Penyebab Stang Motor Bergetar

Posted on

Penyebab Stang Motor Bergetar – Dalam hal ini kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, kondisi jalanan juga cenderung menjadi tidak menentu. Kondisi jalan yang berganti dari kering kerontang menjadi basah dan licin karena hujan bisa terjadi kapan saja.

Tentu dengan keadaan seperti ini kondisi motor yang prima sangat diperlukan untuk melalui medan yang ada. Dan dari sekian masalah pada kendaraan, dalam hal ini kendaraan roda dua, salah satunya ialah stang yang bergetar.

Yang tentunya bisa menyebabkan motor tidak stabil dan tentu jika ini terjadi terlebih jika motor dalam kecepatan tinggi, akan memicu kecelakaan yang vatal. Oleh sebab itu ketahui apa penyebab stang motor bergetar dan cara memperbaikinya seperti ulasan berikut ini.

Penyebab Stang Motor Bergetar Dan Cara Memperbaikinya

Adapun penyebab stang motor bergetar dan cara memperbaikinya diantaranya yaitu:

Kondisi Ban Yang Buruk

Kondisi ban yang buruk ternyata juga bisa berpengaruh pada kinerja stang yang menjadikannya bergetar saat digunakan. Kondisi ban yang tidak rata seperti terdapat benjolan ataupun bekas tambalan ternyata membuat laju kendaraan tidak stabil dan menimbulkan stang bergetar.

Cara mengatasi masalah kondisi ban ini relatif mudah, yang paling sederhana selalu perhatikan kondisi tekanan udara ban. Usahakan tekanan udara motor kalian sesuai dengan yang dianjurkan.

Tidak kurang dan tidak lebih, kemudian jika kalian menemukan ada yang tidak beres pada ban kalian seperti ada banjolan, segeralah ganti ban kalian dengan yang baru karena selain membuat stang bergetar ban yang tidak rata tentu dapat membahayakan keselamatan berkendara kalian.

Baca Juga :  [Tips Jitu] Cara Mudah Mencegah Kerusakan Flasher Ninja 150 Pada Saat Kondisi Hujan

Kondisi Velg Yang Tidak Baik

Tidak hanya kondisi ban saja, ternyata kondisi velg yang sudah tidak baik juga bisa menyebabkan stang bergetar. Kondisi yang tidak sempurna misalnya adalah velg yang sudah retak ataupun bengkok.

Untuk mengetahui apakah velg kalian dalam kondisi baik atau tidak caranya cukup mudah. Pertama-tama standarkan motor kalian memakai standar tengah. Kemudian mulai putar rodanya.

Apabila terdapat bagian yang goyang, itu menandakan velg motor kalia bengkok dan perlu diganti secepatnya.

Kondisi Shockbreaker

Shockbreaker ialah salah satu komponen penting dalam sepeda motor. Shockbreaker memiliki fungsi yang vital yaitu sebagai penyerap kejutan yang didapat motor dari jalanan yang bergelombang ataupun tidak rata.

Tak hanya itu shockbreaker juga berperan dalam meningkatkan daya cengkram roda kepada jalanan. Jika shockbreaker kendaraan kalian rusak, maka pada umumnya akan berakibat pada stang yang bergetar dan tidak stabil.

Rusaknya shockbreaker ini pada umumnya disebabkan karena kendaraan terjatuh yang menyebabkan posisi shockbreaker tidak lurus.

Bearing Roda Yang Sudah Tidak Bagus

Bearing roda ialah komponen sepeda motor yang berada di tengah roda dan berhubungan dengan roda secara langsung. Kondisi bearing roda yang sudah tidak bagus bisanya akan menyebabkan stang bergetar dan tidak stabil.

Ciri-ciri bearing roda yang bermasalah ialah dengan ditemukannya bantalan peluru yang sudah pecah atau retak. Untuk memastikannya cukup mudah, goyangkan roda sepeda motor kalian ke kiri dan ke kanan.

Apabila terasa ada goyangan itu tandanya kondisi bearing roda kalian sudah tidak baik dan harus secepatnya diganti.

Kondisi Komstir

Komstir ialah komponen sepeda motor yang berada di antara sumbu segitiga garpu motor dan juga rangka motor. Peran komstir sendiri cukup vital karena memegang peran dalam pengendalian motor.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Komstir Motor

Seiring berjalannya waktu pada motor lama kondisi komstir pada umumnya akan mengalami penurunan. Hal ini akan mengakibatkan motor menjadi terasa oblak, sulit digerakan dan stang bergetar menjadi tidak stabil. Untuk mengatasinya kalian bisa mengganti komstir motor kalian tersebut.

Posisi Segitiga Dudukan Stang

Posisi garpu kiri dan garpu kanan segitiga dudukan stang yang tidak seimbang umumnya akan membuat motor kalian menjadi bergetar dan tidak stabil.

Untuk mengetahuinya kalian cukup meluruskannya di tempat yang rata atau datar dan kemudian mengukurnya dengan fuller.

Jika kemudian kalian menemukan ketidak sejajaran sebaiknya segera bawa kendaraan kalian ke tukang press terdekat untuk diperbaiki.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Stang Motor Bergetar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂