Cara Kerja Oli Samping Pada Motor 2 Tak

Posted on

Cara Kerja Oli Samping Pada Motor 2 Tak – Mesin sepeda motor 2 langkah memanfaatkan ruang engkol (crank chamber) sebagai proses dalam setiap siklusnya, dengan demikian ruang engkol harus terpisah dari ruang tranmisi. Oli tranmisi tidak boleh masuk dalam ruang engkol, bagian pembangkit tenaga (bagian motor bakar).

Mesin 2 langkah harus dilumasi dengan oli yang berbeda dari oli tranmisi, pelumasan seperti ini dinamakan pelumasan terpisah (separate lubrication).

Jadi mesin 2 langkah mempunyai 2 jenis pelumasan / oli yaitu :

  • Oli mesin/oli 2 T/Oli samping
  • Oli tranmisi

Cara Kerja Oli Samping Pada Motor 2 Tak

Adapun cara kerja oli samping pada motor 2 tak yang diantaranya yaitu:

Oli mesin/oli 2T/oli samping

Oli ini melumasi bagian cylinder, piston, bearing pin piston, crankshaft dan bearing crank pin. Oli ini ikut bersama dengan campuran bahan bakar-udara segar ke dalam ruang engkol dan cylinder. Setelah melumasi bagian-bagian yang dilaluinya, oli ini akan ikut terbakar bersama campuran bahan bakar-udara dan dibuang melalui lubang buang.

Sebelum diketemukannya pompa oli, oli mesin ini dicampur langsung dengan bensin dalam tangki bensin dengan perbandingan tertentu, pada saat itu orang mencampur 15-25 liter bensin dengan 1 liter oli mesin jadi perbandingan ini akan selalu tetap untuk segala tingkat putaran mesin.

Pada tahun 1961, Suzuki menciptakan sistem pelumasan bagian motor bakar 2 langkah dengan pompa oli yang disebut sistem pelumasan Suzuki CCI (cylinder crankshaft injection). Dengan sistem ini oli mesin tidak perlu dicampur dengan bensin dalam tangki bensin.

Baca Juga :  Cara Paling Mudah Membedakan Mesin Dohc, Sohc Dan Ohv

Oli mesin ditampung dalam tangki oli dan diinjeksikan melalui intake pipe/karburator dan bearing crankshaft, pompa oli mengatur pasokan oli sesuai dengan kebutuhan mesin.

Cara Kerja Oli Samping Pada Motor 2 Tak

Sepeda motor RU 120 LD menggunakan sistem pelumasan Suzuki CCI dari pompa oli, oli diinjeksikan melalui 2 saluran. Saluran pertama dihubungkan ke intake pipe, saluran kedua dicabang lagi menjadi 2 masing-masing memasok oli ke bearing crankshaft kiri dan kanan.

Keterangan :

  • Selang 1 dari tangki oli menuju pompa oli ( input )
  • Selang 2 dari pompa oli menuju intake pipe ( output )
  • Selang 3 dari pompa oli menuju bearing crankshaft ( output )
  • Menuju bearing crankshaft kiri
  • Menuju bearing crankshaft kanan

Oli tranmisi

Oli tranmisi hanya melumasi bagian tranmisi dan kopling, tidak melumasi bagian motor bakar mesin sepeda motor 2 langkah.

Cara Kerja Oli Samping Pada Motor 2 Tak

Cara pemeriksaan ketinggian permukaan oli tranmisi

  • Tempatkan sepeda motor ditempat yang datar dengan penyanggah tengah
  • Hidupkan mesin selama beberapa menit sampai mencapai suhu kerja mesin
  • Matikan mesin dan biarkan selama beberapa menit agar oli turun
  • Bukalah sekrup .
Demikianlah pembahasan mengenai Cara Kerja Oli Samping Pada Motor 2 Tak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂