Warna Kabel Spul Motor

Posted on

Warna Kabel Spul Motor – Sistem kelistrikan ialah sebuah rangkaian untuk melaksanakan sebuah fungsi yang membutuhkan aliran listrik.

Dan tidak hanya mobil ternyata sepeda motor juga memiliki sistem kelistrikan yang tidak kalah kompleksnya. Nah untuk kali ini kami akan membahas mengenai Warna Kabel Spul Motor Honda, untuk lebih jelasnya simak uraiannya dibawah ini.

Dalam hal ini setiap spul (stator coil) sepeda motor tentu tidak terlepas dari kabel yang berfungsi untuk menyalurkan arus atau penghubung arus dari komponen satu ke lainnya.

Serta kabel tersebut memiliki warna yang berbeda antara satu dengan lainnya. Spul pada motor Honda Grand memiliki persamaan warna kabel dengan spul motor Honda lain, diantaranya yaitu:

  • Astrea 800
  • Astrea Star
  • Astrea Prima
  • Honda win
  • Supra
  • Astrea Legenda
  • Supra X
  • Supra Fit
  • Fit X/S

Kabel spul motor Honda Grand terdapat 4 kabel dengan warna berbeda, setiap kabel memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Akan tetapi kabel tersebut saling ketergantungan antara kabel satu dengan kabel lainnya.

Maksudnya ketika satu kabel tidak berfungsi kemungkinan dapat mempengaruhi fungsi kerja komponen lain, hal tersebut tentu akan menyebabkan komponen lain tidak dapat berfungsi dengan normal.

Warna Kabel Spul Motor Honda

Adapun warna kabel spul motor Honda diantaranya yaitu:

Warna Kabel Hitam – Garis Merah

Warna kabel hitam – garis merah dari spul digunakan sebagai kabel arus awal pada sistem pengapian. Kabel spul berfungsi sebagai spul pengapian atau sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi.

Jika spul ini lemah atau rusak maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi. Untuk motor jenis ini tahanan spul pengapian berkisar 500 hingga 600 ohm, jika nilai tahanan lebih dari nilai tersebut maka dipastikan adanya kerusakan pada lilitan spul tersebut.

Warna Kabel Kuning

Warna kabel kuning pada spul motor difungsikan sebagai arus awal dari lampu penerangan motor yang melewati kiprok terlebih dahulu untuk merubah arus AC dari spul menjadi arus DC ke lampu utama.

Warna Kabel Putih

Warna kabel putih dari spul motor berfungsi sebagai spul pengisian untuk sistem pengisian (cas) Accu, agar tegangan Accu tetap stabil ketika dipakai untuk sistem beban.

Warna kabel putih ini akan masuk terlebih dahulu ke kiprok (regulator) kemudian akan dibatasi tegangannya menjadi 14,50 Volt sebelum masuk ke Accu.

Warna Kabel Biru – Garis Kuning

Warna kabel biru garis dari spul berfungsi sebagai pulser yang menormalkan ataupun menstabilkan sistem pengapian pada sepeda motor.

Untuk cara pemeriksaan setiap kabel spul tersebut dengan cara menempelkan ujung kabel tersebut ke massa (-) atau ke body motor.

Jika percikan api keluar maka kabel tersebut masih normal akan tetapi jika di kabel tidak mengeluarkan percikan api spulnya rusak.

Demikianlah pembahasan mengenai Warna Kabel Spul Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂