Ukuran Rantai Vixion Semua Type

Posted on

Ukuran Rantai Vixion – Yamaha merupakan salah satu produsen kendaraan roda dua paling banyak diminati oleh banyak orang, jenis motor sport tersebut tersedia beberapa varian dan salah satunya ialah Yamaha Vixion. Sampai sekarang ini terdapat cukup banyak varian tersedia seperti Vixion R dan beberapa varian lainnya.

Sebagai pemilik kendaraan Yamaha Vixion maka sangat disarankan sekali agar mengetahui beberapa komponen-komponen didalamnya dan salah satunya ialah rantai motor dimana salah satu komponen paling penting. Jika berbicara soal rantai motor, kalian semua wajib untuk mengetahui ukuran dan panjang rantai.

Fungsi Rantai Motor

Nah agar motor dapat berjalan dengan lancar, bukan hanya roda dan mesin yang dibutuhkan sebagai komponen utamanya, melainkan ada beberapa komponen yang diharuskan ada yaitu rantai motor.

Rantai motor ialah sebuah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang melalui perantara gir. Namun umumnya penggunaan rantai motor ini masih digunakan selain pada motor sport dan motor bebek.

Dan sedangkan untuk motor matic, penyaluran tenaga mesin ke roda belakang bukan lagi menggunakan sebuah rantai tapi menggunakan V-belt.

Jadi fungsi rantai motor ialah sebagai media untuk meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke bagian roda belakang. Dimana rantai tersebut akan bekerja dengan memanfaatkan gir atau spocket. Dengan begitu roda belakang pun akan bisa berputar dengan semestinya dan mempermudah dalam bekendara.

Jenis Rantai Motor

Adapun jenis rantai motor diantaranya yaitu:

Rantai Tanpa Ring

Apa yang dimaksud rantai motor tanpa ring? Jenis rantai motor ini merupakan rantai yang tidak memiliki ring sebagai pembatas antar lempengan rantai.

Efeknya ialah akan cepat merusak mata rantai karena tidak ada tempat bagi pelumas untuk mengendap atau hanya diam saja.

Namun meski begitu jenis rantai ini merupakan salah satu rantai motor yang banyak digunakan oleh produsen otomotif. Alasannya tak lain karena jenis rantai ini mudah dijumpai dan harganya juga terjangkau. Untuk menjaga rantai tanpa ring ini tetap awet sebaiknya kalian rutin untuk memberikan pelumas agar lempengan rantai tidak cepat aus.

Rantai O-Ring

Kemudian jenis rantai yang kedua ini ialah rantai O-Ring atau rantai motor yang memiliki cincin berbentuk “O” yang terbuat dari bahan karet. Jika dibandingkan dengan jenis tanpa ring, memang secara umur rantai O-Ring ini lebih awet digunakan.

Hal itu karena ring ini memiliki fungsi sebagai seal agar menjaga pelumas tetap diam dan berada diantara dua lempengan mata rantai. Untuk menjaga daya tahan rantai agar lebih awet, sebaiknya kalian secara rutin memberikan pelumas. Harga rantai O-Ring ini juga sedikit lebih mahal dibandingkan jenis rantai yang tidak memiliki O-Ring.

Rantai X-Ring

Jenis rantai motor yang terakhir ini ialah Rantai X-Ring. Rantai ini merupakan rantai motor yang paling bagus dan berkualitas. Hal itu karena secara fungsinya Rantai X-Ring juga memiliki O-Ring sebagai tempat berkumpulnya pelumas dibagian dalam.

Berbeda dengan O-Ring yang membedakan hanya terletakan pada bentuknya yang dibuat dengan  bentuk seperti Huruf X sesuai namanya. Pembuatan bentuk lempengan seperti huruf X ini dibuat untuk membuat cincin agar tidak mudah pipih. Dengan begitu umur rantai pun lebih tahan lama. Hanya saja untuk harga Rantai X-Ring bisa didapat dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan dua jenis rantai diatas.

Maka dengan mengetahui ukuran rantai Yamaha Vixion maka memudahkan bagi kalian semua ketika ingin mengganti rantai dengan alasan sudah termakan usia atau telah kendor atau tidak melakukan perawatan rantai Yamaha Vixion.

Jika kondisi rantai sudah tidak memungkinkan maka akan berdampak buruk, terlebih jika sering mengendarai dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam maka resiko kecelakaan akan sangat tinggi sekali.

Pergantian rantai semata mata tidak hanya sekedar kondisi yang sudah tidak bagus, adapula segelintir orang mengganti dengan tujuan keperluan modifikasi agar tampil lebih keren dari sebelumnya.

Akan tetapi kalian semua jengan sampai salah pilih merk sebab ada beberapa rantai motor terbaik agar nantinya kalian semua tidak merasa kecewa ketika sudah menggunakan part rantai yang sudah kalian beli.

Karena banyak orang belum mengetahui ukuran rantai Yamaha Vixion serta ukuran panjang rantai, jika penasaran dengan semuanya maka sangat disarankan agar simak ulasan ini sampai selesai. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak pemaparannya mengenai ukuran rantai Yamaha Vixion telah dipersiapkan buat kalian semua dibawah ini.

Ukuran Rantai Vixion Semua Tipe

Lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni ukuran rantai Yamaha Vixion, disini kami akan sampaikan mulai dari tipe serta tahun. Nah baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini:

Harga Rantai Yamaha Vixion

Diatas memang sudah dijelaskan kepada kalian semua mengenai ukuran rantai, tentunya akan terasa kurang apabila belum mengetahui harga dari sebuah rantai motor sport besutan dari produsen dengan lambang garpu tala tersebut.

Sampai sekarang ini memang ada cukup banyak merk mereka tenama bisa digunakan, apalagi kualitasnya memang tidak perlu diragukan kembali. Namun sangat disarankan sekali buat kalian semua untuk menggunakan produk original, karena kualitasnya tidak perlu diragukan kembali.

Sedangkan untuk harga part original kurang lebih antara Rp 150.000 sampai Rp 200.000, sedangkan untuk pembelian dalam satu paket maka wajib merogoh kocek dengan kisaran harga mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 300.000.

Jika ingin menggunakan part bukan original, sebaiknya rantai berkualitas KW 1 yang mana kualitas jelas lebih bagus diantara beberapa merk yang ada. Sedangkan untuk harganya sendiri, pastinya jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan part original.

Tips Merawat Rantai Motor

Pada pembahasan kali ini tidak hanya informasikan mengenai ukuran rantai motor Vixion saja, melainkan juga sampaikan tips mudah dalam melakukan perawatan rantai motor. Baiklah, tanpa perlu berlama lama lagi langsung saja simak langsung ulasan buat kalian semua sudah dipersiapkan seperti dibawah ini.

Cek Secara Rutin

Jadi tips pertama harus dilakukan cukup melakukan cek secara rutin, meskipun prosedur ini terlihat sepele akan tetapi sangat berdampak baik baik terhadap part tersebut. Artian dalam melakukan pengecekan cukup dilihat dari posisi rantai tersebut apakah kendor atau kencang.

Bersihkan Part Rantai

Lalu tips kedua dapat kalian lakukan adalah membersihkan rantai dengan cara di cuci menggunakan sabun atau juga dengan bensin. Setelah dirasa rantai sudah bersih maka langkah berikutnya tinggal di kasih pelumas, silahkan tinggal pilih saja sesuai dengan yang dimiliki.

Rutin Kasih Pelumas

Berikutnya, silahkan kalian lumasi dengan oli mesin maupun juga semprotan rantai khusus rantai motor. Namun perlu kalian ketahui, ketika memberikan pelumas tersebut sebaiknya rantai tersebut  dibersihkan terlebih dahulu.

Bagaimana Jika Salah Menggunakan Ukuran Rantai?

Tidak sedikit orang mengalami kejadian seperti salah membeli ukuran dan terlanjur terpasang, apakah tetap aman? Perihal pertanyaan seperti tersebut, disini kami jelaskan kepada kalian semua bahwa hal tersebut sebetulnya tidak begitu bermasalah.

Asalkan part tersebut pas ketika dipasang, meskipun ukuran yang digunakan berbeda dari aslinya. Hanya saja tidak bisa bertahan lama dan kemungkinan besar akan berdampak buruk seperti kecelakaan serta lain sebagainya.

Jadi, disini kami sangat menyarankan sekali jika memiliki uang lebih sebaiknya segera ganti dengan sesuai ukuran dari pabrikan dengan tujuan keamanan saat berkendara. Selain itu, sebaiknya gunakan part asli dimana kualitas sudah pasti lebih baik dari beberapa merk merk yang ada seperti sekarang ini.

Akhir Kata:

Nah bila melihat dari penjelasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan, dengan mengetahui ukuran rantai motor Yamaha Vixion secara keseluruhan memang hampir sama. Meskipun begitu, kami sangat menyarankan sekali agar setiap pemilik motor tersebut untuk mengetahui ukuran yang tepat sehingga performa motor tetap power full sebagaimana seperti semestinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Ukuran Rantai Vixion semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂