5 Penyebab Pengapian Motor Hilang Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Pengapian Motor Hilang – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai penyebab pengapian motor hilang,,nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Sistem kelistrikan motor dalam hal ini memegang peranan terpenting, karena sistem ini bertugas untuk menyediakan arus listrik di motor. Dalam penyediaan arus listrik bertujuan untuk membantu dalam proses pembakaran bahan dan menggerakkan alat pendukung yang berada di sepeda motor. Maka oleh karena itu sistem kelistrikan sangat penting sekali bagi kendaraan khususnya sepeda motor.

Penyebab Pengapian Motor Hilang

Dan dalam sebuah kendaraan seperti sepeda motor mencakup sistem pembangkit listrik yang memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan listrik pada sepeda motor. Dalam sistem pembangkit listrik yang digunakan di motor terdiri dari dua macam yakni pembangkit listrik dengan arus bolak-balik dan pembangkit listrik searah.

Pada sistem pengapian sepeda motor sistem kelistrikan motor pengapian selalu mensuplai percikan api yang dibutuhkan di ruang pembakaran. Percikan api yang dihasilkan sistem pengapian sangat wajar dan tidak dapat menimbulkan kebakaran.

Percikan api timbul karena ada perbedaan pada tegangan yang berada pada dua elektroda busi. Dan akhirnya terjadi sebuah loncatan api kecil saat celah platina busi terbuka, dan loncatan api tersebut yang menyebabkan terjadinya pembakaran bensin sepeda motor.

Nah dalam hal ini sebagian pengendara pastinya pernah ngerasain kenapa sepeda motor anda tiba-tiba mogok yang salah satu penyebabnya ternyata adalah hilangnya pengapian. Percikan api dalam sistem pengapian ini berfungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran dan disinilah sebuah sepeda motor bisa memperoleh daya gerak.

Baca Juga :  Spul Yamaha RX-King,, Cuma Sebesar Jari ??

Apabila percikan api hilang otomatis pastinya tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari permasalahan yang lagi dihadapi ini yang hilangnya api, patinya harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor tersebut misalnya mulai dari komponen busi, lalu koil, cdi, sepul, aki dan lainnya.

Dengan hal seperti itu untuk dapat mendeteksi bagian yang mana yang mengalami kerusakan sehingga tak ada api atau hilang !!!

Pengecekan Pada Busi

Hal yang pertama untuk pengecekan sebuah pengapian yang hilang yakni dari komponen busi yang dimana busi tersebut berfungsi untuk memercikkan api diruang pembakaran. Untuk bagaimana mendeteksinya yaitu dengan cara lepas busi tersebut kemudian dekatkan busi pada blok mesin kunci kontak posisi ON kemudian tekan tombol starter atau dengan kick starter ( engkol ) apabila busi tersebut memercikan api dengan warna yang biru artinya busi tersebut tidak ada masalah sehat-sehat saja dan apabila percikan apinya merah gantilah busi tersebut dengan busi yang baru yang sesuai dengan spesifikasi motornya.

Pengecekan Pada Koil

Hal yang kedua yakni pengecekan pada sebuah koil yang dimana umumnya koil standar motor jarang sekali mengalami kerusakan. Untuk tugas atau fungsi koil sendiri yaitu untuk melipatgandakan arus listrik dari sepul atau dari aki yang sebesar 12 volt, menjadi ribuan volt yang disalurkan ke busi untuk memercikan api dan juga untuk perhatikan kabel positif koil karena bisa saja terlepas atau terputus.

Pengecekan Pada CDI

Hal yang ke tiga yaitu pada CDI komponen ini adalah pusat atau otaknya pada sistem pengapian sama juga dengan halnya koil, CDI bawaan sepeda motor juga jarang mengalami kerusakan kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Apabila pakai CDI aftermarket ganti dulu dengan CDI standar jika mesin hidup bermasalah ada pada CDI aftermarketnya.

Baca Juga :  Blok Mesin Motor Yamaha Cepat Panas

Pengecakan Pada Rumah Kontak

Kemudian lanjut menuju ke rumah kontak bisa juga menyebabkan hilangnya pengapian pada sepeda motor tersebut jika soketnya terlepas atau ada material didalamnya yang aus, untuk pengecekan gunakan tes pen untuk memastikan kondisinya jika memang rusak maka harus ganti dengan yang baru.

Bukan tidak mungkin memasang kunci rahasia disepeda motor berupa saklar pemutus arus listrik. Kunci rahasia ini juga bisa menjadi penyebab hilangnya pengapian. Posisi kunci rahasia yang biasanya ditempat yang tersembunyi mungkin terkena air, debu dan kotoran lain sehingga hal ini saklar kunci rahasia tersebut mengalami kerusakan.

Pengecekan Pada Spul

Selanjutnya yang terakhir yakni bergeser ke bagian sepul yang dimana bagian ini paling jarang rusak dan sumber listrik pada sepeda motor berawal dari sini itulah spul jadi komponen yang dicek. Apabila semua komponen yang telah disebutkan telah diperiksa atau telah diganti dengan yang baru tapi motor masih saja tidak mau hidup kemungkinan spul yang rusak cirinya ada bekas gosong pada gulungan kawatnya hal ini harus segera diganti dengan yang baru.

Demikinlah pembahasan mengenai Pengapian Motor Hilang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂