Starter Motor Mati

Posted on

Starter Motor Mati – Dalam hal ini salah satu komponen pendukung mesin yakni sistem starter, walaupun sebagai pendukung kerusakan pada starter tentunya akan membuat repot para pengendaranya.

Nah kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi motor starter yang mati, untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Starter Motor Mati

Alasan mengapa motor starter merupakan komponen pendukung penting yakni karena sistem starter akan membantu mesin agar hidup diwaktu awal.

Dalam menghidupkan mesin perlu adanya putaran pada poros engkolnya, dan tugas tersebut diemban oleh sistem starter.

Kadang kala, pengendara cuma melihat kerusakan pada sistem starter dari motor saja, namun sebetulnya masalah pada motor yang mati dapat terjadi karena beberapa hal ini:

Fuse Atau Sekering Putus

Fuse/sekering tugasnya sebagai pengaman rangkaian arus listrik. Fuse bekerja memanfaatkan pada kawat tipis yang dapat terputus apabila dialiri listrik dengan menggunakan besaran tertentu.

Dan biasanya fuse starter sekitar 20 ampere ketika ada aliran listrik lebih dari 20 ampere sehingga mengakibatkan fuse bakal terputus.

Maksudnya jangan langsung untuk mengganti fuse tersebut, dikarenakan gejala fuse putus dapat memperlihatkan bahwa adanya short/konsleting pada rangkaian starter itu.

Kabel Starter Terbakar

Selain karena fuse yang terputus, masalah lai yang menyebabkan starter motor mati juga karena terjadi konsleting, sehingga imbasnya kabel starter bakalan terbakar.

Mulanya sekering putus, selanjutnya pengendara harus menggati fuse itu denga yang baru, tetapi dalam jangka sedetik kemudian akan langsung putus lagi.

Baca Juga :  Cara Paling Praktis Pasang Electric Starter Di Yamaha RX-King

Umumnya letak terbakarnya kabel ada di area yag megalami short tetapi seringnya terbakarnya kabel tak terjadi ketika pengendara langsung memperbaiki fuse yang terputus tersebut.

Koneksi yang tidak kencang juga akan berdampak terjadinya kabel menjadi gosong (pada konektor starter), hal tersebut disebabkan baut kabel starter kurang kencang, jadinya electron meloncati area yang tidak kencang tersebut.

Baterai Habis

Masalah pada baterai yang kekuranga voltage akan berdampak kendaraa tidak dapat distarter. Walau lampu motor masih menyala umumnya baterai pada tegangan dibawah 8 volt sudah tidak lagi untuk menjalankan starter.

Memutar starter mesin diperlukan daya yang tinggi, daya baterai disalurkan melalui teganga sebesar 12 volt tetapi ketika penyalurnya lebih kecil, sehingga daya yang terhantar pun juga kecil. Cara mengatasinya yakni denga mengganti baterai/pengisian ulang jika hal tersebut memungkinkan.

Kerusakan Pada Bendik/Relay Starter

Kegunaan relay dengan label bendik sebetulnya sama denga relay biasanya namun bendik yang dirancang khusus menggunakan plat lebih besar disebabkan daya listrik yang disalurkan nanti juga besar.

Apabila solenoid pada bendik tersebut macet/terputus atau ketika plat didalam bendik tersebut rusak, jadi akan mengakibatkan tidak dapat disalurkan ke motor starter.

Umumnya ketika ada suara cetekan ketika starter menyala, itu merupakan suara plat bendik yang bersambungan. Apabila tidak ada suara tersebut sewaktu proses start sehingga dapat dipastikan kondisi bendik mengalami kerusakan.

Kerusakan Pada Coil Starter

Ada dua kumparan dalam starter yakni kumutator dan arkature coil. Keduanya sama menghasilkan kemagnetan yang setelahnya dirangkai supaya menjadi energi putar.

Namun siapa mengira apabila kumparan tersebut berpotensi mengalami kerusakan. Langkah perbaikannya umumnya dapat dilakukan oleh tukang dinamo, tetapi apabila mengalami kerusakan yang cukup parah atau terlihat bekas terbakar sehingga harus segera diganti.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Starter Motor

Lantas Bagaimana Cara Mendeteksi Letak Kerusakan Starter

  • Langkah pertama yakni pastikan kondisi kelistrikan pada kendaraan tersebut aman, dengan melakukan pengujian menggunakan bantuan multitester.
  • Langkah kedua periksalah rangkaian starter dari power suplai sampai beban pada rangkaian kontrol starter memmakai multitester.
  • Langkah berikutnya apabila tidak ada masalah kemudia berlanjut pada pemeriksaan solenoid starter. Pastikan apa ada bunyi cetekan ketika start dinyalakan.

Apabila tidak ada bunyi, akan ada dua kemungkinan arus tidak sampai pada sokenoid ataupun solenoid mengalami kerusakan.

Namun. Jika ada bunyi tersebut, juga ada dua kemungkinan yakni arus tidak bisa menyalur ke kumparan starter ataupun kumparan starter tersebut terkena masalah. Pada pemeriksaan yang terakhir harus dikerjakan dengan pembongkaran agar lebih memastikan.

Demikianlah pembahasan mengenai Starter Motor Mati semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂