√ Jadi Ini ?? 4 Penyebab Starter Motor Lemah Dan Cara Memperbaikinya,, Yuk Simak

Posted on

Penyebab Starter Motor Lemah – Dan salah satu fitur kenyamanan yang sangat sering sekali untuk dilupakan bagi para pengendara motor ialah electric starter. Dengan sekali pencet tombol, maka mesin motor pun sudah bisa menyala dan siap dikendarai. Kalian mungkin baru merasakan betapa pentingnya electric starter ketika fitur itu sudah rusak atau bermasalah.

Dan hampir semua motor yang telah dirilis memang dibekali dengan dua macam starter. Electric starter yang berupa tombol dan kick starter yang berupa engkol manual untuk menyalakan mesin.

Jadi Ini ?? 4 Penyebab Starter Motor Lemah Dan Cara Memperbaikinya,, Yuk Simak

Dan bahkan dalam beberapa tahun terakhir ada tren yang menunjukkan produsen motor mulai meninggalkan fitur kick starter. Yang artinya satu-satunya cara untuk menyalakan motor ialah dengan electric starter.

Dalam keadaan normal, semua orang pasti lebih memilih menggunakan electric starter. Dan selain lebih praktis dan nyaman, electric starter juga posisinya lebih mudah dijangkau. Dan pengoperasiannya tidak butuh banyak tenaga dan hasilnya pun instan.

Dan kenyamanan ini membuat pengendara seolah lupa dengan keberadaan kick starter sehingga ketika mereka harus menggunakan starter engkol ini terasa sangat keras. Tapi electric starter juga bisa mengalami masalah sampai tidak bisa dipakai lagi. Ada beberapa penyebab starter motor lemah dan tidak sanggup menyalakan mesin motor. Berikut beberapa diantaranya yaitu:

Switch Yang Mengalami Kerusakan

Switch starter ialah bagian tombol, termasuk di dalamnya saklar elektro magnetik yang berada di bagian dalam. Fungsi switch ialah untuk menyambung dan memutus arus listrik, dalam kondisi normal “tidak dipencet” switch memutus aliran listrik dari aki kedinamo starter.

Baca Juga :  Elektrik Starter Motor Honda Beat Ngadat ( Tidak Berfungsi ) !! Inilah Penyebab & Cara Memperbaikinya

Dan seperti halnya semua saklar, ada kemungkinan switch tersebut mengalami kerusakan komponen. Dan sebelum membongkar bagian lain untuk mencari kerusakan yang terjadi, ada baiknya kalian periksa dulu apakah switchnya emang masih berfungsi dengan baik. Bisa saja kabel konektor switch sudah lepas atau putus.

Dan lantaran saklar starter sebenarnya tidak bekerja secara berat, seharusnya sistem mekanisnya juga akan awet. Bandingkan saja dengan skema saklar lampu sein yang lebih sering digunakan, kadang dengan cukup kasar. Dengan pemakaian normal, saklar starter harusnya bisa bertahan bertahun-tahun.

Bendik Mengalami Kerusakan

Bendik memiliki tugas untuk memicu aliran listrik dari aki menuju dinamo starter. Tentu saja bendik hanya bekerja ketika tombol starter dipencet oleh pengendara. Lokasi bendik sendiri biasanya ada di dekat mesin, dan posisi ini cukup strategis karena berada di dekat aki dan dinamo starter.

Arus listrik yang diperlukan untuk menyalakan motor cukup besar. Hal itu bisa dilihat dari kedipan yang terjadi di berbagai lampu indikator motor ketika kalian memencet tombil starter. Karena perannya yang vital, maka jika bendik rusak, fungsi electric starter pun akan terganggu. Kalau switch sudah ditekan dan bendik tidak bereaksi sama sekali maka masalahnya mungkin memang pada komponen ini.

Kebanyakan masalah pada bendik ialah dua kutubnya yang kotor, yang sehingga arus listrik terhalang. Dan solusinya ialah dengan membongkar bendik itu dan membersihkannya secara hati-hati menggunakan amplas. Harga bendik baru juga tidak terlalu mahal.

Pada Dinamo Starter

Komponen ini sebenarnya sudah didesain untuk sangat aman, dan biasanya ditempatkan menempel bersama mesin, dinamo berfungsi sebagai penggerak awal mesin sehingga bisa menyala.

Karena posisinya yang sangat aman dinamo starter jarang sekali mengalami masalah, dan permasalahannya pun beragam seperti kumparannya terputus atau terbakar. Jika switch dan bendik sudah berfungsi dengan normal tapi dinamo tidak bereaksi ketika switch ditekan, maka kalian wajib memeriksakannya.

Baca Juga :  Motor Injeksi Susah Dihidupkan

Dan tapi masalah pada dinamo starter sangat jarang ditemui karena dinamo ini memiliki durabilitas yang sangat tinggi. Jika pun ada masalah biasanya ada di sektor brush atau terjadi korsleting di bagian kumparannya sehingga menjadi putus.

Dalam penggantian dinamo starter sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Untuk harga dinamo ini memang relatif murah tapi pemasangannya bisa sangat rumit bagi belum terlatih. Karenanya jika dinamo kalian mengalami kerusakan.

Aki Yang Sudah Soak

Setelah diperiksa ternyata seluruh komponen berada dalam kondisi bagus,  maka tempat terakhir yang menjadi penyebab starter motor lemah ialah aki “accu”, periksa kembali jika aki sudah soak. Kalian bisa memakai aki lain yang masih berfungsi normal untuk pemancing.

Jika aki memang sudah soak, cara paling mudah ialah dengan menggantinya dengan aki yang baru. Itu berlaku untuk aki kering. Untuk aki basah kalian bisa mengisi cairannya lagi dan menyetrumnya kembali.

Dan untuk memeriksa apakah aki masih berfungsi sebenarnya sangat mudah. Coba saja nyalakan perangkat elektronik motor yang lain. Jika semua perangkat elektronik masih normal sementara starter rusak, berarti kerusakannya memang di bagian electric starter saja. Tapi jika semua perangkat elektronik tidak bisa menyala artinya memang sudah soak.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini ?? 4 Penyebab Starter Motor Lemah Dan Cara Memperbaikinya,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂