Penyebab Ban Tubeless Mendadak Kempes Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab Ban Tubeless Mendadak Kempes – Untuk hal demikian ini orang bilang ban tubeless itu ban yang awet dan tidak bisa pecah, memang hal itu benar sekali tapi ban tubeless juga bisa mengalami kebocoran sehingga jangan heran kalau disuatu hari kalian menemui ban mobil atau motor kalian kempes sendiri.

Hal ini karena struktur ban tubeless pada umumnya sama seperti ban biasa tapi pada ban tubeless tidak ada ban dalam, sehingga angin langsung tertampung pada ban luar. Tentu saja ban luar ini didesain khusus agar lebih repat sehingga kebocoran harusnya tidak terjadi.

Penyebab Ban Tubeless Mendadak Kempes Dan Cara Mengatasinya

Tapi beda ceritanya apabila ada benda tajam seperti kawat, paku atau lidi berukuran panjang yang menancap ban. Hal itu bisa menyebabkan angin didalam ban keluar sehingga ban kempes, tapi tidak hanya tertancap benda tajam, ada beberapa hal yang bisa juga menyebabkan ban tubeless bocor.

Penyebab Ban Tubeless Kempes

Adapun penyebab ban tubeless kempes yang diantaranya yaitu:

Tertancap Paku Di Bagian Telapak Ban/Sisi Ban

Yang paling sering ialah ban tertancap paku, tapi ban tubeless itu beda dengan ban biasa kalau ban biasa saat tertancap paku seketika itu juga angin langsung habis tapi ban tubless akan kempes  secara perlahan. Sehingga kalian tidak tahu dimana lokasi paku itu tertancap dan tahu-tahu ban lebih kempes dari biasanya.

Baca Juga :  Cara Menetralkan Motor Kopling

Untuk ban yang tertancap paku atau kawat ada dua cara yang bisa digunakan untuk menambalnya yaitu:

  • Menggunakan lem power glue, caranya dengan memasukan lem pada permukaan ban yang berlubang “dalam keadaan kempes” kalian cukup masukan lem ke lubang pada ban dengan bantuan lidi atau jarum.
  • Memasukan serat penambal ban tubeless cara ini paling banyak diaplikasikan pada oleh tukang tambal ban tubeless, caranya lubang pada ban akan diperbesar terlebih dahulu baru dimasukan serat penambal ban tubeless.

Cara kedua memang dinilai lebih kuat karena serat ini kalau terkena panas akan menyatu dengan ban, sehingga semakin ban digunakan, tambalan akan semakin kencang.

Sambungan Velg Dengan Ban Ada Yang Bocor

Selain dibagian permukaan atau sisi ban, kadang ban tubeless juga bisa bocor dari bagian tepi atau sambungan velg. Hal ini karena saat pemasangan ban tubeless ada lem “sealer” yang harus diberikan pada pinggir velg untuk merapatkan sisi ban.

Apabila pemberian lem ini kurang rata atau karena faktor velg yang sedikit bengkok, akan membuat salah satu permukaan sambungan ban dengan velg timbul celah. Dari celah inilah angin ban bisa keluar. Untuk cara ini kalian perlu melepas ban dari velg, kemudian membersihkan sisa lem baik pada ban ataupun velg baru kalian pasang lagi ban ke velg dengan sealer.

Niple Ban Bocor

Niple ban atau spentil ban kadang tidak terlalu diperhatikan, kalau ban bocor kita lebih fokus ke bagian permukaan ban. Tapi kalau niple ini kendor misalnya tentu bisa menyebabkan angin ban berangsur bocor sehingga ban selalu kempes. Untuk masalah ini cukup mudah cek apakah niple kendor atau tidak, kalau kendor kencangkan menggunakan alat pengencang niple ban.

Baca Juga :  Cara Pasang Kampas Kopling Supra X 125 Injeksi

Ban Sudah Tua, Sehingga Rentan Bocor

Umur ban memang tidak bisa diprediksi ada ban yang masih terlihat bagus meski sudah dipakai hampir 5 tahun. Tapi meski permukaan ban masih terlihat baru bukan berarti kualitas ban tersebut masih baik. Karena kalau kualitas ban sudah turun akibat faktor usia maka ban akan sangat rentan rentak khususnya apabila kalian melewati jalan berlubang dan jalan berbatu, dari retak inilah nantinya kebocoran kecil/bocor halus akan timbul.

Kalau kalian cek menggunakan air sabun kalian akan menemui banyak kebocoran kecil pada permukaan ban tubeless. Untuk solusi yang paling aman itu penggantian ban, tapi karena mengganti ban tubeless itu perlu biaya yang tidak kecil beberapa orang mangakalinya dengan menambahkan ban dalam pada ban tubeless yang bocor tersebut.

Secara teori memang hal ini bisa dilakukan tapi tidak direkomendasikan karena pada kecepatan tinggi akan ada gesekan antara permukaan dalam ban tubeless dengan permukaan ban dalam dan itu sangat beresiko menyebabkan ban meledak. Tapi kalau penggunaan kendaraan santai dan tidak ngebut kalian bisa menggunakan cara diatas sambil menunggu permukaan ban tubeless aus.

Tips Dan Trik Merawat Ban Tubeless Agar Awet

Supaya ban awet tahan lama dan tidak mudah bocor ada beberapa tips yang kalian bisa terapkan yaitu:

Perhatikan Index Load Dan Speed Yang Ada Pada Ban

Kalau kalian melihat bagian sisi ban akan ada label ban beserta kode spesifikasinya biasanya ada bebam maksimum dan kecepatan maksimum yang tertera, pastikan kalian tidak sering melebihi batas itu.

Pastikan Arah Rotasi Ban Benar

Kalau kalian mengganti ban pada tenaga yang ahli mungkin ini tidak perlu diragukan, tapi kalau kalian membeli ban sendiri dan memasangnya sendiri maka pastikan arah rotasi ban benar, untuk melihat arah rotasinya ada dibagian sisi ban.

Baca Juga :  Cara Memasang Piston Ke Blok Sepeda Motor

Tidak Mengisi Angin Lebih Dari Batas Tekanan Maksimum

Umumnya ban diisi angin dengan tekanan 30-33 PSI, tapi patokan kalian ada pada label pada sisi ban. Cari tekanan maksimum yang mampu ditahan ban dan jangan mengisi angin melebihi batas tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Ban Tubeless Mendadak Kempes Dan Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂