Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Posted on

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi – Alat atau Komponen pada sepeda motor jelas memiliki sangat banyak komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya salah satunya AKI atau ACCU, ACCU atau AKI ini merupakan komponen penting dalam setiap motor, alat ini mengandung daya listrik dan berfungsi sebagai pensuplay daya listrik untuk menghidupkan motor dengan cara starter elektrik dan menyalakan lampu penerangan, sein dan klaskon.

Jika melihat penjelasan di atas ACCU atau AKI ini memiliki fungsi yang sangat vital, terutama untuk menyalakan motor dengan kickstarter

Fungsi ACCU atau AKI Pada Sepeda Motor

  • Menyalakan mesin menggunakan starter elektrik atau tumbol starter
  • Mensuplay daya arus ke dashmoard panel sebagai system information terkait kondisi kendaraan.
  • Khusus motor injeksi aki berfungsi untuk mensuplay daya ke ECU atau Engine Control Unit
  • Menyalakan Fuel Pump ketika akan di starter (Khusus Motor Injeksi)

Ternyata aki atau accu memiliki cukup banyak kegunaan pada kendaraan. Namum meski demikian accu atau aki bukanlah komponen yang utama terlebih pada motor yang diproduksi di bawah tahun 1999. Karna sepeda motor terbaru selalu menggunakan system injeksi unuk menyakan motor.

 Lalu Bagaimana Cara Kerja Accu atau AKI pada sepeda motor ?

Secara sederhana, aki menggunakan reaksi kimia untuk melakukan discharge dan recharge. Saat aki melepas arus, terjadi reaksi kimia menjadi arus listrik. Dan saat recharge/aki diisi, arus listrik akan mengembalikan reaksi kimia ke keadaan semula.

Baca Juga :  Jalur Kiprok Karisma : Ciri Dan Cara Merawatnya

Sehingga, proses discharge dan recharge aki akan terjadi secara terus menerus selama volume elektrolit aki masih penuh.

 Tegangan dan Kapasitas Accu Atau AKI Motor

Saat anda akan membeli aki baru untuk mobil atau motor anda, maka yang perlu diperhatikan adalah kapasitas arus dari aki tersebut.

Secara umum, aki yang diproduksi untuk kendaraan ringan seperti motor, MPV, hatchback, dan SUV semuanya memiliki tegangan 12 Volt. Namun memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Contoh ada aki dengan label 12 V 40AH. Itu tandanya aki tersebut memiliki tegangan 12 volt dan memiliki kapasitas arus 40 ampere per jam.

Ini bisa diartikan, misal anda menyalakan lampu dengan arus 10 ampere maka aki akan kosong atau habis dalam waktu 4 jam.

Semakin besar AH maka semakin besar juga kapasitas yang mampu dikeluarkan aki perjamnya.

 Apa yang menyebabkan aki tekor?

Aki tekor adalah kondisi dimana AH yang mampu dimiliki aki turun dari spesifikasi awalnya. Misal aki memiliki label 12 V 60 AH, namun saat dicek aki hanya bisa mengeluarkan arus 30 ampere perjam. Itu artinya aki sudah tekor atau soak meski tegangan aki masih normal.

Ini bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain ;

  • Ada aksesoris kelistrikan yang berlebihan
  • Elektrolit aki kurang
  • Aki menggelembung

Usia aki sudah terlalu tua (lebih dari 5 tahun)

Cara terbaik menangani aki tekor adalah dengan mengganti unit aki. Kalau diisi atau dicharge pun percuma, karena kapasitasnya sudah menurun.

Untuk akhir-akhir ini perkembangan jumlah pengguna sepeda motor semakin meningkat, semakin hari jenis sepeda motor semakin beragam ada motor bebek, motor matic, motor kopling. Oleh karena itu berbagai masalah muncul seperti mesin motor yang berisik pada saat kondisi panas, lampu mulai redup saat digas dan penyebab lampu redup pada motor dan bagaimana cara memperbaikinya dan masalah-masalah lainnya.

Baca Juga :  Penyebab Generator Pengisian Berlebihan

Masalah-masalah tadi sangat beragam, yang sehingga perlu penanganan teknik yang cukup untuk mengetahui cara merawat mesin dengan benar, untuk menghindari motor kurang tenaga di tanjakan sampai salah satu penyebab tarikan pada motor terasa berat yang sering terjadi kepada pengguna motor matic.

Nah untuk kali ini kamia akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada semua jenis sepeda motor yakni aki motor yang tidak mengisi. Jika aki motor tidak mengisi artinya menunjukkan bahwa charging system sepeda motor tersebut bermasalah.

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

hal demikian ini juga bisa menjadi salah satu dari penyebab aki motor tidak mengisi, untuk menyelesaikan permasalahan pada sepeda motor yang akinya tidak mengisi, berikut ini beberapa penyebab yang mengakibatkan aki tidak mengisi.

Terjadinya Kerusakan Pada Komponen Kiprok

Dalam perangkat kelistrikan sepeda motor, kiprok berperan sebagai regulator yang mengatur arus keluar masuk aliran listrik yang dihasilkan oleh aki, artinya besar kecilnya aliran listrik dan normal tidaknya aliran daya sangat dipengaruhi oleh perangkat motor yang satu ini.

Oleh karena itu, ketika sepeda motor kalian tidak bisa starter otomatis, bisa jadi salah satu penyebab motor tidak dapat distarter ialah aki yang tidak mengisi. Akan tetapi jangan langsung menyimpulkan aki kalian bermasalah, bisa jadi hanya kiprok yang rusak nah cara mengetahui Ciri Ciri Kiprok Vixion Rusak sehingga kalian hanya perlu mengganti kiprok saja yang harganya tidak terlalu mahal.

Ada Bagian Permasalah Di Sepul

Selain kiprok perangkat lain yang sangat berperan penting dalam arus listrik sepeda motor ialah sepul yang merupakan kumparan atau sumber listrik dari aki. Untuk memastikan bagaimana Cara Mengecek Spul Motor Yang Rusak dalam keadaan baik atau tidak, lakukan pengukuran tegangan pada arus bolak-balik sepul sebelum menuju kiprok.

Baca Juga :  √ Yuk Kenali,, Tipe Dan Penyebab Speedometer Motor Mati Mendadak,,, Simak Disini !!

Pastikan bahwa arus yang dihasilkan saat mesin tidak berputar ialah 25-30 Volt, ketika mesin diputarkan maka arus yang dihasilkan maksimal sampai 100 Volt, sedangkan saat putaran mesin naik bisa mencapai 100 V. Jika tidak bisa mencapai angka ini artinya terjadi kerusakan pada sepul, kerusakan pada sepul juga merupakan salah satu penyebab ampere motor menjadi panas.

Masa Produktif Aki Yang Habis

Selain terjadi kerusakan pada kiprk dan sepul masalah umum yang biasanya menyebabkan aki tidak mengisi lagi yang bisa terjadi pada semua jenis sepeda motor di seluruh dunia ialah karena umur pakai aki sudah habis. Untuk aki yang sudah tua, tidak akan bisa mengisi listrik lagi. Penggantian aki harus segera dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kendaraan sepeda motor kalian.

Ciri Ciri Motor Harus Ganti Aki ialah pengisian sering kurang atau berlebihan dari arus listrik yang seharusnya. Selain merusak aki, pengisian seperti ini juga berpeluang untuk merusak komponen penghasil listrik lainnya pada sepeda motor. Akibat lain yang dihasilkan ialah membengkaknya aki karena pengisian yang dihasilkan berlebihan dari batasan normal yang sudah di atur.

Untuk tambahan bagi pengguna sepeda motor, pastikan kalian memeriksa rutin keadaan mesin dan kelistrikan sepeda motor kalian agar tidak terjadi masalah-masalah pada mesin sehingga kerawanan yang mungkin terjadi di jalan karena adanya kesempatan bisa dihindari. Karena sangat berbahaya apabila sepeda motor yang kalian kendarai tiba-tiba mogok ditengah jalan yang sepi. Beberapa pencegahan harus kita lakukan sebagai upaya melindungi diri dari kejahatan yang terjadi karena adanya kesempatan.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 🙂 🙂 🙂