Ukuran Velg Dan Ban Roda Motor

Posted on

Ukuran Velg Dan Ban Roda Motor – Pada sepeda motor punyai banyak komponen yang terlampau penting yaitu keliru satu terhadap pelek dan ban, terhadap keduanya terlampau pengaruhi sakali keselamatan pengendara didalam berkendara oleh sebab itu untuk pilih pelek wajib sadar yang sesuai bersama dengan ban dan begitu juga sebaliknya.

Pada umumnya pabrikan telah menciptakan ban dan pelak yang sesuai bersama dengan bentuk motor tersebut, untuk itu tidak boleh direkomendasi untuk mengganti velg dan ban diluar ukuran atau lebih kecil dari yang telah ditetapkan oleh pabrikan motor tersebut.

Ban Dan Velg

Kendaraan yang menggunakan ban pneumatik diisi dengan udara bertekanan. Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang berhubungan permukaan jalan. Ban tidak dapat berdiri sendiri pada kendaraan, akan tetapi harus dipasang pada pelek supaya dapat dipergunakan.

Fungsi Ban

Ban mempunyai Fungsi sebagai berikut:

  • Menahan seluruh berat kendaraan
  • Karena berhubungan dengan permukaan jalan, maka ban akan memindahkan gaya gerak dan gaya pengereman kendaraan ke jalan, dan juga mengontrol start, akselerasi, deselerasi, pengereman dan berbelok.
  • Mengurangi kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan

Fungsi Velg Motor

Sebenarnya velg motor mempunyai beberapa fungsi selain dari fungsi utamanya sebagai sarana penggerak motor untuk bisa maju ataupun mundur. Fungsi tiap velg tergantung dari jenis velg akan digunakan untuk apa motor tersebut, apa hanya untuk kegiatan sehari hari, untuk balap motor atau hanya untuk modifikasi agar motor kelihatan lebih keren.

Baca Juga :  Tips Merawat Motor Injeksi

Jenis jenis velg motor yang bagus untuk motor anda ada dua jenis yaitu velg palang (solid wheel), di mana velg dan pendukungnya di buat sebagai satu kesatuan unit yg biasanya terbut dari alumunium (cetak).

Sedangkan satu lagi adalh velg jari-jari (spoke wheel). Tipe ini paling banyak dikembangkan oleh pabrikan sepeda motor, di mana hubungan velg dengan garpu disatukan oleh kawat-kawat logam yg membentuk pola tertentu.

Velg motor logam atau yang sering disebut velg racing terdiri dari campuran alumunium, karbon, dan logam lain. Pada awalnya campuran logam ini juga dicampur dengan magnesium, tapi karena sifatnya yg mudah terbakar, maka mag-allog velg dilarang utk dipergunakan balapan.

Sesuai perkembangan model, saat ini banyak motor dan spare part motor yg mempergunakan velg (rim wheel) logam, karena lebih ringan, akurat, dan efisien, Akan tetapi harganya relatif lebih mahal.

Kelebihan inilah yg membuat velg tipe ini sering dipergunakan pada balap motor, sehingga dikenal dengan nama velg racing. Selain tampak lebih gagah, velg ini juga sangat baik utk ban tubeless, karena posisi duduk ban pada velg lebih sempurna.

Ban tubeless disarankan utk velg logam, lantaran ketika ban mengalami kebocoran, maka Anda tdk perlu melepas ban dari velg, sehingga kerusakan pada velg dapat terhindar. Lain halnya dengan velg jari-jari (conventional spoke wheel rim). Velg tipe ini tdk dapat dipergunakan utk ban tubeless, karena lubang jari-jari akan membocorkan udara ban ke luar.

Setelah anda mengetahui jenis velg ada baiknya anda mengetahui juga bagaimana caranya merawat velg agar velg motor anda tetap awet hingga bisa digunakan hingga bertahhun tahun. Berikut ini beberapa tips untuk merawat velg motor anda.

Baca Juga :  Tips Mudah!! 9 Bagian Motor Yang Perlu Di Cek Sebelum Mudik/Pulkam (Pulang Kampung)

  • Periksa tekanan udara (angin), sesuai rekomendasi pabrik, baik diisi nitrogen maupun udara biasa. Ini utk menghindari kerusakan velg.
  • Jika ingin mengganti atau melepas ban, gunakan alat yg tepat. Sebab penggunaan alat yg kurang tepat dapat merusak logam velg yg bersifat lunak.
  • Jaga dynamic balancing pada velg logam karena velg logam pada kendaraan roda dua juga memerlukan dynamic balancing.
  • Usahakan menghindari lubang ketika memacu motor.Tdk mengendari sepeda motor off-road. Karena akan mempercepat kerusakan velg.
  • Jika membeli motor dengan velg logam, disarankan memilih sistem rem cakram. Ingat bahwa dalam velg logam dengan sistem rem kanvas, drum itu sendiri adalh velg. Tdk ada drum yg terpisah. Dengan demikian jika drum rem mengalami kerusakan atau aus, maka Anda harus membeli velg logam secara keseluruhan.
  • Tidak memperbaiki velg di rumah, jika Anda tdk paham terhadap spare part ini. Velg logam memang dapat diperbaiki, tapi jika kerusakannya total, misalnya patah, disarankan utk tdk diperbaiki dan lebih baik menggantinya dengan yg baru.

Ukuran Velg Dan Ban Roda Motor

Dan wajib untuk diketahui mengganti pelek bersama ukuran kecil berarti mengganti ban pula yang berukuran kecil, perihal berikut untuk menambahkan pengaruh negative waktu berkendara, selanjutnya pengaruh apa saja yang ditimbulkan kalau pemillik motor mengganti ukuran pelek atau ban jauh berasal dari ukuran yang sudah ditentukan oleh pabrikan !!!

Pengaruh Velg Dan Ban Pada Motor

Untuk penggunaan pelek dan ban kecil perihal ini bisa sebabkan tidak cukup stabilnya kendaraan waktu digunakan lebih-lebih waktu berbelok atau terhadap waktu dipacu didalam kecepatan tinggi, dan ban kecil juga tidak cukup bisa menghambat berat pengendara secara maksimal tak sekedar tidak cukup stabil waktu dikendarai motor yang Mengenakan roda kecil pastinya benar-benar susah dikendalikan waktu melintas jalur basah.

Baca Juga :  Pompa Oli RX King

Ban motor terhadap dasarnya berguna untuk mengendalikan laju sepeda motor, roda depan yang berguna untuk membelah debu atau air waktu kondisi hujan atau jalur basah dan roda belakang berfungsin untuk mencengkram jalur atau meneruskan tenaga berasal dari mesin.

Sehingga penggunaan ban kecil atau modifikasi yang tidak cocok bersama spesifikasi pabrikan bisa sebabkan fungsi dasar berasal dari ban bakal benar-benar berkurang dan berisiko terhadap keselamatan berkendara dan juga performa berasal dari sepeda motor bakal berkurang.

Tips Memilih Ukuran Velg Dan Ban Motor

Jika menghendaki merubah ukuran ban, bagi pemilik motor bisa upgrad sedikit ke ukuran yang lebih besar contohnya berasal dari ukuran 90/80 menjadi 100/80 atau 100/70 deng perihal berikut perbandingan antara tinggi dan lebar ban juga tidak benar-benar jauh tak sekedar itu performa dan keamanan selama bekendara tetap terjaga juga.

Tips Ampuh, Memilih Ukuran Velg Dan Ban Roda Motor Yang Ideal

Demikianlah pembahasan mengenai Ukuran Velg Dan Ban Roda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂