Valve Motor

Posted on

Valve Motor – Dalam hal ini mesin sepeda motor didukung oleh banyak komponen, dan salah satunya ialah tutup mesin atau valve cap. Dan ternyata komponen yang satu ini punya peran penting dan lebih dari sekedar penutup mesin.

Fungsi valve cap sendiri terbilang cukup vital dan penting, hal ini karena apabila ada kebocoran atau adanya gangguan sedikit saja pada klepnya, maka akan dapat mengakibatkan tenaga mesin menjadi menurun.

Atau performa mesin akan mengalami drop, maka oleh karena itu ada baiknya kalian mengenali fungsi katup, klep serta kelengkapannya.

Katup atau klep ternyata tidak hanya terdapat pada tutup ban saja, ternyata mesin juga. Benda kecil ini merupakan komponen pada mesin yang terpasang pada kepala silinder yang bergerak sesuai langkah piston. Katup ini hanya ada pada mesin 4 tak dan sedangkan untuk mesin 2 tak tidak memiliki katup.

Fungsi Valve Pada Mesin

Secara ringkas, mesin 4 tak itu bekerja dalam empat tahap yakni hisap, kompresi, usaha dan buang. Saat langkah hisap, udara dan bensin dimasukkan ke dalam ruang bakar.

Dan begitu pula dengan langkah buang, gas sisa dikeluarkan dalam ruang bakar, sebagaimana diketahui, ruang bakar harus tertutup agar pembakaran terjadi secara maksimal.

Maka oleh karena itu dibuatlah sebuah sistem berupa katup di ruang bakar yang fungsinya membuka dan menutup saluran intake dan exhaust sesuai timing pembukaannya.

Prinsip Kerja Katup

Dan sedangkan prinsip kerja katup ini ialah memanfaatkan poros yang dilengkapi nok pada sudut tertentu. Poros inilah yang terhubung dengan engkol mesin melalui timming chain.

Baca Juga :  Cara Membuka Kunci Stang Motor Yang Macet

Dan ketika engkol diputar otomatis maka nok juga ikut berputar. Nah saat tonjolan nok menekan katup, maka katup tersebut akan terdorong dan katup terbuka.

Jadi fungsi katup ini secara sederhana ialah untuk membuka dan menutup pintu saluran masuk gas baru dari karburator ke ruang bakar dan silinder โ€œklep intakeโ€, sementara klep exhaust berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas buang.

Fungsi Valve Yang Tidak Optimal

Fungsi valve yang tidak optimal akan mengakibatkan aliran gas dan uap ke manifold pun akan mengalir secara tidak teratur. Dan hasilnya campuran bahan bakar, terutama saat mesin dalam keadaan idle, akan menjadi tidak maksimal.

Maka tidak heran jika suara mesin menjadi serak dan berat, bahkan tidak jarang pula mati serta klep intake dan exhaust serta busi akan tertutup oleh deposit dari uap dan gas. Kondisi inilah yang mempengaruhi performa mesin.

Oleh sebab itu rawatlah valve atau katup secara rutin secara berkala yang bisa dilakukan menggunakan carbu cleaner dan wajib diganti untuk beberapa kilo meter dan cek secara berkala kedudukan spindle valve pada kepala silinder agar posisinya tidak miring atau longgar. Dengan terawatnya katup maka mesin motor pun menjadi sehat, dan emisi gas buang dapat terjaga.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Valve Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚