Stang Seher Rx King

Posted on

Stang Seher Rx King – Ada cukup banyak sekali komponen didalam sebuah mesin motor, yang dimana setiap komponen didalam mesin memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Misalnya saja komponen stang piston atau disebut juga dengan nama stang seher.

Pada komponen tersebut bertugas untuk menggerakan piston atau seher. Dimana fungsi stang piston menaikan dan menurunkan silinder namun pergerakan dari stang seher sudah ada perhitungannya.

Jadi tidak sembarangan menaikan dan menurunkan tanpa adanya perhitungan, apabila hal demikian terjadi kemungkinan besar mesin akan mengalami jebol. Karena komponen didalam ruang bakar akan saling bertabrakan dan hal tersebut menyebabkan mesin akan rusak parah.

Dampak buruk yang terjadi turun mesin, bahkan ada beberapa part perlu diganti mulai dari seher, ring seher, klep dan masih banyak lagi lainnya. Stang piston atau batang piston akan digerakan oleh poros engkol, lalu diteruskan oleh silinder untuk memproses pembakaran pada ruang bakar.

Dari pergerakan naik turun batang piston atau connecting rod akan menghasilkan energi putar pada poros engkol, begitulah singkat fungsi dari stang piston, dari pergerakan turun akan membawa sisa pembakaran ke poros engkol atau kruk as seperti oli dan lainnya.

Di dalam komponen ini terdapat dua lubang dimasing-masing ujung, namun kedua lubang tersebut tidak memiliki ukuran sama. Nah untuk lubang pada bagian atas dinamakan Small end dan untuk lubang dibawah atau yang besar dinamakan Big end. Dari kedua bagian tersebut memiliki tugasnya masing-masing.

Lantas Apa Itu Stang Piston (Seher)

Batang torak atau stang piston atau Connecting Rod atau stang seher ialah salah satu di dalam sebuah mesin motor berfungsi untuk menghubungkan poros engkol atau kruk as dengan silinder.

Sehingga silinder dapat naik turun pada proses pembakaran yang terjadi selain itu juga batang piston tidak hanya bergerak naik turunkan silinder juga menghasilkan gerak putar pada kruk as.

Fungsi Stang Piston (Seher)

Stang piston atau stang seher memiliki peran sangat penting sekali terhadap performa yang dihasilkan, dimana fungsi utamanya untuk menggerakan piston naik turun serta merubah energi lurus menjadi energi putar. Seperti halnya dengan ring seher memiliki tugas sebagai seal atau menahan kompresi didalam ruang bakar.

  • Mengubah Gerak Lurus Menjadi Gerak Putar Pada Kruk As
    Fungsi yang pertama ialah mengubah gerak lurus batang piston menjadi gerak putar pada kruk as ketika pembakaran mulai terjadi. Gerak putar pada poros engkol akan terhubung dengan sudut crackpin, lalu diterima oleh piston lalu diteruskan ke batang piston sehingga mengghasilkan tenaga putar.
  • Menghubungkan Piston dengan Kruk As
    Dari awal pembahasan juga sudah kami jelaskan kepada anda semuanya,jika fungsinya sebagai penghubung antara kepada piston dengan engkol poros. Dengan adanya batang piston membuat silinder dapat bekerja dengan semestinya, dimana nantinya ring seher bertugas menahan kompresi lalu menyimpan oli untuk pelumas.

Penyebab Stang Seher Rusak

Tenaga motor kalian loyo dan dari knalpot keluar asap putih pekat? Coba dekati mesinnya apakah ada bunyi klotok-klotok yang semakin nyaring terdengar ketika tuas gas motor ditarik? Jika iya, itu berarti stang seher atau bahasa kerennya connecting rod mesin bermasalah.

Selain faktor usia atau aus, beberapa perilaku atau perlakuan yang salah juga berperan besar menyebabkan stang seher rusak. Lantas apa saja perilakuan yang salah itu? Nah berikut ialah solusi atau penyebab stang seher Rx King rusak diantaranya yaitu:

Baca Juga :  Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Matic Kasar

Memacu Motor Di Lintasan Berat Secara Terus Menerus

Memacu sepeda motor di lintasan yang ekstrim terutama dengan sudut kemiringan lebih dari 30 derajat dengan permukaan lintasan yang terjal membutuhkan putaran mesin yang tinggi. Bahkan pengendara lupa atau tidak sempat memindah posisi gigi ke tingkat yang lebih rendah.

Pada saat putaran mesin tinggi, tetapi posisi gigi tetap di tingkat tinggi, sebenarnya stang seher bekerja ekstra keras, itulah yang memicu stang seher rusak.

Kruk As Oblak

Namun memacu motor di lintasan biasa dengan gaya akselerasi yang mengentak-entak pun bisa memicu stang seher rusak. Umumnya kerusakan yang disebabkan oleh gaya berkendara seperti itu ialah kruk as yang oblak.

Entah demi hentakan keras saat pengendara menarik tuas dengan tiba-tiba dan melepasnya lagi, menjadikan kruk as seperti ditarik dan hentak dengan kuat dan tiba-tiba. Akibatnya kruk as goyang atau oblak. Jika krus as oblak maka lama-kelamaan stang seher juga akan ikut oblak, jika dibiarkan stang akan rusak.

Kualitas Oli Yang Jelek

Ini memang terlihat sepele atau remeh, namun penggunaan oli berkualitas jelek memiliki akibat yang fatal, maklum oli memang berfungsi untuk melumasi komponen mesin.

Dan terlebih bila pemilik motor kerap memacu tunggangannya dengan kecepatan yang tinggi. Pada saat itu putaran mesin juga sangat tinggi. Saat itulag gerak atau laju komponen begitu sangat cepat. Pada kondisi seperti itu tentu pelumasan juga harus sempurna.

Oli yang berkualitas jelek misalnya palsu atau spesifikasinya tidak sesuai dengan motor, menyebabkan pelumasan tidak sempurna. Bila hal itu terjadi maka gerak sempurna atau oblak dan cenderung menjadikan silinder aus atau terluka.

Kerusakan pada silinder menjadikan gerakan pistin semakin tidak sempurna atau semakin oblak. Kondisi ini berpengaruh pada stang seher, stang seher ikut oblak dan lama-kelamaan rusak.

Bore Up Mesin Yang Tidak Tepat

Para pemilik motor kerap melakukan bore up mesin untuk meningkatkan kompresi mesin agar pembakaran lebih sempurna. Alhasil tenaga yang disemburkan mesin pun berlipat, namun bila tidak cermat, cara ini justru menimbulkan masalah baru yakni stang seher yang rusak.

Baca Juga :  Tips Mudah Membersihkan Busi Motor, Wajib Untuk Di Baca

Hal itu bisa terjadi karena dengan meningkatkan rasio, kompresi berarti juga memperbesar tekanan piston yang membawa campuran udara dan bahan bakar ke ruang bakar mesin.

Cara Mengatasi Stang Seher Rusak

Nah untuk mengetahui dan memperbaiki komponen ini sudah aus atau belum sangatlah mudah ada tiga cara diantaranya yaitu:

Cara Tanpa Harus Membongkar Mesin Motor

Yang pertama adalah dengan cara tanpa membongkar mesin motor, pertama-tama hidupkan mesin terlebih dahulu kemudian psosisikan gas dalam keadaan langsam apabila mesin motor mengeluarkan suara atau bunyi yang aneh atau asing dari bagian mesin tengah seperti bluk,,bluk,,bluk itu tandanya komponen tersebut sudah mengalami aus atau sudah rusak.

Dengan Cara Tanpa Membuka Kepala Silinder

Apabila belum yakin dengan cara pertama bisa memakai cara kedua yakni dengan cara membuka kepala silinder berserta silinder dan piston kemudian pegang stang seher berikutnya pukul-pukul pada stang seher tersebut dengan menggunakan tangan apabila mengeluarkan suara atau bunyi bluk-bluk tandanya stang seher tersebut sudah aus atau rusak oblak.

Dengan Cara Menggunakan Tangan Saja

Selanjutnya yang terakhir yakni dengan menggunakan tangan saja pertama-tama buka kepala silinder bersama silinder dan piston selanjutnya goyang-goyang secara perlahan-lahan satng seher tersebut apabila mengeluarkan suara atau kocak berarti tandanya stang seher motor.

Dan telah aus atau sudah rusak segera mengganti dengan yang baru apabila hal ini dibiarkan saja takutnya malah ngerembet ke komponen yang lain yang malah ujung makin biaya yang dikeluarkan. Semoga dapat membantu sekian dan terima kasih.

Demikianlah pembahasan mengenai Stang Seher Rx King semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂