Penyebab Motor Bergetar Keras

Posted on

Penyebab Motor Bergetar Keras – Setiap orang pasti senang menggunakan motor karena efisien, mudah digunakan, dan mudah melewati medan-medan yang mungkin tidak dapat dilalui oleh kendaraan lain pada umumnya.

Oleh karena itu, banyak pengendara menjadikan motor sebagai alternatif untuk kondisi tertentu. Motor dapat beroperasi dan berfungsi dengan baik karena didukung oleh beberapa bagian utama yang membentuk satu kesatuan sistem pada body part-nya.

Pastinya bagi pengendara atau pemiliki roda doa seperti sepeda motor yang tengan dikendarai pernah merasakan terasa bergetar, inilah yang sering jadi pertanyaan bagi pemilik motor sebenarnya penyebab dari getaran tersebut.

Dengan adanya getaran tersebut pastinya juga sangat mengganggu kenyamanan berkendara dan juga menimbulkan suara yang sangat berisik sekali, hal ini harus segera diperbaiki segera sehingga bagi pengendara motor saat berjalan menjadi nyaman kembali.

Pengertian Chasis

Chasis pada motor berfungsi sebagai dudukan atau penempatan seluruh komponen yang membentuk kendaraan serta mengontrol jalannya kendaraan. Selain itu, chasis pada motor juga berfungsi sebagai penopang mesin, penahan dari sistem suspensi sebagai penyerap guncangan dan getaran yang timbul akibat kondisi jalan yang jelek, penahan dari garpu depan dan garpu belakang sehingga motor dapat dikendalikan dengan baik.

Di samping itu, chasis juga dapat berfungsi sebagai penahan dari tempat duduk, penahan standar (tunjang) tengah dan samping, dudukan tangki bahan bakar, dan tempat meletakkan baterai dan sistem kelistrikan motor lainnya. Chasis itu terdiri dari beberapa unit seperti rangka, power train, dan juga steering.

Baca Juga :  Cara Mendeteksi Kerusakan V-BELT Motor Matic

Rangka merupakan bagian yang mempunyai fungsi sebagai tempat dari seluruh komponen kendaraan itu sendiri seperti mesin, cover body, sistem kelistrikan, unit pengendali, dan lain-lain.

Power train atau pemindah tenaga merupakan bagian dari body part motor yang berfungsi memastikan agar tenaga mesin pindah ke roda dalam prosesnya, meningkatkan momen penggerak pada roda, dan juga merubah kecepatan pada kendaraan.

Steering merupakan unit chasis yang berfungsi sebagai bagian yang mengatur atau mengarahkan jalannya. Cara kerja steering yakni dengan mengatur posisi roda dengan membelokan steering ke kanan atau ke kiri.

Penyebab Motor Bergetar Keras

Adapun penyebab motor bergetar keras diantaranya yaitu:

Kondisi Baut Yang Kendur

Dari sebagian pemiliki motor pastinya sudah banyak mengetahui bergetar umumnya disebabkan oleh kondisi baut yang kendur, hal tersebut ini yang menimbulkan jarak antara bodi dan rangka yang bisa menimbulkan getaran saat motor sedang melaju baik kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

Jadi kencangkan segera baut-baut yang menempel di kendaraan anda untuk menguatkan daya cengkramnya atau bisa menambah pada selah atau sambungan bodi motor dikasih dikit-dikit dabel tip.

Atau juga pada baut dikasih karet dibuat seperti ring lalu masukan ke bautnya baru baut tersebut dikencangkan hal tersebut dapat mengurangi getaran atau suara dari bodi motor tersebut.

Biasanya juga baut yang kerap mengendur terletak di bagian speedometer bagian depan dan baut-baut depan lainnya, posisi yang dekat dengan mesin yang rawan terhadap guncangan jalan yang menyebabkan baut-baut ini rawan berputar atau kendor.

Tips Agar Motor Tidak Bergetar Keras

Bagi pengendara yang sering melewati jalanan berlubang atau jalan rusak wajib untuk melakukan servis secara rutin dan meminta mekanik dibengkel tempat anda biasa servis untuk memeriksa atau mengencangkan baut-baut motor anda tersebut itu.

Baca Juga :  Honda Spacy Bergetar Saat Idle

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Bergetar Keras semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂