7 Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor

Posted on

Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor – Dalam hal ini ada cukup banyak jenis kendaraan yang dapat kita miliki untuk saat ini. Satu diantara begitu banyaknya jenis kendaraan, sepeda motor mungkin menjadi sarana transportasi paling banyak untuk digunakan.

Dan bukan hanya karena harga motor lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil atau kendaraan lain. Namun motor juga member kenyamanan tersendiri bagi setiap orang, di lain sisi juga dikarenakan transportasi ini cukup mudah untuk digunakan.

Dan bahkan sampai dengan saat ini banyak sekali jenis-jenis motor, mulai dari motor bebek, motor sport, motor custom sampai motor matic yang belakangan ini begitu digandrungi begitu banyak orang, meski tergolong mudah digunakan dan cukup bisa member kenyamanan.

Akan tetapi performa motor juga harus selalu dirawat, terutama pada bagian sistem pengapian sepeda motor, kenapa penting? Sebab jika sistem pengapian bermasalah tidak menutup kemungkinan motor akan mogok dan sulit di hidupkan.

Dan terlebih lagi ketika pengapian lemah dan percikan bunga api keluar dari busi kecil. Timbulnya masalah pengapian kecil serta lemah pada motor, terjadi bukan tanpa sebab. Melainkan ada beberapa faktor penyebab pengapian kecil pada motor, apa saja itu berikut di pemaparan selangkapnya.

Ciri Pengapian Motor Kecil Dan Lemah

Sering mengalami mesin motor mati saat digunakan atau kesulitan saat menyalakan mesin motor? Itu mungkin bisa menjadi ciri-ciri pengapian pada motor terlalu kecil.

Baca Juga :  √ [100% Simpel] Cara Mengganti, Spul Motor Supra "Yang Rusak"

Selain itu ada beberapa ciri-ciri pengapian motor kecil, berikut beberapa diantaranya yaitu:

  • Motor seakan hilang tenaga saat digunakan
  • Suara motor brebet ketika dipakai atau bahkan ketika di gas.
  • Motor mudah mati dan mogok di tengah perjalanan.
  • Mesin motor sulit dihidupkan terutama saat mesin masih cukup dingin.
  • Penggunaan bahan bakar terlalu boros.

Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor

Dari ciri-ciri diatas, pernahkan kalian mengalaminya? Bila pernah mungkin hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor penyebab. Lantas apa saja sih penyebab pengapian kecil pada motor dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut sudah dirangkum beberapa penyebabnya yaitu:

CDI Motor Rusak

Bicara mengenai sistem pengapian pada sepeda motor, kita tahu bahwa didalam sistem ini ada cukup banyak komponen akan saling terhubung dan punya peran penting. Satu diantaranya yakni CDI atau Capasitor Discharge Ignition.

Fungsi CDI pada motor sendiri sebagai pengatur waktu memancarnya percikan api busi untuk di gunakan membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Jika kondisi CDI rusak maka otomatis hasil percikan bunga api yang keluar tidak akan maksimal.

Pulser Sudah Lemah

Tidak kalah pentingnya dari CDI, pulser yang merupakan salah satu kompoen motor juga punya fungsi cukup penting yakni sebagai penentu waktu CDI saat menyalurkan arus dipakai untuk proses pengapian busi motor.

Memiliki bentuk kecil, seiring seringnya digunakan biasanya kondisi pulser akan terus menurun. Sampai pada titik lemahnya seringkali hal ini juga menjadi penyebab pengapian kecil pada motor.

Agar bisa mengetahui kondisi pulser gunakanlah alat bernama Avometer, tempelkan probe avometer ke terminal pulser, jika hasil pengukuran menampilkan tahanan 400 Ω maka kondisi pulser baik, namun jika kurang dari 400 Ω bisa dipastikan pulser harus diganti.

Baca Juga :  Starter Honda Beat Tidak Berfungsi

Koil Pengapian Bermasalah

Koil pada sistem pengapian merupakan komponen berperan penting dalam menghasilkan tegangan tinggi. Peran koil akan merubah tegangan 12 volt dari aki motor atau baterai mejadi tegangan lebih dari ribuan volt.

Tegangan inilah yang akan diteruskan ke bagian busi, jadi ketika kondisi koil sudah bermasalah, biasanya akan menjadi penyebab pengapian pada motor kecil atau bahkan lemah. Jika dibiarkan sudah pasti motor akan mudah mogok.

Spul Pengapian Terbakar

Penyebab pengapian kecil pada motor juga seringkali dikarenakan kondisi spul terbakar atau bahkan sudah putus. Kondisi seperti ini biasanya diakibatkan karena masa pakai sudah terlalu lama. Bila hal ini menjadi penyebab utamanya maka perlu untuk kalian perbaiki.

Mengingat spul sendiri menjadi komponen utama pada sistem pengapian. Spul motor umumnya terdiri dari 2 atau 3 gulungan tergantung pada jenis sistem pengapian yang dipakai. Jadi ketika pengapian pada motor kecil kalian bisa saja menduga komponen ini sebagai penyebabnya.

Kendala Pada Busi

Sampai saat ini ada cukup banyak jenis busi kendaraan yang bisa kita jumpai. Namun dari semua jenis busi tersebut, masing-masing tipe punya jangka waktu pemakaian yang tidak bisa kita prediksi kapan rusaknya.

Meski begitu, ketika pengapian pada motor kecil atau lemah. Bisa jadi masalah pada bagian busi merupakan penyebab utamanya. Oleh karena itu agar tidak mengalami masalah seperti ini dikarenakan busi motor rusak.

Selalu pastikan rawat busi dengann cara ganti secara rutin atau bersihkan busi dari kerak atau kotoran. Hal ini perlu dilakukan agar percikan bunga api yang keluar di dalam ruang bakar akan tetap mampu menyuplai kebutuhan.

Cara Mengatasi Pengapian Motor Kecil

Setelah mengetahui penyebab pengapian pada motor kecil seperti diatas yang dirangkum. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasi permasalah ini supaya motor mogok tiba-tiba saat berada di jalan bisa segera teratasi.

Baca Juga :  Cara Pengisian Aki

Tambah Nilai Kapasitor

Untuk mengatasi pengapian motor lemah sebenarnya cukup mudah, karena cukup tingkatkan nilai kapasitor yang ada pada bagian CDI. Sebaiknya gunakan kapasitas dengan nilai 4.7 uF. Caranya cukup:

  • Siapkan kapasitor berukuran 4.7 uF dengan nilai volt lebih baik diatas 100V.
  • Lalu sambungkan kaki pendek kapasitas ke kabel yang keluar dari CDI.
  • Sementara kaki panjang pada kapasitor, silahkan sambung ke bagia koil.

Tambah Lilitan Pada Koil

Selain cara diatas, untuk mengatasi masalah pada pengapian motor yang kecil atau lemah, juga bisa kalian lakukan dengan menambah lilitan pada bagian koil. Untuk caranya yaitu:

  • Lepas koil dari dudukan pada motor.
  • Siapkan kabel tembaga berukuran sedang, pastikan kalian kupas isolator tambaga.
  • Setelah itu silahkan lilitkan kabel tembaga tersebut ke seluruh kabel busi secara rapat.
  • Jangan lupa bagian ujung tembaga satunya kalian buat seabgai dudukan koil.
  • Pastikan juga ujung tembaga lain jauhkan dari bagian baud besin.
  • Apabila sudah selesai, silahkan kalian tutup kembali dengan menggunakan solatip secara rapat.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂