√ Penyebab Dan Ciri Spul Motor Lemah,, Yuk Simak

Posted on

Spul Motor – Untuk yang memiliki sepeda motor pastinya sudah familiar dengan komponen yang bernama spul. Komponen ini dapat kalian ketahui karena memang hobi ngoprek motor atau memang kebetulan kena apes spul motor menjadi rusak yang harus diganti.

Spul ialah kumparan yang merupakan salah satu komponen penting yang erat kaitannya dengan sistem kelistrikan motor. Komponen yang ada pada motor ini dibuat dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Sebab jumlah lilitan kawat tembaga didalamnya berpengaruh pada besar dan kecilnya induksi.

Penyebab Dan Ciri Spul Motor Lemah,, Yuk Simak

Oleh karena itu sangatlah penting untuk menghindari spul motor rusak, karena bisa berimbas pada sistem kelistrikan motor. Nah untuk mengetahui penyebab dan ciri spul motor lemah simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Fungsi Spul Motor

Part ini memiliki tugas untuk menjadi sumber penghasil tenaga listrik. Dan tenaga tersebut nantinya akan dikirimkan ke kiprok kemudian menuju komponen lain pada sistem kelistrikan, termasuk mengisi daya aki motor.

Tenaga listrik yang dihasilkannya berjenis Ac “Alternating Current” atau arus bolak balik, dan sementara itu jumlah energi yang dihasilkannya tergantung dari putaran mesin motor.

Komponen Spul Motor

Bentuk fisik dari spul ini terdiri dari lilitan kawat tembaga dengan jumlah tertentu yang memiliki ini batang karbon/besi. Jumlah lilitan kawat tembaga ini menentukan besar kecilnya tegangan yang dihasilkan.

Ciri Spul Lemah Atau Rusak

Nah apakah ciri-ciri spul motor rusak ? untuk masalah ini kalian bisa melihat kondisi fisik dari lilitan tembaganya. Spul yang rusak atau mati biasanya terlihat gosong, kemudian juga ada bau hangus yang menyengat dan kelistrikan mati total “sistem penerangan, dashboard dan starter”.

Baca Juga :  Koil Motor

Penyebab Spul Motor Lemah Atau Rusak

Adapun penyebab spul motor lemah atau rusak diantaranya yaitu:

  • Karena merupakan barang elektronik, air yang masuk ke dalam komponen spul bisa mengakibatkan kerusakan.
  • Terjadi konsleting karena pemakaian socket yang sudah aus, sehingga timbul hubungan singkat.
  • Panas berlebih pada dinamo.
  • Usia pemakaian juga berpengaruh.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Dan Ciri Spul Motor Lemah,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂