Pompa Oli RX King

Posted on

Pompa Oli RX King – Dalam hal ini legenda mesin 2 tak yang sampai saat ini seolah tidak lekang oleh zaman, masih banyak penggemarnya dan menjadikannya barang koleksi pribadi. Dan kabarnya ada 1 unit Yamaha RX King stok lama namun masih baru, terpajang di salah satu Dealer Resmi Yamaha, dan dijadikan sebagai pajangan.

Dan dihargai hampir menemhus 100 jt, ikon anak muda sertamerta juga menjadi symbol kejahatan roda dua, tiak ayal kadang dikaitkan sebagai motor jambret.

Dan kemari seorang teman berkunjung ke rumah membawa tunggangnya RX King tahun 2002, saya pribadi sangat menyukai motor legendaries 2 tak ini, tetapi rasanya tidak mungkin lagi untuk menambah kendaraan dirumah, mengingat dirumah sudah ada kendaraan lainnya.

Di samping itu motor ini memerlukan perawatan ekstra mengingat umurnya yang juga sudah tergolong tua. Tetapi jika diajak ngebut, jantung kalian yang mungkin tidak akan kuat.

Pribadi saya sendiri pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan, bahwa modifikasi sedikit saja, motor legendaries ini dapat berlari tembus sampai 200 km/jam lebih.

Pompa Oli Samping Yamaha RX King Rembes

Karena tergolong tuas, pastinya penyakit sudah mulai muncul, seperti motor RX King ini, oli sampai rembes dari rumah pompanya yang berada di sebalah kanan mesin. Yang mengeluhkan oli sampingnya bisa terbuang hampir satu seloki yang biasa dipakai untuk membeli bensin 2 tak campur/eceran pinggir jalan.

Tidak perlu panjang lebar, pembongkaran pun dilaksanakan, yang bersangkutan mengatakan sudah mengganti oil sealnya dan pompanya, akan tetapi masih saja mengalami kebocoran. Hasil buka cover pompa oli samping, terlihat memang ada genangan oli samping, langsung dibersihkan dan dilihat kira-kira dari mana asal rembesan.

Baca Juga :  √ Inilah Beberapa,, Penyebab Motor CB 100 Susah Hidup !!

Hasil pengelihatan awal memang tidak terlihat rembesan setelah dilap, kemudian dengan kondisi cover terbuka dicoba test riding sambil di geber sedikit. Begitu motor diparkirkan setelah test riding, terlihat oli keluar dari badan pompa yang menempel ke bak mesin (dikunci dengan 2 mur) dan selang terlihat basah terkena oli samping.

Cara Mengatasi Pompa Oli Samping RX King Bocor

Untuk hal ini mencoba memeriksa selang oli samping apa ada yang bocor, mulai dari selang masuk ke pompa dan selang kecil (selang keluar ke karburator), dan ternyata selang dari pompa menuju karburator sudah mengeras.

Ketika selang ditarik langsung ternyata putus ditengah (dari batas mounting selang) yang menempel di bak mesin, sehingga oli yang dipompa menuju karburator tidak naik semua, tetapi keluar dari retakan di bagian tengah selang.

Dan dugaan lainnya ialah karena selang tersebut tergencet sehingga menjadi sempit, oli yang dipompa tidak lancar dan tertahan akibatnya oli yang masih berada di dalam pompa menekan kesegala arang (sifat cairan) dan menyebabkan rembes juga di bagian dudukan pompa oli yang menempel ke bak mesin (diikat dengan 2 mur).

Pompa oli lalu dibuka dan diganti packing dan sealnya, lalu selang pengganti yang sudah dibeli pin segera dipasang. Setelah terpasang lalu tunggu beberapa menit untuk memastikan tidak ada yang rembes lagi (cover pompa oli samping belum dipasang).

Dan selanjutnya dicoba untuk dibawa berkeliling dan speeding, setelah itu didiamkan dan terlihat tidak ada lagi tetesan oli samping yang keluar dari pompa maupun diselangnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pompa Oli RX King semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂