Rotary Engine

Posted on

Rotary Engine – Untuk hal ini pastinya kalian sudah tidak asing lagi mendengar mesin yang digunakan oleh pabrikan Mazda untuk mobil-mobilnya. Rotary engine ialah mesin yang digunakan oleh sebagai mobil dari mazda lalu apakah rotary engine itu?

Mesin Rotary

Mesin Rotary merupakan jenis awal dari mesin pembakaran internal atau internal combustion, dan biasanya mesin rotary dirancang dengan jumlah ganjil per baris dalam konfigurasi radial di mana crankshaft tetap diam saat mesin beroperasi.

Dengan seluruh komponen crankcase dan silinder yang terpasang berputar bersumbu pada cranksaft. Mesin ini dahulu diaplikasikan untuk mesin pesawat atau penerbangan.

Namun seiring berkembangnya jaman mesin mesin tipe ini juga digunakan oleh beberapa sepeda motor seperti Norton Rotary RC588 dan mobil Mazda RX series.

Jenis mesin ini banyak digunakan sebagai alternatif untuk mesin inline konvensional baik mesin-mesin standart lurus atau V engine selama Perang Dunia I dan beberapa tahuan sebelum konflik PD 1.

Mesin ini juga digambarkan sebagai “solusi yang sangat efisien untuk masalah output daya, berat dan keandalan” pada saat itu. Tetapi seiring berkembangnya jaman mesin ini mulai di tinggalkan.

Keuntungan Dan Kelemahan Mesin Rotary

Berikut ini keuntungan dan kelemahan mesin rotary diantaranya yaitu:

Keuntungan Mesin Rotary

Ada tiga faktor yang berkontribusi pada kesuksesan mesin rotary.

  • Kelancaran
    Mesin Rotary delivery powernya sangat halus karena tidak ada bagian yang saling bergantian menyalurkan power, dan massa putaran karter / silinder yang relatif besar sebagai Flywheel.
  • Pendinginan mesin
    Ketika mesin bekerja, karter / silinder yang berputar menciptakan aliran udara pendinginan yang bergerak cepat, bahkan saat kendaraan dalam keadaan diam.
  • Berat Mesin
    Banyak mesin konvensional yang harus memiliki Flywheel berat guna meredam getaran dan menyalurkan power yang halus. Dengan mesin rotary akan mendapatkan keuntungan power to weight ratio yang substansial dengan tidak memerlukan Flywheel tambahan. Keuntungan lainya berasal dari crankcase kecil, datar, dan sistem pendingin udara yang efisien, silinder dapat dibuat dengan dinding yang lebih tipis dan sirip pendingin yang lebih pendek, yang ber akibat mengurangi bobot mesin.
Baca Juga :  √ Inilah Akibat + Ciri,,Ring Piston Sudah Aus

Sang pembuat mesin ini selalu menyadari banyak keterbatasan dari mesin rotary sehingga ketika mesin konvensional menjadi lebih dapat diandalkan dan memberikan bobot yang lebih ringan dan konsumsi bahan bakar yang hemat serta perawatan yang mudah memuat mesin rotary kian di tinggalkan.

Kelemahan Mesin Rotary

Itu menjadi plot kelemahan mesin rotary lalu kelemahan lainnya ialah:

  • Mesin rotary memiliki sistem minyak oli total-loss yang pada dasarnya sangat tidak efisien. Untuk mencapai ke seluruh bagian mesin, pelumas diperlukan untuk memasuki bak mesin melalui hollow crankshaft tetapi gaya sentrifugal dari bak mesin berputar secara langsung membuat oli tidak bisa ber sirkulasi. Satu-satunya solusi praktis adalah pelumas disedot dengan cara mencampurkan bahan bakar atau sistem caranya mirip dengan mesin motor 2tak.
  • Peningkatan power juga berakibat pada ukuran dan getaran yang di hasilkan sehingga membuat mesin ini kurang stabil
  • Output daya yang besar semakin digunakan untuk mengatasi hambatan udara dari mesin.
  • Kontrol engine yang sangat rumit, sehingga mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

Mesin rotary untuk mobil paling tenar ialah mesin mazda rx 7 seri 13B, ialah mesin yang paling banyak diproduksi oleh Mazda. Mesin ini ialah platform untuk semua mesin Maxda Wankel dan diproduksi selama lebih dari 30 tahuan.

13B memiliki rotor setebal 80 mm (3,1 in), di desain dengan 2 rotor, dengan masing-masing ruang menghasilkan power 654 cc per rotor sehingga akumulasi dari 2 rotor menjadi 1,3 L (1.308 cc) nama seri ini juga di ambil dari cc yang dihasilkan 13B/1300 cc.

Di Amerika Serikat, mesin 13B ada dari tahun 1974 hingga 1978 dan kemudian berhenti untuk mobil sedan tetapi dilanjutkan lagi pada tahun 1984-1985 di Mazda RX-7 GSL-SE. Kemudian digunakan lagi pada tahun 1985-1992 di Mazda RX-7 FC, dengan dukungan mesin Naturally Aspirated atau Turbocharged.

Baca Juga :  "Tips Ampuh" Cara Mengatasi Rantai Keteng Satria Fu Berisik

Kemudian sekali lagi pada Mazda RX-7 FD dalam bentuk twin turbocharged tahuan 1992. Mesin serta mobil ini menghilang lagi dari pasar AS pada tahun 1995, ketika spesifikasi mazda RX-7 untuk AS terakhir dijual. Tetapi mesin itu terus digunakan di Jepang dari tahuan 1972 untuk Mazda Luce/RX-4 dan tahun 2002 untuk mazda RX-7.

Versi twin-turbocharged dari 13B adalah 13B-REW mesin ini menjadi terkenal karena ouput powernya yang tinggi dan bobot yang ringan. Dua turbo dari Hitachi HT-12 dioperasikan secara berurutan, dengan raihan utamanya hingga 4.500 ini ialah sistem turbocharger kembar sekuensial produksi pertama di dunia.

Menurut sumber output mesin 13B-REW ini mencapai 280 (206 kW atau setara 276 hp) di Jepang tetapi tidak menutup kemungkinan bisa melebihi itu saat di tes menggunakan Mazda RX-7 Gen 8.

Demikianlah pembahasan mengenai Rotary Engine semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂