Syarat Balik Nama Motor Terbaru

Posted on

Syarat Balik Nama Motor – Dalam hal ini semua hal yang berhubungan dengan birokasi, pasti ada syarat-syaratnya tidak terkecuali balik nama kendaraan bermotor. Yah untuk merubah nama pada STNK dan BPKB kita harus memenuhi semua syarat yang diberikan agar proses balik nama berjalan lancar.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai persyaratan balik nama motor yang akan sangat berguna bagi kalian yang baru saja membeli motor bekas. Untuk mengetahui apa saja syarat-syaratnya, silahkah simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Syarat Balik Nama STNK Motor

Pada saat membeli motor bekas kalian harus meminta bukti tanda terima atau kwitansi penjualan. Kwitansi tersebut harus ditandatangani kedua belah pihak di atas material Rp 6.000. Hal ini sangat penting karena salah satu syarat balik nama motor ialah menyertakan kwitansi penjualan.

Bagi yang sudah terlanjur membeli motor bekas, namun lupa tidak membuat kwitansi pembelian maka tidak perlu khawatir. Kalian dapat mengambil jalan pintas dengan membuat kwitansi palsu. Cara ini biasanya dilakukan oleh para calo untuk mempermudah pekerjaannya.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apakah perlu KTP pemilik motor sebelumnya saat balik nama? Jawabannya ialah tidak perlu, kalian hanya cukup menyerahkan bukti jual beli kendaraan bermotor lewat kwitansi penjualan yang ditandatangani diatas materai.

Masih ada beberapa syarat balik nama motor lainnya, adapun semua syaratnya silahkan simak berikut ini:

  • KTP asli dan fotocopy pemilik motor baru.
  • STNK motor yang asli dan fotocopy.
  • BPKB motor yang asli dan fotocopy.
  • Kwitansi pembelian sepeda motor yang ditandatangani diatas material Rp 6000.
  • Bagi yang ingin balik nama motor dari luar daerah harus cabut berkas terlebih dahulu.
  • Melakukan cek fisik motor di kantor SAMSAT.
  • Membayar biaya pajak balik nama motor.
Baca Juga :  √ Jadi Ini,, Mengenal Tarif Pajak Progresif Kendaraan ( Jangan Salah Hitung ),,, Yuk Simak

Semua syarat balik nama motor diatas harus dibawa saat datang ke SAMSAT, yah tempat pengurusan balik nama STNK motor berada dikantor SAMSAT, sedangkan untuk balik nama BPKB berada di kantor Polda.

Sebelum mengurusi balik nama BPKB kita harus terlebih dahulu menyelesaikan proses pengurusan penggantian nama STNK.

Syarat Balik Nama BPKB Motor

Apabila proses balik nama STNK di kantor SAMSAT telah selesai, maka selanjutnya kita tinggal mengurusi balik nama BPKB motor. Syarat yang dibutuhkan hampir sama dengan balik nama BPKB. Untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini.

  • Fotocopy STNK terbaru yang telah balik nama.
  • Fotocopy KTP pemilik motor yang baru.
  • Fotocopy BPKB dan yang asli.
  • Fotocopy pengesahan cek fisik motor.
  • Fotocopy kwitansi pembelian motor.

Semua syarat balik nama motor diatas harus kalian bawa saat datang ke Polda. Saat di Polda, kalian harus mendatangi bagian BPKB dan petugas akan memberikan petunjuk mengenai segala prosesnya. Dan apabila semua syarat diatas lengkap, kami yakin prosesnya akan berjalan lancar.

Setelah mengetahui semua syarat diatas maka kalian bisa menentukan apakah akan mengurusi balik nama sendiri atau menggunakan jasa calo. Bagi yang tidak punya banyak waktu, mungkin akan memilih jasa calo, namun biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dibandingkan mengurusnya sendiri.

Nah berbicara soal biaya, untuk biaya yang dikeluarkan bisa berbeda-beda, karena tergantung jenis dan tipe motor yang balik nama. Semakin mahal harga motornya maka biayanya semakin besar. Pasalnya kita harus membayar sejumlah pajak, termasuk pajak kendaraan bermotor yang dihitung sebesar 1,5% dari nilai jual kendaraan.

Demikianlah pembahasan mengenai Syarat Balik Nama Motor Terbaru semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂