Starter Honda BeAT Kasar

Posted on

Starter Honda BeAT Kasar – Dalam hal ini pada umumnya sistem starter sering kita jumpai pada sebuah mesin salah satunya ialah kendaraan seperti mobil dan motor. Mesin pada kendaraan tersebut memerlukan sistem starter agar dapat hidup.

Ringkasnya dengan adanya sistem starter pada sebuah mesin, maka akan dapat mengubah arus listrik pada aki menjadi energi mekanik.

Energi mekanik ini nantinya akan berguna untuk membuat mesin tersebut dapat hidup dan bergerak. Nah untuk lebih jelasnya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sistem Starter

Sistem starter ialah komponen yang memiliki fungsi untuk menghidupkan atau menjalankan sebuah mesin. Pada mesin kendaraan sendiri, sistem starter berfungsi untuk mengubah arus listrik yang terdapat pada aki menjadi energi mekanik.

Energi mekanik ini akan dapat membuat mesin dari kendaraan tersebut dapat bergerak dan berjalan. Disisi lain, sistem starter ini berfungsi sebagai penggerak awal sehingga mesin pada kendaraan dapat melakukan proses pembakarannya.

Berarti dengan adanya sistem starter ini membantu kita untuk menghidupkan atau menjalankan sebuah mesin. Tentunya akan sangat berpengaruh jika sistem starter pada sebuah mesin bermasalah atau rusak.

Jenis Jenis Sistem Starter

Kita sudah tahu salah satu jenis dari sistem starter ialah yang digerakkan dari tenaga kaki manusia (kick starter).

Namun sistem starter mempunyai beberapa jenis lainnya yang perlu kita ketahui seperti yang berikut ini:

Komponen Utama Sistem Starter

Sistem starter tentunya memiliki berbagai macam komponen didalamnya. Ringkasnya dengan adanya komponen tersebut maka sistem starter dapat berfungsi disebuah mesin. Adapun komponen utama sistem starter diantaranya sebagai berikut:

Tipe-Tipe Motor Starter

Pada sebuah kendaraan didalamnya terdapat motor starter yang berguna agar sistem pada mesin dapat bergerak. Umumnya, terdapat tiga tipe pada motor starter yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Berikut ini adalah tiga tipe pada motor starter:

Tipe Konvensional

Tipe ini merupakan jenis dari motor starter yang pertama dan memiliki mekanisme yang sangat sederhana. Kendaraan yang menggunakan tipe motor starter ini biasanya memiliki CC atau kapasitas yang kecil.

Karena didalamnya tidak terdapat gear dan komponen tambahan lainnya sebagai pendukung besarnya momen putar pada mesin. Hal ini tentunya mempengaruhi kapasitas dari kendaraan yang menggunakan tipe motor starter ini.

Tipe Reduksi

Motor starter dengan tipe ini banyak digunakan pada kendaraan besar yang kapasitas mesinnya lebih dari 5000cc. Dari bentuknya, tipe motor starter ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding tipe lainnya.

Kontruksi pada tipe motor starter ini lebih rumit dibandingkan tipe konvensional.

Selain itu, mesin yang berkapasitas tinggi juga memerlukan motor starter yang dapat menyediakan daya dan momen putar yang besar.

Tipe Planetary

Tipe motor starter ini cukup memiliki kesamaan dengan tipe konvensional. Perbedaannya pada tipe ini memiliki suara yang lebih halus dan momen putar yang lebih besar dibanding konvensional.

Tipe motor starter ini memiliki kontruksi yang lebih kompleks, karena ditambahkan roda gigi yang dibentuk dan disusun menyerupai lintasan planet. Kendaraan yang menggunakan tipe motor starter ini memiliki kapasitas menengah.

Komponen Motor Starter

Motor starter tentunya memiliki macam-macam komponen didalamnya. Dengan adanya komponen tersebut maka motor starter dapat berfungsi disebuah mesin. Adapun komponen dari motor starter diantaranya sebagai berikut:

Field Coil

Komponen ini terbuat dari tembaga yang dililitkan pada inti motor starter. Field coil ini berfungsi untuk membangkitkan medan magnet pada motor starter.

Jangkar / Armature

Komponen ini berfungsi untuk merubah arus listrik menjadi energi mekanik atau sebagai penghasil momen putar. Pada komponen ini terdapat komutator yang bersentuhan langsung dengan brush yang berfungsi sebagai terminal armature.

Selain itu pada setiap ujung armature terdapat bearing yang berfungsi untuk menopangnya agar dapat berputar stabil diantara pole core.

Brush

Komponen ini terbuat dari tembaga lunak yang berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature melalui komutator. Brush pada starter, memiliki dua jenis, yaitu brush positive dan negative.

Brush ini selalu terhubung langsung dengan komutator karena ditekan oleh pegas. Karena terbuat dari bahan tembaga lunak, maka nantinya akan bisa habis dan motor starter tidak dapat berputar.

Yoke dan Pole Core

Yoke terbuat dari logam yang berbentuk silinder dan dapat berfungsi sebagai tempat untuk mengikatkan pole core. Sedangkan, pole core berfungsi sebagai penopang dan penguat medan magnet yang ditimbulkan field coil.

Sarter Clutch

Komponen ini berfungsi untuk memindahkan momen putar kepada roda penerusnya. Saat roda penerus cenderung memutarkan pinion gear, maka sarter clutch juga berguna sebagai pengaman armature coil.

Armature Brake

Komponen ini berfungsi untuk memperlambat laju putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus.

Magnetic Switch

Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan pinion gear ke roda penerus. Selain itu juga berguna untuk melepaskan pinion gear dari roda penerus. Komponen ini juga mengalirkan arus listrik pada sirkuit motor starter melalui terminal utama.

Driver Lever

Drive lever dapat berfungsi untuk mendorong pinion gear ke arah posisi yang berkaitan dengan roda penerus. Selain itu, komponen ini juga dapat melepaskan pinion gear yang terkait dengan roda penerus saat mesin menyala.

Proses mendorong dan melepaskan ini juga dibantu dengan magnetic switch. Sehingga fungsi dari komponen ini dapat bekerja dengan baik.

Starter Honda BeAT Kasar

Honda BeAT generasi pertama memang sering dikenal dengan (Bletak Dor) di kalangan bikers. Ini dikarenakan suara starter motor matik ini terdengar sangat kasar.

Tapi masih banyak yang belum tahu dari mana suara ini berasal. Suara kencang itu berasal dari dinamo starternya, itu wajar kok bukan jadi indikasi adanya masalah.

Honda BeAT yang sebelum Enhanced Smart Power (ESP) memang begitu, soalnya masih ada gigi dinamonya. Maklum karena Honda BeAT generasi pertama memang menggunakan starter dengan tipe Sliding-Gear Starter.

Artinya suara kasar itu dimunculkan oleh dua buah gir. Suara muncul saat gir satu berukuran kecil dan satu yang berukuran besar yang bergesekan.

Demikianlah pembahasan mengenai Starter Honda BeAT Kasar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂