Penyebab Oli Tidak Naik Pada Mesin

Posted on

Penyebab Oli Tidak Naik – Salah satu masalah pada mesin yang kerap menghampiri ialah masalah oli mesin yang tidak naik, lantas apa penyebab serta bagaimana cara tepat menanganinya ?? Penyebab utama oli mesin tidak naik ialah karena oli tersebut tidak bersirkulasi. Didalam mesin, sirkulasi oli seharusnya sudah diatur oleh komponen pompa oli.

Skemanya saat mesin bekerja maka oli pump yang juga terkoneksi dengan crankshaft akan berputar, sehingga terjadilah aliran oli dari pompa ke seluruhan bagian termasuk bagian katup mesin yang berada tepat di bagian cylinder head. Tapi kerusakan pompa bukan satu-satunya penyebab masalah ini, hal itu karena terdapat faktor lain yang menjadi pemicu oli tidak naik.

Penyebab Oli Motor Tidak Naik

Adapun penyebab oli motor tidak naik sebagai berikut:

Kerusakan Komponen Oil Pump

Seperti yang kita utarakan diatas, oil pump bertanggung jawab pada sistem sirkulasi oli mesin, jika terdapat kerusakan pompa otomatis sirkulasi engine oil terganggu. Umumnya pompa ini bekerja menggunakan sistem retary, dimana turbin yang berputar dapat menciptakan aliran fluida, letak kerusakan bisa terjadi pada turbin ini yang terputus koneksinya dengan crankshaft atau karena ada kebocoran seal sehingga tekanan oli drop.

Solusinya pertama kita harus melakukan tes tekanan oli menggunakan oil pressure tester, jika ditemukan masalah pada tekanan oli maka kalian harus melakukan penggantian satu set pompa oli.

Ada Sumbatan Pada Oil Feed Mesin

Oil feed merupakan jalur oli yang berfungsi mengedarkan engine oil ke seluruh bagian mesin. Selama ini kita mengetahui bahwa tempat oli itu ada di bak oli saja, namun untuk bisa bersirkulasi dari oil pan menuju cylinder head oli harus melalui saluran yang dikenal sebagai oil feed atau oil jet.

Letak jalur ini biasanya ada didalam blok silinder dengan diameter lubang yang cukup kecil. Ketika ada sumbatan berupa kotoran atau kerak pada bagian ini, maka sirkulasi oli akan terganggu. Kerak atau kotoran ini bisa berasal dari sisa karbon hasil pembakaran mesin atau karena ada debu yang merangsak masuk ke mesin. Masalah ini biasanya terjadi pada mereka yang malas melakukan penggantian oli secara rutin.

Solusinya yakni perlu pembersihan oli feed, karena letak saluran ini ada di jantung mesin maka mau tidak mau kita harus membongkar mesin atau overhoule. Untuk membersihkan sumbatan itu bisa kita semprotkan karbu cleaner atau menggunakan bantuan bensin. Saat usia dibersihkan jangan lupa juga mengisi oli mesin dengan yang baru.

Volume Oli Berkurang

Saat volume oli tidak maksimal bahkan kurang, maka pompa oli tidak akan maksimal kinerjanya. Hal itu disebabkan karena terdapat banyak gelembung udara pada aliran oli yang membuat tekanan oli tidak stabil. Sehingga oli tidak mampu merasuk ke bagian kepala silinder untuk melumasi katup dan camshaft, masalah ini bisa disebabkan karena ada kebocoran oli mesin, kebocoran ini bisa kita deteksi dengan dua cara yakni.

Secara visual yakni dengan mengamati bagian-bagian mesin dari rembesan oli, bagian drain plug dan kepala silinder menjadi bagian yang paling berpotensi. Dari asap knalpot, jika asap knalpot berwarna putih meski mesin kalian 2 tak maka dipastikan ada kebocoran oli ke ruang bakar.

Untuk memastikannya kembali maka kalian bisa cek deep stik untuk mengukur seberapa banyak volume engine oil yang ada didalam mesin. Pastikan saat kalian melakukan pengecekan ini motor atau mobil berada pada posisi tegak dan rata.

Baca Juga :  Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor

Solusinya kalian perlu menyelesaikan masalah kebocoran oli dulu sebelum melakukan penambahan, namun jika kondisi kebocoran tidak terdeteksi kalian bisa melakukan penambahan oil.

Filter Oli Yang Kotor

Masalah ini masih berhubungan dengan penyumbatan oil feed namun dalam kasus ini penyumbatan terjadi pada bagian filter, fungsi filter ialah untukj membersihkan kotoran dan kerak dari aliran oil. Saat filter digunakan secara terus menerus, maka kotoran yang disaring akan mengendap pada permukaan saringan hasilnya akan mengganggu aliran oli didalam filter. Padahal jalur oil filter ini juga mempengaruhi jalur keseluruhan sirkulasi oil sehingga berimbas pada peredaran oil yang tidak rata.

Solusinya kalian perlu melakukan penggantian filter, umumnya penggantian saringan ini dilakukan secara berkala mengikuti penggantian oli mesin yakni 5000-10.000 km. Dampak sirkulasi oli yang terganggu ini bisa mempercepat keausan camshaft dan valve, hal ini dikarenakan letak mekanisme katup berada pada bagian atas mesin dalam hal ini kepala silinder. Awalnya kalian akan mendengar suara logam yang cukup berisik di bagian atas mesin, jika gejala ini muncul maka itu bisa menandakan masalah diatas.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Oli Tidak Naik Pada Mesin dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂