Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Berisik

Posted on

Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Berisik – Dalam hal ini sebagai komponen penerima putaran dari crankshaft dan dilanjutkan untuk menggerakkan chamsahft di kepala silinder, atau keteng atau kamprat atau juga timing chain memang hal ini sering mengalami yang salah satunya yakni mengeluarkan suara yang berisik.

Contoh sepeda motor yang sering mengalami masalah rantai keteng berisik ialah Satria Fu, terus bagaimana cara memperbaiki maupun mengatasi masalah rantai keteng pada Suzuki Satria Fu ini…??? Nah berikut ini dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagai informasi kapada kalian semuan yang ingin mencoba memperbaiki sepeda motornya sendiri yakni tipa dan cara mengatasi, mencegah, memperbaiki rantai keteng suzuki satria fu yang berisik, berikut informasi selengkapnya.

Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Berisik

Chamshaft merupakan peranti yang berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin, klep tersebut terdiri dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke runag bakar mesin. Sehingga bila rantai keteng rusak maka proses buka tutup klep juga tidak sempurna dan pembakaran juga tidak bakal berjalan sempurna.

Bahkan dalamn kasus yang ekstrem rantai tersebut putus, akibatnya disaat motor melaju kencang akan tiba-tiba berhenti dan motor sulit dikendalikan. Sebab bagian-bagian yang rontok itu akan mengenai girbok dan kepala silinder mesin.

Dengan seiring waktu dalam pemakian yakni tiga hingga lima tahun, peranti itu akan menjadi aus, namun beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga turut memicu terjadinya kerusakan tersebut.

Perlakuan yang salah itu antara lain, suhu mesin yang kerap panas melebihi standar, putaran mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap, serta penggantian oli yang sering terlambat. Bila hal itu terjadi maka rantai juga akan melar dan kendur akibatnya menimbulkan suara berisik, bahkan dalam kondisi ekstrem putus atau rontok.

Untuk mengetahui bahwa masalah suara berisik dari mesin motor satria Fu tersebut benar-benar dari rantai keteng caranya cukup mudah, panasi motor kalian terlebih dahulu pada pagi harus dan dengarkan apakah ada suara-suara berisik seperti tek,,,tek,,,tek bila suara tersebut dalam waktu 10-15 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah. Artinya kualitas oli telah jelek, sehingga harus segera diganti.

Namun apabila ternyata lebih dari 15 menit suara belum juga hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah. Adapun cara untuk mencegah permasalahan ini, selain dengan rajin mengganti oli ialah jangan mengangkut beban berat yang melebihi kapasitas yang diteleransi pabrikan. Selain itu gunakan teknik mengendarai yang baik dan benar, terutama di kala melibas jalanan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

Selain rutin dengan melakukan pemeriksaan yakni minimal disarankan dengan mengganti oli secara rutin dan tepat waktu. Bila motor kalian merupakan motor yang berjenis menggunakan tensioner, maka pahami juga bagian tensionernya, tensioner ialah peranti untuk mengatur tingkat ketegangan rantai tersebut.


Hal yang perlu diperhatikan, pasalnya dalam beberapa kasus ternyata rantai keteng tersebut tidak mengalami masalah dan yang bermasalah hanya pada tensionernya, jika hal itu demikian tersebut terjadi maka cukup dengan menyetel ulang tensioner, namun bila keduanya baik rantai maupun tensioner telah aus maka sebagainya dengan segera dengan menggantinya semua komponen tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Berisik semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂