kalian ialah bahwasanya teknik modifikasi atau oprek mesin motor tersebut bukanlah hal yang mudah, sayangnya masih banyak pengendara yang masih menganggap hal ini ialah hal sepele, sehingga meski tidak tahu tekniknya dengan begitu jelas, namun sering kali melakukan oprek mesin tersebut sesuai dengan yang ia mau.

Nah untuk ulasan selengkapnya tentang oprek mesin dan cara oprek mesin motor yang aman supaya tidak jebol, maka ada baiknya kalian semua membaca ulasan dibawah ini, kalau begitu langsung saja simak ulasannya.

Lantas Apa Itu Oprek Mesin ??

Dalam hal ini adapun pengertian dari oprek mesin itu sendiri ialah istilah yang sangat lazim digunakan bagai modifikasi korter pada block silinder motor, yang dimana dalam hal ini akan dilakukan pelebaran diameter silinder untuk memperbesar kapasitas mesin tersebut.

Baca Juga :  Tips Jitu Yamaha Vixion!! Di Bore-up “Cocok Buat Harian”

Memperbesar kapasitas mesin tersebut dilakukan karena semakin bertambahnya kapasitas mesin, maka akan semakin banyak pula bahan bakar yang bisa ditampung oleh mesin untuk bisa digunakan dalam proses pembakaran.

Dan sehingga power atau tenaga yang dihasilkan oleh motor pun akan semakin bertambah. Untuk itulah banyak dari mereka pengendara yang senang melakukan teknik oprek mesin kendaraan motor mereka demi mendapatkan power yang diinginkan.

Lantas Bagaimana Cara Oprek Motor Yang Aman Agar Tidak Jebol ??

Nah sebelum kalian memutuskan untuk mengoprek mesin kendaraan kalian, maka ada baiknya jika kalian memperhatikan cara berikut ini diantaranya yaitu:

Perhatikan Perhitungan Rasio Kompresi Mesin

Yang paling penting yang harus kalian perhatikan sebelum mengoprek mesin kendaraan  kalian ialah dengan memperhitungkan rasio kompresi mesin kendaraan kalian.

Karena seperti yang sudah kalian ketahui bersama rasio kompresi mesin ini berkaitan dengan bahan bakar yang digunakan. Dan untuk menyesuaikan rasio kompresi mesin tersebut salah satunya ialah dengan membentuk permukaan kepala piston.

Dengan Mengganti Noken As

Pada umumnya, motor yang mesinnya sudah dioprek maka biasanya akan memiliki akselarasi dan juga torsi yang besar diputaran mesin hingga menengah. Namun ketika kalian memasuki puataran mesin bagian atas maka sering loyo alias tidak punya power, untuk itu sesuaikan noken as kalian untuk menunjang mesin hasil oprekan tersebut.

Jangan Pakai ECU Standar

Karena kapasitas ruang bakar kalian sudah besar maka hal yang harus kalian lakukan ialah dengan mengganti ECU standard dengan ECU yang bervolume lebih besar pula.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Oprek Mesin Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.