Cara Perawatan Ban Tube Type

Posted on

Cara Perawatan Ban Tube Type – Nah dari setiap jenis sepeda motor di seluruh dunia pastinya memerlukan perawatan yang benar. Dan apalagi yang kalian miliki ialah motor kesayangan kalian. Dan apalagi motor yang kalian miliki merupakan motor kesayangan kalian, dengan begitu kalian harus melakukan perawatan bagi motor kesayangan kalian.

Dan mungkin hal yang seperti ini sangat sulit untuk dilakukan oleh kita semua, namun mau tidak mau kita harus melakukan perawatan pada motor meskipun kondisi yang sangat sulit dilakukan.

Dan bagi kalian yang sulit melakukannya, kalian bisa mencari tahu bagaimana cara sederhana merawat motor dengan demikian ini tidak akan membuat kesulitan bagi kalian.

Mungkin cara ini dapat saja membuat motor kalian menjadi lebih panjang umur atau tahan lama ketika kalian sudah mengetahui dan melakukan cara tersebut. Dengan demikian kalian sudah melakukan cara perawatan motor dengan baik dan benar.

Sesuai judul yang ada diatas kalau kesempatan kalian ini kami akan membahas perawatan ban tube type motor yang harus di perhatikan oleh kalian dan harus dilakukan dengan mengikuti perawatannya yang benar dan baik.

Cara merawat motor matic sama persis dengan perawatan pada ban tube type motor, dimana perawatan yang sangat mudah dilakukan oleh semua pengguna motor.

Ketika kalian mengikuti cara perawatannya tentu saja ini akan membuat motor matic kalian lebih terlihat awet, dan begitu juga dengan perawatan pada ban motor tube type.

Pada umumnya ada dua jenis utama ban motor, seperti tube type dan juga tubeless, namun kesempatan kali ini kita tidak akan membahas ban motor yang berjenis tubeless.

Dari dua jenis ban tersebut kita akan membahas ban motor yang berjenis tube type. Ban motor tube type merupakan salah satu jenis ban motor dengan menggunakan pelapisan pada ban dalam.

Baca Juga :  Cara Memasang Gir Pompa Oli Dan Rantai Keteng Supra Tanpa Harus Turun Mesin

Dan biasanya jenis ban yang seperti ini biasanya digunakan di salah satu jenis velg pada motor yang bernama velg besi atau dikenal dengan sebutan velg jari-jari.

Jenis velg motor yang bernama velg jari-jari ini memiliki kelemahan misalnya ban motor sering bocor. Maka dari itu kalian harus melakukan perawatan secara khusus bagi kalian yang sedang menggunakan velg jari-jari dengan ban motor berjenis tube type.

Ada beberapa penyebab ban motor kalian sering bocor, mungkin masalah yang ada diatas menjadi salah satu penyebab dari ban yang bocor ketika velg jari-jari itu bermasalah.

Nah berbicara perawatan motor, kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai perawatan ban motor tube type yang wajib dan harus diketahui oleh semua orang.

Dan apalagi kalian tidak melakukan perawatan pada ban motor yang berjenis tube type maka ini akan membuat kalian merasa tidak nyaman lagi ketika mengendarai sepeda motor.

Cara Perawatan Ban Tube Type

Nah maka oleh sebab itulah kami sudah menyusun perawatan-perawatan pada ban motor tube type yang harus diketahui oleh kalian, berikut ulasannya.

Periksa Tekanan Angin

Mungkin ini sudah menjadi faktor utama dari anda yang selalu menyepelekan kalau kalian tidak selalu memperhatikan atau memeriksa tekanan angin pada ban motor yang berjenis tube type ini.

Ketika tekanan angin yang sudah berlebihan atau tinggi maka ini akan mempengaruhi pada ban motor kalian. Mungkin tekanan angin yang berlebihan atau tinggi sudah termasuk pada salah satu penyebab ban motor benjol samping.

Begitu juga dengan sebaliknya ketika tekanan angin ban yang sudah berkurang, maka ini akan mengakibatkan ban motor anda menjadi retak pada bagian dinding samping ban.

Baca Juga :  Penyebab Ban Motor Pecah Dan Solusinya

Tekanan angin terlalu tinggi akan membuat masalah bagi ban motor kita, jadi kalian harus melakukan cara pengisian angin pada ban dengan baik dan benar atau pas dengan takaran ban motor kalian.

Intinya tekanan angin ban motor tidak bisa kurang atau berlebihan sehingga kita tidak akan mengalami kerusakan pada ban motor kita.

Perhatikan Suatu Berat Beban Pada Kendaraan

Untuk poin yang kedua ini kalian harus perhatikan dimana kalian tidak boleh membawa muatan yang sudah berlebihan atau biasanya kalian selalu membawa barang-barang yang banyak.

Jadi mulai sekarang kalian haus kurangi hal kebiasaan yang seperti ini sehingga ban motor kalian tidak akan rusak. Karena beratnya beban yang akan diterima oleh motor maka ini akan mengakibatkan tekanan angin pada ban motor semakin kuat dan dapat menimbulkan suatu gesekan diantara ban luar serta ban dalam.

Nah ketika ini terjadi maka ini akan menyebabkan kebocoran ban yang secara halus. Walaupun kebocoran tersebut secara perlahan-lahan, tetap saja lama-kelamaan ini akan membuat ban motor menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali.

Maka dari itu kita harus merawat ban motor dengan cara kalian harus memperhatikan berat yang akan ditanggung oleh motor kalian.

Perhatikan Kondisi Pada Pentil Ban

Pentil ban merupakan komponen yang paling penting pada ban motor. Ini dikarenakan pentil menjadi salah satu lubang untuk memasukan angin dan mengeluarkan angin.

Biasanya sering terjadi pada saat pemasangan ban yang tidak sesuai atau tidak benar akan membuat pentil ban motor kalian menjadi miring. Dengan begitu ini akan menyebabkan suatu kerusakan pada pentil motor atau bisa saja ini menjadi salah satu penyebab dari kebocoran pada ban motor.

Baca Juga :  Rangkaian Relay Klakson Motor

Hal yang seperti ini akan menjadi hal yang harus diperhatikan oleh kita semua. Ketika pentil tersebut sudah berkarat atau mungkin sudah rusak, dengan begitu kalian dapat menggantikan pentilnya yang baru.

Sehingga ini tidak akan menjadi bahaya bagi keselamatan kita. Dengan melakukan poin yang terakhir ini, berarti kalian sudah melakukan perawatan ban tube type secara baik dan benar.

Nah dengan demikianlah pembahasan kita kali ini, tentu saja kami berharap kalian bisa mendapatkan manfaatnya bagi kalian yang sudah membacanya dengan baik dan benar hingga teliti.

Perlu diingatkan kalau perawatan ban motor itu sangat perlu bagi kita sebagai pengendara motor. Ini dikarenakan perawatan ban motor tube type bisa menjadi tidak nyaman pada saat anda sedang dalam perjalanan.

Maka dari itu kami sarankan kalian harus melakukan perawatan ban motor tube type bagi kalian yang menggunakan ban yang berjenis tube type. Mungkin kalian bisa melakukan cara menjaga ban motor agar awet untuk dilakukan oleh kita semua. Cara menjaga dan merawat ban motor itu sangat penting bagi anda yang menyayangi motor kalian.

Mengapa perawatan ban motor itu sangat penting? Kalian bisa mengambil sebuah contoh pada saat di ajang pembalapan sepeda motor seperti MotoGP.

Dimana setiap pembalap harus menggantikan ban motor terlebih dahulu sehingga tak akan terjadi suatu kecelakaan pada saat perlombaan itu dimulai. Oleh sebab itu kami mengingatkan bagi kalian agar selalu melakukan perawatan secara khusus pada ban motor apalagi ban motor yang berjenis tube type.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Perawatan Ban Tube Type semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂