Wajib Diketahui – 5 Trik Untuk Menekan Biaya Perawatan Motor Honda

Posted on

Perawatan Motor Honda – Nah bagi kalian pengendara yang memiliki kendaraan bermotor yang bermerk Honda, dalam hal ini pastinya harus selalu melakukan perawatan supaya performa motor tetap optimal. Namun perlu kalian ketahui perawatan motor Honda sangatlah mahal dan memerlukan biaya yang tidak begitu sedikit pastinya.

Trik Untuk Menekan Biaya Perawatan Motor Honda

Sehingga akan membuat sebagian pengendara motor Honda harus memutar otak supaya tetap dapat melakukan perawatan bagi motornya namun dengan mengeluarkan biaya yang sedikit. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda.

Dan perlu kalian ketahui bahwa motor merk Honda telah memiliki tempat tersendiri di hati sebagian besar marsyarakat. Hal ini karena motor dengan merk Honda telah dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai motor paling awet, irit dan memiliki harga yang begitu terjangkau.

Walaupun memiliki kualitas yang sudah diakui oleh sebagian besar masyarakat, perawatan motor Honda ialah sebuah kewajiban. Dan apalagi jika kalian memiliki motor Honda bekas. Terutama bagi mereka yang gemar memelihara motor bekas, sering kali perawatan tidak dilakukan karena 3 alasan yakni malas, tidak ada waktu dan kekurangan biaya.

Dan yang paling berpengaruh untuk melakukan perawatan motor Honda ialah biaya perawatannya. Hal demikian ini ialah momok yang paling menakutkan bagi sebagian kalian yang tidak terlalu memiliki penghasilan yang cukup.

Baca Juga :  [Panduan Perawatan & Harga Spare Part] Servis Honda Vario 150 eSP

Dan sehingga kalian akan berpikir ulang untuk melakukan perawatan terhadap motor Honda atau untuk memenuhi kebutuhan sehari. Oleh karena itu kami telah merangkum sebuah trik untuk mengatasi permasalahan ini.

5 Trik Untuk Menekan Biaya Perawatan Motor Honda

Nah berikut ini ialah trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda diantaranya yaitu:

Mengakali Gear Set Yang Boros

Trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda yang pertama ialah dengan mengakali gear set yang boros. Hal ini bisa kalian praktikkan jika seri motor Honda kalian ialah kharisma dan Supra X 125, jadi 2 seri motor ini sering bermasalah pada gear set atau paket rantai sepeda motor.

Hal ini karena ke dua seri motor ini menggunakan gear set 420 yang tipis sehingga sering putus. Maka dari pada itu, maka gantilah gear tersebut dengan gear set motor supra fit yakni gear set 428 yang lebih tebal sehingga lebih awet.

Tapi ada satu saran yang harus kalian patuhi yakni potonglah 2 mata rantai dari gear set supra fit. Hal ini karena jumlah gigi supra fit lebih banyak dari pada charisma dan supra X 125.

Pada Kampas Rem Belakang Cepat Habis

Trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda yang kedua yakni jika kampas rem cepat habis maka solusinya ialah dengan menggunakan kampas rem second brand yang harganya dipatok dengan harga antara 20 hingga 50 ribu.

Dan perlu kalian ketahui bahwa gesekan kampas rem dan tromol yang terjadi secara terus-menerus akan membentuk sebuah cekungan pada bagian tromol. Hal inilah yang mengakibatkan kampas rem tidak terlalu menggigit meskipun masih baru.

Jadi solusinya yang paling tepat yakni mengganti tromolnya. Jika tromol genuine dibanderol 180 ribu lebih, maka harga second brand-nya 132 ribu. Bagaimana cukup hemat bukan ??

Baca Juga :  Inilah Jadwal Servis Berkala Pada Sepeda Motor Honda

Dengan Menghilangkan Bunyi Getaran Yang Mengganggu

Trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda yakni dengan menggunakan kabel tis dan double tape untuk menghilangkan bunyi getaran khususnya bagi motor bekas dengan body yang berisik.

Gunakan kabel tis untuk menyambung komponen body motor plastic motor Honda agar lebih rapat. Dan gunakan double tape yang berfungsi sebagai bantalan jika direkatkan diantara 2 body. Sehingga apabila melewati jalan yang tidak rata, body motor tidak saling berbenturan secara langsung.

Menggunakan Aki Kering

Trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda yang keempat yakni dengan beralih menggunakan aki kering. Sebab komponen aki motor kering bebas dari perawatan yang jelimet serta lebih efisien.

Menghemat waktu dan biaya dari pada aki basah yang sering membuat kebanyakan orang lalai melakukan perawatan. Namun perlu kalian ketahui bahwa harga aki kering lebih mahal dari pada aki basah.

Menggunakan Ban Tubless

Trik untuk menekan biaya perawatan motor Honda yang kelima yakni dengan beralih menggunakan ban tubless. Hal ini karena ban tubless mampu menjaga udara tetap berada di dalam ban saat sebuah paku menusuk ban motor kalian.

Situasi ini memberikan kesempatan kalian untuk mencari tukang tambal ban khusus. Kalian juga bisa menambahkan cairan anti bocor atau tiresealant. Ketika ban tertusuk paku, cairan ini akan menutup lubang dan mengeras ketika terkena udara. Dengan begitu kalian bisa sedikit berhemat.

Demikianlah pembahasan mengenai Biaya Perawatan Motor Honda semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂