Cara Pasang Sound Booster Motor Sendiri

Posted on

Sound Booster Motor – Sound booster motor dapat kalian rakit dan pasang sendiri dengan mudah. Motor ialah alat transportasi yang populer dan pemiliknya banyak. Alat transportasi yang satu ini memang lebih praktis dan cepat untuk perjalanan yang padat.

Dan hampir sebagian besar orang sudah memiliki kendaraan yang satu ini. Jenis dan produk kendaraan roda dua ini pun semakin banyak. Variannya pun beragam dan bisa kalian sesuaikan dengan budget yang ada.

Pemilik kendaraan ini pun tidak hanya kalangan orang tua saja. Kaum muda juga banyak yang mengenakan jenis alat transportasi ini untuk aktifitas seperti sekolah atau bekerja. Majunya dunia teknologi membuat banyak hal mulai berkembang dengan cepat.

Tidak terkecuali perubahan pada motor atau yang biasa orang menyebutnya dengan modifikasi. Modifikasi motor kerap kali dilakukan untuk menambah setiap komponen kendaraan agar tampil prima. Sudah banyak komponen kendaraan yang dimodifikasi.

Seperti pada komponen velg, jok, lampu dan yang baru-baru ini yakni sound booster motor. Sound booster sudah mengalami modifikasi yang cukup lama agar mampu menciptakan suara layaknya moge.

Inovasi ini mampu menciptakan suara yang besar pada knalpot motor standar. Nah bagi kalian yang ingin memiliki kendaraan dengan suara seperti ini, bisa gunakan sound booster saja.

Cara Merakit Dan Memasang Sound Booster Motor

Sound booster yang berfungsi untuk membuat suara berbeda pada knalpot standar kini semakin banyak digunakan, hal ini sering terlihat pada jenis motor matik.

Baca Juga :  [Termudah] Penyebab & Cara Memperbaiki Roda Belakang Skutik Menjadi Seret

Pemilik kendaraan roda dua ini memang sengaja menggunakannya untuk modifikasi. Namun bahayanya jika bertemu petugas keamanan atau polisi motor ini bisa kena tilang.

Dan sebenarnya jika ingin melakukan modifikasi suara knalpot tidak perlu menggantinya, bahkan kalian juga tidak perlu memboboknya.

Sebab kini adanya sound booster bisa membuat suara motor layaknya moge. Kalian bisa melakukan pemasangan sendiri bahkan merakitnya.

Cara Merakit Sound Booster

Modifikasi kendaraan memang tidak ada habisnya, apalagi untuk anak muda. Modifikasi motor ialah hal yang wajar. Hal ini karena menginginkan hal yang berbeda dari keadaan standar.

Dan salah satunya yakni membuat knalpot motor terdengar lebih keras seperti moge. Bagi kalian yang suka dunia otomotif, merakit sound booster sendiri mungkin akan lebih menyebangkan dan memuaskan.

Nah berikut ini ada cara yang bisa kalian lakukan jika ingin membuat sound booster sendiri, sebenarnya tidak rumit hanya saja butuh ketelitian.

Alat Yang Digunakan Sound Booster

Peralatan harus siap sebelum pengerjaan, alat yang bisa kalian gunakan untuk pembuatan sound booster motor yakni gunting, isolasi/lakban, solder, tenol dan multytester.

Dan sebaiknya siapkan peralatan agar memudahkan kalian saat akan merangkainya. Alat yang kalian butuhkan pun tidak sulit untuk mencarinya.

Bahan Untuk Perakitan Sound Booster

Langkah selanjutnya yakni kalian memerlukan bahan untuk perakitan. Komponen yang utama yakni speaker 6” atau lebih. Siapkan juga kabel, saklar dan 2 kapasitor yang nilainya 25 volt 200 mikrofarat.

Cara Perakitan Sound Booster

Sebenarnya merakit sound booster berbeda-beda. Ada 3 varian jenisnya, semua tergantung dari harganya. Langkah pertama perakitan bisa kalian mulai dari melakukan pengecekan menggunakan multytester.

Setelah menemukan dan menentukan sumber suara, selanjutnya perakitan komponen. Siapkan 2 buah elco dan sambungkan, setelah tersambung, salah satu ujungnya sambung ke saklar dan satunya ke sumber suara. Selanjutnya dari speaker bisa sambung ke negative baterai/massa.

Baca Juga :  √ Tips Berfaedah Berikut Ini !! Waspada Saat Berkendara Di Musim Hujan,,, Yuk Simak

Cara Memasang Sound Booster Motor

Pemasangan modifikasi pada motor ini tergolong mudah, apalagi jika kendaraan memiliki arus listrik AC akan semakin mudah saja. Bagi kalian yang memiliki motor dengan arus DC, bisa menghubungkan spull agar hasil suara dapat sama dengan putaran mesin.

Hanya saja sound booster motor ini memiliki kekurangan. Bisa terjadi konsleting jika terkena air. Oleh karena itu sebaiknya pasang pada bagian yang tertutup, misalnya bagian bawah jok.

Dengan begitu sound booster lebih aman dari air dan gangguan lainnya. Hal ini membuat komponen ini lebih awet dan tahan lama.

Terkadang masih banyak orang yang tidak suka dengan penggunaan sound booster. Suaranya yang keras terkadang membuat orang tidak nyaman.

Hal ini tidak perlu kalian khawatirkan, sebab adanya saklar kalian bisa on/off sesuai tempat. Memasang sound booster motor bisa dilakukan sesuai kemampuan dan caranya masing-masing.

Demikianlah pembahasan mengenai Sound Booster Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂