Cara Mengatasi Aki Motor Soak Dengan Obat Sakit Kepala [ Bodrex ]

Posted on

Cara Mengatasi Aki Motor Soak Dengan Obat Sakit Kepala [ Bodrex ] – Untuk motor yang masih menggunakan aki basah yang sudah tidak bisa charge ulang lagi jangan dulu ngambil keputusan terburu-buru untuk mengganti, kemungkinan saja pada sel aki tersebut tertutup dengan kerak sulfide yang dapat menghalangi proses desulphasion.

Fungsi ACCU Atau AKI Pada Sepeda Motor

Adapun fungsi accu atau aki pada sepeda motor diantaranya yaitu:

  • Menyalakan mesin menggunakan starter elektrik atau tumbol starter
  • Mensuplay daya arus ke dashmoard panel sebagai system information terkait kondisi kendaraan.
  • Khusus motor injeksi aki berfungsi untuk mensuplay daya ke ECU atau Engine Control Unit
  • Menyalakan Fuel Pump ketika akan di starter (Khusus Motor Injeksi)

Ternyata aki atau accu memiliki cukup banyak kegunaan pada kendaraan. Namum meski demikian accu atau aki bukanlah komponen yang utama terlebih pada motor yang diproduksi di bawah tahun 1999. Karna sepeda motor terbaru selalu menggunakan system injeksi unuk menyakan motor.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Accu atau AKI Pada Sepeda Motor ?

Secara sederhana, aki menggunakan reaksi kimia untuk melakukan discharge dan recharge. Saat aki melepas arus, terjadi reaksi kimia menjadi arus listrik. Dan saat recharge/aki diisi, arus listrik akan mengembalikan reaksi kimia ke keadaan semula.

Sehingga, proses discharge dan recharge aki akan terjadi secara terus menerus selama volume elektrolit aki masih penuh.

Tegangan Dan Kapasitas Accu Atau AKI Motor

Saat anda akan membeli aki baru untuk mobil atau motor anda, maka yang perlu diperhatikan adalah kapasitas arus dari aki tersebut.

Secara umum, aki yang diproduksi untuk kendaraan ringan seperti motor, MPV, hatchback, dan SUV semuanya memiliki tegangan 12 Volt. Namun memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Contoh ada aki dengan label 12 V 40AH. Itu tandanya aki tersebut memiliki tegangan 12 volt dan memiliki kapasitas arus 40 ampere per jam.

Ini bisa diartikan, misal anda menyalakan lampu dengan arus 10 ampere maka aki akan kosong atau habis dalam waktu 4 jam.

Semakin besar AH maka semakin besar juga kapasitas yang mampu dikeluarkan aki perjamnya.

Apa Yang Menyebabkan Aki Tekor?

Aki tekor adalah kondisi dimana AH yang mampu dimiliki aki turun dari spesifikasi awalnya. Misal aki memiliki label 12 V 60 AH, namun saat dicek aki hanya bisa mengeluarkan arus 30 ampere perjam. Itu artinya aki sudah tekor atau soak meski tegangan aki masih normal.

Ini bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain ;

  • Ada aksesoris kelistrikan yang berlebihan
  • Elektrolit aki kurang
  • Aki menggelembung

Usia Aki Sudah Terlalu Tua (Lebih Dari 5 Tahun)

Cara terbaik menangani aki tekor adalah dengan mengganti unit aki. Kalau diisi atau dicharge pun percuma, karena kapasitasnya sudah menurun.

Cara Mengatasi Aki Motor Soak

Pada saat pengecasan aki yang normal pastinya akan timbul gelembung-gelembung udara itu yang berarti menandakan sel aki masih kondisi bagus, tetapi kalau ada sel aki yang sudah soak hal tersebut tidak akan timbul gelembung udara, untuk masalah umur aki rata-rata antara 1,5 tahun hingga samapi 2,5 tahun, semua itu tergantung dari kualitas dan pemakaian serta perawatan yang baik kalau umur aki kurang dari 2 tahun tetapi sudah mengalami soak / mati masih bisa ada kemungkinan untuk dapat diperbaiki yaitu dengan meluruhkan tumpukan garam komplek sulfat yang menempel pada dinsing sel aki.

Agar garam yang melapisi elektroda dapat rontok atau luruh dapat dilakukan atau diatasi dengan beberapa cara antara lain yaitu dengan memberi kejut sekitar 100 V dengan suatu rangkaian battery zapper, atau dengan cara yang lain yaitu dengan memasukkan bahan kimia kedalam aki untuk membersihkan kerak yang menutupi sel aki tersebut.

Untuk bahan kimia yang sering dipakai atau digunakan adalah EDTA ( ethylene diamine tetra acetic acid ) zat ini dapat melarutkan garam komplek sulfat, elektroda aki yang kelihatan berkerak perlu ditambahkan bubuk EDTA sedikit banyaknya tergantung dari tingkat keasaman air aki, dibutuhkan juga alat hydrometer untuk mengukur kadar asam dan berat jenis aki yang ada indikatornya warna hijau berarti kurang putih normal atau merah batas maksimum. Untuk harga bubuk EDTA berkisar diatas 50 ribu per kilo yang hanya dijual ditoko-toko kimia.

Hal ini bagi yang kesulitan untuk menemukan dimana toko kima di wilayah sekita tempat tinggal anda hal ini tidak perlu untuk dipermasalahkan atau bingung karena masih ada cara lain yang menurut kebiasaan orang tukang service aki berikut ini :

  • Untuk cara pertama yaitu dengan menguras air aki didalamnya hingga bersih tak tersisa, lalu dibilas dengan menggunakan air panas 2 kali sampai 4 kali selanjutnya bersih masukkan air aki /accu hingga batasnya dan kemudian di charge kembali
  • Cara yang kedua yaitu dengan mengganti air aki dengan air suling biasa dan kemudian mencampurkan bubuk kimia magnesium sulfat yang diukur dengan hydrometer untuk dapat mengetahui kadar asamnya. [Trik Unik] Mengatasi Aki Motor Soak Dengan Obat Sakit Kepala [ Bodrex ]

Ada seorang kawan yang pernah bilang ada cara memperbaiki aki yang sudah soak dengan cara memasukkan obat sakit kepala / bodrex kedalam aki tersebut, karena penasaran dengan yang dibilangnya akhirnya dicoba saja untuk membuktikan. Aki basah 10 AH yang dimana ada 6 sel aki yang masih 4 masih bagus dan yang dua sudah soak pada waktu pengecasan terlihat ada gelembung udara kecuali 2 sel yang mati atau sudah soak.

Lalu ambil obat sakit kepala / bodrex satu butir dan kemudian di bagi dua untuk tiap sel aki masukin sedikit bodrex melalui lubang pengisian air. setelah pengecasan beberapa jam sedikit demi sedikit kelihatan ada gelmbung udara pada sel aki yang tadinya sudah mati atau soak, akhirnya ada peningkatan aki yang tadinya sudah lemah atau hampir mati sekarang sudah hidup lagi walaupun tidak sebaik seperti aki baru tapi lumayan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Aki Motor Soak Dengan Obat Sakit Kepala [ Bodrex ] semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂