Throttle Position Sensor

Posted on

Throttle Position Sensor – Nah kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai TP (Throttle Position Sensor) yakni terdapat pada throttle body sepeda motor injeksi. Sebelum kita membahas lebih jauh mari kita simak terlebih dahulu apa sih sensor TP (Throttle Position Sensor).

Pengertian Throttle Position Sensor

Throttle Position Sensor ialah sebuah tahanan variable yang dipasang pada sisi luar katup gas, apabila katup gas (koin/butterfly) dibuka maka dan ditutup maka akan terjadi perubahan-perubahan tahanan.

Perubahan tahanan tersebut akan mempengaruhi arus yang masuk kedalam sensor TP, kemudian arus listrik ini akan mengirim sinyal ke ECU/ECM sebagai otak dari motor injeksi.

Selanjutnya ECU akan mengolah data tersebut dan akan memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar sesuai bukaan sensor TP. Data yang diolah ECU akan menentukan berapa lama dan berapa banyak injektor menyemprotkan bahan bakar.

Cara Test Sensor TP (Throttle Position) Honda Beat FI

Sebelum melakukan pengetesan sensor TP sebaiknya periksa terlebih dahulu soket pada sensor TP dan soket ECU dari keadaan kendor atau tidak terpasang dengan baik.

Untuk mengetes adanya kerusakan pada sensor TP (Throttle Position) ada banyak cara mulai dari menggunakan Scanner baik yang memakai laptop, Hp dan alat khusus.

Cara lainnya dengan memakai Avometer, tapi cara ini agak sedikit rumit karen harus mengerti besarnya tahanan/ohm pada masing-masing sensor.

Jika menggunakan alar scanner injeksi akan terlihat sudut bukaan sensor TP saat posisi stasioner/langsam yang seharusnya 0 derajat sampai 0,5 derajat. Jika sudah sensor TP diatas 0,5 derajat maka besar kemungkinan adanya kerusakan pada sensor tersebut.

Baca Juga :  √ Tips Berfaedah Berikut Ini !! Waspada Saat Berkendara Di Musim Hujan,,, Yuk Simak

Cara lainnya ialah dengan melihat tegangan yang akan masuk pada sensor TP yang seharusnya 4,75 – 5,25 volt, jika angka tegangan tersebut lebih dari angka diatas maka kemungkinan besar adanya kerusakan pada sensor tersebut.

Cara mengetes adanya kerusakan pada sensor TP juga bisa dengan mengukur tahanan sensor tersebut dengan kisaran 5 kilo ohm dan akan berubah-ubah jika grip gas digerakan/tarik.

Cara selanjutnya dengan mereset ECU jika ada kerusakan pada sensor TP maka lampu MIL akan mengirimkan sinyal dengan jumlah 8 kedipan. Jika sensor TP rusak maka reset ECU tidak akan pernah berhasil, entah reset manual ataupun reset pakai alat scanner.

Cara Memperbaiki Sensor TPS

Untuk memperbaiki sensor TP ialah dengan mengganti Throttle Body set, karena dalam Throttle Body terdapat sensor-sensor lain yang saling berhubungan. Jika hanya mengganti sensor TP saja biasanya tidak akan menyelesaikan masalah.

Tanda Throttle Body Bermasalah

Kerusakan pada sensor Throttle Body pada setiap motor injeksi memiliki beberapa perbedaan karena pada Throttle Body terdapat beberapa sensor yang berbeda.

Maksudnya ada jenis motor tertentu memakai sensor pengukur suhu udara di sekitar Throttle Body dan ada juga yang tidak memakai sensor tersebut. Tapi dari perbedaan tersebut dapat ditarik kesimpulan diantaranya.

Kode kerusakan sensor-sensor yang terdapat Throttle Body tidak dapat di reset, seandainya sudah di reset maka kode kerusakan akan kembali muncul.

Boros bahan bakar, penyebabnya karena sensor-sensor disekitar Throttle Body mengirimkan data yang berbeda sehingga ECU tidak bekerja secara optimal.

Cara Setel Throttle Position Sensor Beat FI

Penyetelan pada sensor TP itu hanya boleh dilakukan dipabrikan, tapi kenyataannya banyak sekali para kalian yang menyetel sudut bukaan gas (koin/butterfly) akibatnya sensor TP akan rusak.

Baca Juga :  √ Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor "Inilah Penyebab & Mengatasinya"

Tapi penyetelan pada sensor TP bisa dilakukan asalkan memakai ECU, Throttle Body dan injektor after market/racing.

Demikianlah pembahasan mengenai Throttle Position Sensor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂