Penyebab Rem Tromol Motor Belakang Panas

Posted on

Penyebab Rem Tromol Motor Belakang Panas – Nah dalam hal ini pastinya kalian pernah mengalami velg belakang motor berasa panas sekali padahal pemakaiannya normal, dan mungkin kalian kroscek ingatan, kalian habis kebengkel.

Atau pernah di bongkar di pinggir jalan karena habis nambal terus velg/teromol belakang menjadi panas atau bisa juga kalian exsperiment sendiri dengan iseng mencoba membongkar sendiri ban belakang motor, baik itu motor matic, bebek atau sport asal kan menggunakan teromol.

Jika hal diatas tidak pernah kalian kalian maka jawabannya hanyalah satu yakni rem mengambang terus menerus artinya mengambang ialah rem terus bergesekan dengan teromol tanpa kalian sadari.

Dan karena bau sangit dan tarikannya berat padahal motor masih baru usia 3 bulan, kira-kira apa yang terjadi dan velg sangat panas sampe tidak bisa di pegang velgnya.

Dan alhasil di bongkarlah itu bagian CVT dan ternyata motor matic yang baru keluar itu hancur kampas gandanya habis dan rumah kampas ganda menjadi gosong hitam.

Penyebab Rem Teromol Motor Belakang Panas

Dalam hal ini awalnya bingung dengan hal ini kenapa bisa hancur sementara semuanya standar pemakiannya pun baru 3 bulan.

Dan setelah di selidiki bawa kalau bawa motor suka menahan rem atau di buat ngambang atau kalau gak paham maksudnya ditahan setengah sehingga kampas rem terus menerus bergesekan gimana gak mau panas kalau kampas rem terus bergesekan hancur.

Lantas Apa Kaitannya Dengan Kampas Ganda Matic?

Nah untuk hal ini kalau naik motor itu rem selalu ditarik bahkan gas sudah ditarik rem belum dilepas hasil inilah yang menyebabkan kampas ganda hancur lebur sementara rem belakang ditahan.

Baca Juga :  √ Ternyata Begini Lho ?? Cara Mengurus SIM Yang Hilang,,, Yuk Simak

Kampas ganda yang terus berputar sementara rumah kampas ganda yang berkaitan dengan gardan belakang dan terhubung dengan velg belakang tertahan karena roda belakang direm dan gas terus di bejek.

Maka alhasil panas menyebabkan hancurnya kampas ganda belakang (True Story).

Bagaimana kita tahu itu akibat roda belakang yang terus direm, karena berdasarkan pemeriksaaan velg belakang teromol berubah warna gosong dan velg belakang panas.

Karena panas yang sangat hal ini membuat warna velg belakang berubah warna nah dari sinilah makanya kita dapat mengetahui penyebabnya.

Awalnya hal ini tidak percaya bahwa yang menyebabkan motor tersebut hancur ialah karena pemakaiannya sendiri. Bahwa sering menggantung rem belakang.

Bukan Karena Pemakaian Teromol Panas?

Teromol panas juga bisa di sebabkan kesalahan penyetelan setelah rem karena terlalu dekat dengan teromol sehingga saat tuas rem di tarik sedikit saja sudah menyentuh teromol rem.

Maka oleh karena itu biasanya dikarenakan kesalahan saat penyetelan gap rem tidak ada gak sekitar 2-3 cm jarak bebas rem dikarenakan biasanya ada orang yang lebih nyaman saat berkendara rem itu ditarik sedikit saja sudah mengerem maksimal.

Kesalahan Lainnya Kenapa Teromol Panas?

Karena mengganti kampas rem dengan yang bukan pasangannya hal yang wajar dalam dunia otomotif menggunakan kampas rem yang bukan tipenya atau punyanya yang original atau juga karena keterbatasan dana sehingga baru mampu membeli barang Kualitas KW.

Dan biasanya membeli kampas teromol yang bukan ori dan bukan pasangannya akan mempunyai nilan – dan + tersendiri.

Dan biasanya ukuran kampas rem teromolnya magel dikarenakan ada bagian dari kampas yang tidak rata atau tidak standar dan bagian it uterus bersentuhan dengan teromol roda belakang sehingga jika di setel akan tidak normal.

Baca Juga :  Cara Mengganti Mechanical Seal Honda CB150R

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Rem Tromol Motor Belakang Panas semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂