Kaca Helm Berembun

Posted on

Kaca Helm Berembun – Dalam hal ini memasuki musim penghujan seperti pada saat ini tentu kalian harus mempersiapkan payung, jas hujan dan lain sebagainya, khususnya untuk pengendara motor.

Dalam berkendara sepeda motor tentu kalian harus memperhatikan keselamatan kalian dalam berkendara karena saat hujan jalanan akan banyak yang tergenang dan licin sehingga kalian harus ekstra hati-hati dalam berkendara.

Pada saat menempuh perjalanan di musim hujan dengan sepeda motor, salah satu hal yang menjadi masalah bagi pengendara ialah kaca helm yang berembun. Kaca helm yang berembun tentu sangat mengganggu pengendara.

Selain itu kaca helm yang berembum berdampak pada keselamatan dalam berkendaran karena berkurangnya daya pandang yang dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kaca helm yang berembun terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dibandingkan suhu di luar ruangan sehingga udara tidak dapat lagi menahan semua uap air, alhasil uap air akan lebih besar dan berubah menjadi embun.

Cara Mengatasi Kaca Helm Berembun Pada Musim Hujan

Mungkin sebagian besar pengendara sulit mengatasi permasalahan ini karena mereka harus fokus mengendara. Namun kalian bisa mencoba berhenti sebentar ke tepi jalan dan mengatasi hal tersebut.

Lantas bagaimana cara mengatasi kaca helm berembun saat musim hujan? Berikut pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Dengan Menggunakan Cairan Anti-fog

Dengan menggunakan cairan anti-fog bisa menjadi salah satu cara mengatasi kaca helm berembun. Cairan ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian yakni ada yang di oles dan ada yang spray tergantung selera kalian.

Baca Juga :  √ Tanda-Tanda Tangki Motor Sudah Mulai Kotor,,, Yuk Simak

Sistem cairan ini sama seperti menggunakan sabun, dimana saat menggunakan yang bentuk oleh kalian hanya perlu mengoleskan di sekitar kaca helm.

Sedangkan model yang spray kalian hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke bagian luar kaca helm dan dalam lalu bersihkan dengan lap atau tisu kering. Harga cairan anti-fog ini cukup bervariasi mulai dari 15 ribu hingga 100 ribu.

Dengan Memastikan Sirkulasi Udara Helm Terbuka

Biasanya helm memiliki sirkulasi udara, untuk itu pastikan semua lubang sirkulasi udara dalam helm terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan di luar tidak terlalu jauh.

Kalian juga bisa membuka celah dengan sedikit membuka visor helm, akan tetapi risiko ini kemungkinan akan ada air hujan yang masuk saat kalian berkendara.

Dengan Menggunakan Kaca Anti-fog

Jika kalian tidak mau repot-repot menggunakan cairan anti-fog, kalian bisa langsung menggunakan kaca anti-fognya. Cara ini dibilang menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi kaca helm berembun.

Dimana kaca ini bekerja dengan cara menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil. Hal ini mengakibatkan embun terjadi hanya di luar area yang tidak tertutup kaca anti-fog.

Dengan Menggunakan Perlengkapan Sehari-hari

Selain cairan anti-fog, jika kalian tidak mau repot-repot mengeluarkan uang. Kalian bisa menggunakan perlengkapan sehari-hari seperti sabun pencuci piring, shampoo bayi, krim pencukur atau pasta gigi.

Dari perlengkapan sehari-hari tersebut kalian bisa mencoba memilih salah satu untuk mengatasi kaca helm kalian yang berembun. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu mengoleskan bahan tersebut di bagian kaca luar dan dalam menggunakan kain halus dan gosokkan secara merata.

Setelah itu diamkan sampai kering lalu gosok kembali bagian yang sudah digosok sebelumnya dengan lap lain yang kering.

Baca Juga :  Standar Samping Nmax

Demikianlah pembahasan mengenai Kaca Helm Berembun semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂