Tanda Throttle Body Bermasalah

Posted on

Tanda Throttle Body Bermasalah – Nah hampir sebagian besar motor keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi motor injeksi dimana, dengan menggunakan teknologi tersebut setiap pengguna tidak perlu melakukan perawatan begitu banyak seperti halnya dengan motor dengan menggunakan sistem pembakaran Karburator.

Dan tidak heran apabila nilai jual kembali pada motor injeksi terbilang jauh lebih mahal, meskipun seperti itu kita sebagai pengguna wajib untuk memperhatikan itu semua.

Dan pada sebuah motor injeksi terdapat beberapa komponen-komponen yang memiliki peran sangat penting dan salah satunya ialah Throttle Body atau lebih familiar dikenal dengan TB, lantas sebenarnya apa itu Throttle Body?

Mengenai perihal tersebut disini kami akan menjelaskan kepada kalian semua. Pasalnya pada pembahasan kali ini kami akan informasikan kepada kalian semua, jadi sangat disarankan agar simak ulasan sampai selesai agar lebih paham nantinya.

Memiliki fungsi sebagai pengatur volume udara yang nantinya akan masuk ke ruang bakar, maka dapat disimpulkan menyebabkan kinerja mesin bakalan berpengaruh sebagai contoh saja mesin motor akan brebet.

Jadi jika kendaraan kalian mengalami mesin brebet maka bisa dipastikan penyebab utamanya ialah Throttle Body motor bermasalah ataupun rusak, meski ada penyebab lainnya kenapa motor bermasalah tidak seperti biasanya.

Lantas bagaimana cara mengetahui tanda Throttle Body Bermasalah? Untuk mengetahui itu semua sebetulnya sangat mudah sekali dan diatas juga sedikit kami sebutkan beberapa tanda-tanda TB bermasalah, lalu masih ada banyak lagi tanda lainnya.

Jika kalian penasaran dengan semuanya sangat disarankan agar simak artikel ini sampai selesai, sebab akan lebih detail memabahas mulai dari tanda TB bermasalah serta bagaimana mengatasi agar kembali normal.

Baiklah karena banyak yang penasaran dengan semuanya maka pada pertemuan sangat baik ini kami akan sampaikan tanda-tanda Throttle body motor bermasalah terutama untuk kendaraan jenis matic. Dikarenakan banyak yang penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan dari kami mengenai Tanda Throttle Body Bermasalah serta cara mengatasinya yang sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini.

Apa Itu Throttle Body Motor

Seperti diketahui bahwa tidak semua pengguna mengetahui secara detail komponen pada sebuah kendaraan, salah satunya ialah Throttle Body dimana memiliki peran penting terhadap sebuah mesin motor injeksi.

Jadi Throttle Body ialah sebuah komponen pada sebuah mesin injeksi dengan bentuk seperti sebuah karburator akan tetapi memiliki peran sebagai pengatur volume udara yang mana nantinya akan masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Jadi pada intinya akan mengatur muatan udara yang masuk, jika muatan udara masuk banyak maka tenaga dihasilkan bakalan besar demikian juga jika udara masuk sedikit maka tenaga dihasilkan akan lebih kecil. Maka dari itu komponen ini memang sangat penting sekali dan wajib untuk kalian perhatikan.

Fungsi Throttle Body pada Sepeda Motor

Fungsi utama dari throttle body adalah saluran utama yang nantinya dilalui udara sebelum dialirkan ke intake manifold. Jadi ketika kalian mengoperasikan throttle valve melalui throttle grip udara akan melewati komponen ini.

Jumlah udara yang masuk pun akan diatur sehingga besar kecilnya tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor bisa sesuai yang dibutuhkan pengendara. Ketika muatan udara yang diberikan banyak maka tenaga yang dihasilkan lebih besar.

Begitu juga dengan hal sebaliknya, pada saat udara yang masuk sedikit tenaga juga semakin kecil. Inilah fungsi throttle body yang harus diketahui dan di dalamnya terdapat beberapa komponen yang mendukung.

Komponen yang Ada pada Throttle Body

Pentingnya fungsi throttle body ini membuat kalian harus memperhatikan komponen yang akan bekerja di dalamnya. Masing-masing komponen saling berhubungan dan nantinya harus dijaga dengan benar.

Berikut ini apa saja komponen yang ada di dalamnya:

Baca Juga :  Ukuran Rantai Vixion Semua Type

 Throttle Valve

Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai sistem buka tutup saluran utama yang akan dilalui udara ke throttle body. Sistem ini bisa terbuka dan tertutup karena telah tersambung pada pedal gas atau acceleration pedal.

Jadi jika kalian menekan pedal gas, udara yang masuk akan meningkat sedangkan ketika gas dilepaskan udara akan langsung berkurang.

Throttle Position Sensor (TPS)

Disebut juga sebagai TPS, komponen ini merupakan sensor dari sistem EFI yang fungsinya adalah mendeteksi bukaan dari throttle valve dengan memanfaatkan potensiometer.

Potensiometer merupakan resistor yang bekerja untuk mengubah gerakan mekanik menjadi voltage. Voltage erat kaitannya dengan throttle valve karena ketika kalian menginjak pedal gas maka throttle valve yang terbuka.

Letaknya menempel di bagian throttle body dan bentuknya merupakan variabel resistor dan dihubungkan ke poros throttle valve. Pendeteksian yang dilakukan akan akurat dan outputnya bertegangan 0 hingga 5 volt.

Output tersebut nantinya akan dikirimkan ke Electrical Control Unit atau ECU. Barulah setelah itu ECU akan mengirimkan sinyal ke semua perangkat yang ada di motor untuk bekerja.

Sudah paham bukan apa saja fungsi throttle body sampai dengan kelengkapan komponennya. Tanpa komponen ini, tenaga yang dihasilkan sepeda motor bisa saja bermasalah.

Alasannya udara yang masuk mungkin tidak sesuai terlalu besar atau kecil yang membuat tenaga tidak stabil. Oleh karena itulah ketika throttle body mengalami kerusakan kalian pasti dengan mudah merasakannya.

Tanda Throttle Body Bermasalah

Nah kemudian lanjut ke pembahasan utama sesuai dengan judul diatas yakni tanda Throttle Body Motor bermasalah apa saja, jika penasaran dengan semuanya silahkan simak langsung ulasan sudah dipersiapkan buat kalian semua seperti dibawah ini:

Performa Mesin Menurun

Nah salah satu tanda komponen  penting ini bermasalah dapat dilihat dari performa mesin menurun, berbeda dengan biasanya ketika gas mulai di tarik tetapi mesin terasa berat. Dengan begitu kita bisa menarik kesimpulan bahwa permasalahan terdapat pada Throttle Body.

Mesin Brebet

Karena berfungsi sebagai pengatur volume udara yang akan masuk ke ruang bakar, apabila kendala mesin brebet maka bisa disimpulkan merupakan tanda tanda Throttle body sedang bermasalah.

Baca Juga :  √ Cara Mudah Memilih Sarung Tangan Motor Untuk Berkendara

Jika hal ini dibiarkan saja, maka kemungkinan besar akan berdampak buruk akan performas yang dihasilkan nantinya.

Lampu Check Engine Menyala

Kemudian untuk mengetahui tanda TB bermasalah bisa kalian lihat saja pada bagian panel speedometer, dimana itu bisa dilihat pada panel lampu check engine jika menyala terus maka dapat dipastikan jika Throttle body motor sedang bermasalah.

Jarang Mendapat Perawatan

Tanda yang terakhir adalah karena pengguna jarang melakukan perawatan mesin kendaraan, jika hal tersebut dibiarkan terus menerus maka dapat dipastikan jika throttle body mengalami masalah. Sebetulnya hal ini tidak hanya berdampak pada komponen tersebut saja, melainkan beberapa komponen penting lainnya pada sebuah kendaraan dengan teknologi injeksi.

CaraMengatasi Throttle Body Bermasalah

Lantas bagaimana cara mengatasi Throttle Body Bermasalah? Apakah bisa dilakukan sendiri dirumah? Untuk mengetahui itu semua silahkan simak langsung ulasan sudah kami persiapkan seperti dibawah ini.

Jadi mengenai cara mengatasi Throttle Body bermasalah sebetulnya cukup simpel dimana setiap pemilik kendaraan cukup melakukan service seperti biasa, namun kali ini pengerjaan di fokuskan ke bagian komponen tersebut.

Lalu mengenai pertanyaan apakah bisa diatasi sendiri dirumah sebenarnya bisa-bisa saja dengan catatan bahwa kalian memiliki sedikit tentang pengetahuan ilmu otomotif, selain itu juga wajib didukung dengan peralatan memadai agar proses pembersihan dapat berjalan lancar.

Akhir Kata:

Nah bila melihat dari penjelasan diatas maka dapat menarik kesimpulan untuk mengetahui tanda tanda Throttle Body bermasalah memang sangat mudah, cukup rasakan saja putaran mesin apakah dalam performa terbaik atau tidak.

Dan selain itu juga bisa dilihat dari panel speedometer, dimana telah terdapat panel yang informasikan ketika terdapat masalah pada kondisi motor kalian saat ini, mungkin cukup sekian informasi yang dapat disampaikan kepada kalian semua, semoga dengan adanya pembahasan diatas bisa membantu kalian semua. 🙂 🙂 🙂