Perbedaan Blok RX King Y1 Dan Y4

Posted on

Perbedaan Blok RX King Y1 Dan Y4 – Dalam hal ini blok mesin Yamaha RX King menjadi buruan banyak orang, lantaran punya kualitas yang baik. Setiap blok berbeda-beda, contohnya perbedaan blok RX King Y1 dan Y4. Kedua blok tersebut meski punya fungsi yang sama, tapi ternyata ada yang membedakan.

Sedikit mengulas lebih dalam mengenai blok mesin Yamaha RX King, terdiri dari dua seri yakni seri Y (29N) dan YP (3 KA), untuk seri Y dikenal cukup legendaries di Indonesia, karena masih impor Jepang dan diklaim memiliki material lebih baik, harganya blok mesin seri Y pun sangatlah mahal.

Dan sementara untuk blok mesin seri YP sudah diproduksi secara lokal, alias lansiran pabrik Yamaha Pulo Gadung, Benderol blok mesin seri YP pun cenderung jauh lebuh murah.

Blok seri Y juga punya beberapa tipe yakni Y1, Y2, Y3 dan Y4. Perbedaannya tidak jauh yakni soal tahun produksi, tapi yang pasti blok seri Y biasanya digunakan oleh RX King tahun lama alias generasi awal.

Nah bicara kualitas blok Y1 29N jadi yang terbaik, keunggulannya punya logam yang padat dan masih berstatus impor dari Jepang, harganya pun bisa mencapai belasan juta rupiah.

Pada blok mesin seri Y1 biasanya digunakan pada Yamaha RX King Cobra yang cukup legendaries di Indonesi, seri Y1 juga dikenal sebagai salah satu yang terbaik yang pernah diprodiksi oleh Yamaha.

Mengenal Perbedaan Blok RX King Y1 Dan Y4

Mengacu dari sejumlah sumber, perbedaan blok RX King Y1 dan Y4 terletak pada tahun produksi Yamaha RX King. Blok Y1 umumnya dibuat pada tahun 1991 ke atas dan sementara blok Y4 usianya lebih muda dibanding Y1.

Baca Juga :  √ Penyebab Masalah Pengapian Pada Motor "Tidak Ada Bunga Api Atau Terlalu Cepat"

Pembeda lain yang mudah ditemukan antara kedua blok mesin itu ketika kalian sentuh. Dan biasanya blok emsin RX King Y1 lebih halus dibandingkan dengan Y4. Secara visual, blok RX King Y1 juga tamilannya terlihat mulus, beda dengan blok mesin Y4 punya tekstur.

Para pengguna RX King pun mengklaim, pada blok mesin RX King Y1 dibangun bahan logam baja terbaik. Bedanya blok mesin ini tidak cepat membuat mesin panas sekaligus sangat awet.

Nah bagi kalian yang ingin mencari blok mesin RX King seri Y yang masih orisinil, sebaiknya perhatikan dibagian sebelah kiri yang biasanya tertera 29N dan di sebelah kiri bawah tertera Y1 hingga Y4.

Pastikan linier paling bawah tertera ketokan 29N, karena jika sudah tidak tersedia. Bisa dipastikan blok mesin sudah boringan atau pernah ganti linear atau overbosch.

Terpenting untuk memalsukan 29N di linier tersebut snagat tidak mungkin, agar lebih jelas kalian bisa pastikan pada bagian lubang intake dan exhaust (pembuangan).

Perhatikan pada bagian linear sejajar atau tidak dengan blok apakah ada yang terlewat atau nongol. Hal ini dapat memastikan kondisi blok mesin RX King yang kalian beli dalam kondisi yang bagus.

Sejalan dengan itu, blok mesin RX King seri YP juga dihiasi dengan kode 3 KA dan pada sebelah kiri tertuliskan YP1-YP2 dan didalam linearnya tertera 3 KA.

Ketika kalian mendapati ukiran kode tersebut hilang maka dipastikan blok mesin tersebut sudah boringan, jadi sebaiknya tidak membeli blok mesin tersebut.

Dan apabila kalian menemukan blok yang disebelah kiri bawah terdapat tulisan 29N. Namun di sebelah kanan tidak tersedia guratan kode Y1 hingga Y4, bisa dipastikan blok mesin tersebut milik RX K yang dilansir tahuan 1980 hingga 1982.

Baca Juga :  Masalah Motor Matic Dan Mengatasinya

Kelebihan Blok Mesin RX King Y1

Sedikit sekali bukan perbedaan blok RX King Y1 dan Y4? Selanjutnya kita akan membahas seputar kelebihan blok mesin RX King Y1. Khusus untuk mesin seri Y1 diproduksi memakai bahan logam bajak terbaik, berbeda dengan seri-seri lainnya.

Dalam hal ini Blok mesin merupakan jantungnya RX King bisa melaju kencang, dan bahkan apabila mesin RX King di oprek mampu menembus kecepatan hingga 170 kpi. Blok mesin seri Y1 sangat sulit ditemukan, baik yang bekas terlebih yang masih baru dan orisinil.

Kalaupun ada seri Y1 yang masih baru dan orisinil, harganya pun tak main-main bisa mencapai Rp 20 juta untuk blok mesin saja. Blok mesin Y1 sangat langka, sedangkan untuk bloknya saja (non kit) seri Y1 bekas dijual dengan kisaran harga Rp 4,5 hingga 6,5 juta.

Ketersediaan blok mesin ini sangatlah sulit dijumpai di situs-situs jual beli online. Untuk sekedar informasi, Yamaha RX King sendiri untuk King Cobra sempat mengeluarkan seri blok mesin Y2 sampai Y4 pasca tahun 1991, seri-seri itu juga sama langkanya alias susah dicari.

Gimana sekarang sudah tahukan perbedaan blok RX King Y1 dan Y4 dan juga keunggulan blok mesin Yamaha RX King?

Demikianlah pembahasan mengenai Perbedaan Blok RX King Y1 Dan Y4 semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂