Cara Mengatasi Karburator Motor Bermasalah

Posted on

Cara Mengatasi Karburator Motor Bermasalah – Ada sebagian beberapa pengguna sepeda motor yang sering menghadapi dalam persoalan walaupun sebelumnya kendaraan yang mereka tunggangi tidak ada masalah apa-apa.

Begitu pun dengan bahan bakar tak pernah terlambat untuk mengisinya. Dari beberapa keluhan yang sering terlontar ialah saat putaran mesin ( Rpm ) tidak stabil.

Alahasil saat motor dipanaskan atau dalam posisi diam dan pengendara tidak menarik tuas gas tiba-tiba suara mesin keras atau menggaung. Selang berapa lama kembali melamah, begitu seterusnya.

Bahkan kadang kala saat motor sedang jalan mengalami seperti mbrebet atau tersendat-sendat. Kalau motor dijalankan tarikan menjadi lambat seolah tidak bertenaga. Bisa jadi semua permasalahan ini dari komponen karburator yang bermasalah.

Inilah beberapa yang dapat menyababkannya seperti pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna, proses pencampuran udara yang terlambat dan lain-lain.

Itu kalau melihat pada busi dan bahan bakar tidak ada masalah. Lalu apa saja yang dapat menyebabkannya ??? Dan bagaimana cara mengatasinya ???

Cara Mengatasinya Karburator Motor Bermasalah

Nah berikut inilah tips mengetahui permasalah dari karburator simak dibawah ini :

Mesin Tersendat Saat Stasioner

Hal ini bisa saja terjadi karena campuran bahan bakar yang ada diventure ( lubang karburator ) dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang, akhirnya proses pembakaran juga tidak akan sempurna. Jika pembakaran tersebut tidak sempurna maka hal tersebut saat hentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakan motor juga akan melamah, ujungnya mesin mengalami seperti tersendat-sendat atau mbrebet.

Baca Juga :  Efek Motor Terlalu Boros
Cara mengatasi
  • Putar setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup, hal ini bertujuan untuk memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
  • Pindah posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar.
  • Ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang diameter lebih kecil.

Tarikan Lemah

Kondisi yang demikian seperti masalah pada masalah yang pertama yaitu campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna seperti ukuran ideal yang ditetapkan oleh ahli pabrikan.

Cara mengatasi

cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar. Itu terjadi karena asupan bahan bakar tersebut tidak sesuai dengan standarnya istilahnya kering.

Motor Terlalu Banyak Menghasilkan Asap Hitam

Pada umumnya mekanik dibengkel menyebut masalah ini dengan istilah karburator terlalu basah, yang artinya asupan pada bahan bakar yang ke lubang venturi terlalu berbanyak dari takaran semestinya sebaliknya udara yang masuk terlalu sadikit.

Cara mengatasi
  • Putar sekrup setelan udara keluar atau ke arah melepas, hal ini bertujuan untuk memperbanyak udara di venturi.
  • Ganti pilot jet ke nomor yang lebih kecil.
  • Ganti jarum skep ( throttle ) dengan jarum yang berukuran lebih besar.

Mesin Mengambang Atau Putaran Mesin ( RPM ) lemah

Hal ini bisa terjadi saat pengendara motor tersebut saat menarik tuas gas hingga seperempat dari ukuran yang semestinya putaran mesin ternyata mengalami ogah-ogahan untuk beranjak naiknya. Sehingga motor seperti sulit untuk dijalankan. Kondisi ini bisa saja terjadi karena pada bahan bakar yang masuk ke lubang venture karburator tidak sesuai dari takaran yang telah dirancang oleh para ahli dipabrikan sebaliknya asupan udara yang lebih banyak, istilahnya karburator terlalu kering.

Cara mengatasi
  • Gunakan jarum skep ( throttle ) yang berukuran lebih kecil, hal itu dimaksudkan agar campuran udara dan bahan bakar lebih banyak.
  • Putar skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencanginya sehingga udara yang masuk ke venture akan ditekan kuat ke arah ruang bakar, campuran udara dan bahan bakar yang telah seimbang dan didorong dengan kuat akan menjadikan proses pembakaran lebih sempurna.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Masalah Mesin Motor Putaran Tinggi Tidak Sempurna

Kecepatan Motor Sulit Bertambah Dan Tenaga Mesin Datar

Jika menemui kondisi seperti itum berarti campuran udara dan bahan bakar dikarburator terlalu banyak atau melebihi takaran yang semestinya biasanya para mekanik menyebutnya banjir.

Cara mengatasi
  • Lepas karburator kemudian setel jarum pencampuran udara dan bahan bakar, agar pencampuran udara dan bahan bakar dapat sempurna gunakanlah main jet berukuran kecil.
  • Lepas busi dan bersihkan bagian kepalanya.
  • Setel jarak antara pemantik busi dengan sumbu agar proses pengapian sempurna.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Karburator Motor Bermasalah semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂