√ Jadi Ini,, Penyebab Motor Vespa Sering Mogok,,, Yuk Simak

Posted on

Penyebab Motor Vespa Sering Mogok – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai penyebab motor vespa sering mogok,, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti  simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Dalam hal ini sebagian besar orang menilai bahwa vesp tidaklah lebih dari kendaraan bermotor yang mempunyai  bentuk “body” yang unik. Tetapi di kalangan vesp lovers menilai bahwa tidak hanya semata-mata bentuknya saja yang unik, bahkan banyak dari mereka yang menjadikan vespa sebagai bagian dari hidupnya sendiri.

Sekarang ini, sudah mulai banyak bermunculan edisi-edisi vespa yang baru. Namun model vespa klasik masih memiliki tempat di hati para pecintanya. Hal ini karena adanya keyakinan bahwa semakin tua usia sebuah vespa maka akan semakin bertambah pula nuansa ke eksotisannya.

Jadi Ini,, Penyebab Motor Vespa Sering Mogok,,, Yuk Simak

Dan berbicara mengenai vespa klasik, ada beberapa masalah yang kerap menghantui para pemiliknya. Karena termasuk dalam kategori motor tua, yang sehingga performanya sudah tidak maksimal lagi. Maka tidak heran jika motor tua ini sering mogok. Terlebih lagi apabila kalian sebagai pemiliknya kurang cekatan dalam memberikan perawatan.

Penyebab Motor Vespa Sering Mogok

Lantas apa sajakah penyebab motor vespa sering mogok ?? Nah berikut ini telah merangkum beberapa faktor yang sering menjadi penyebab mogoknya motor tua ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Bagian Karburator

Penyebab motor vespa sering mogok yang pertama ialah masalah yang terjadi pada karburatornya. Seperti halnya motor pada umumnya, motor yang menggunakan sistem komponen karburator motor harus sering-sering dicek dan dibersihkan terutama pada bagian jarum “main jet dan pilot jet”.

Baca Juga :  √ Yuk Simak,, Penyebab Motor Matic Bergetar Saat Digas Serta Solusinya

Hal ini bertujuan agar pemberian bahan bakar dari karburator ke ruang bakar berjalan dengan lancar sehingga laju motor tidak tersendat-sendat atau brebet.

Pada Kabel Persneling

Penyebab motor vespa sering mogok yang kedua ialah terjadi masalah pada kabel persnelingnya. Bagi pemilik vespa klasik tentunya sering kalian menghadapi masalah ini.

Dan salah satu yang menjadi acuan bahwa terjadi masalah pada bagian ini ialah terasa keras atau susah pada saat melakukan oper gigi, bahkan tidak jarang juga sampai sering selip.

Dan jika terjadi hal-hal itu maka sebaiknya kalian segera mengecek kabel persnelingnya, dan biasanya kabel sering longgar dan perlu diatasi dengan penyetelan ulang.

Komponen Busi

Penyebab motor vespa sering mogok yang ketiga yakni terjadi masalah pada businya. Dan perlu kalian ketahui bahwa komponen busi motor kerap menjadi pemicu motor mogok. Busi harus sering-sering dibersihkan karena busi pada vespa cenderung cepat mati atau berkerak. Sehingga busi harus sering diganti minimal 6 bulan sekali.

Namun jika hanya berkerak busi dapat dibersihkan dengan menggunakan bensin dan amplas atau kawat untuk membersihkan kerak yang tersisa di kepala busi. Kerak ini biasanya disebabkan  oleh pemilihan oli samping yang kurang tepat.

Pada Stut Kopling

Penyebab motor vespa sering mogok yang selanjutnya ialah adanya masalah pada stut koplingnya. Perangkat ini juga butuh perhatian khusus sebab kopling merupakan hal yang penting terutama untuk motor vespa.

Dan biasanya masalah yang sering terjadi yakni stutnya yang mulai aus, sebab bentuknya yang bulat pipih terbuat dari kuningan “yang lokal bukan ori” maka disarankan untuk membeli stut kopling yang asli.

Masalah Pengapian

Penyebab motor vespa sering mogok yang terakhir ialah adanya masalah pada bagian pengapian. Jadi hal ini juga dapat memmbuat busi vespa menjadi mudah mati. Sebaiknya kalian cek dulu koil, kondensor atau platinanya yang bermasalah. Koil biasanya jarang rusak apabila menggunakan yang asli.

Baca Juga :  √ [Tips Jitu] Cara Merawat Motor Injeksi Honda Beat

Jadi jika kalian menggunakan koil bajakan mungkin ini ialah pangkal masalahnya. Jika tidak mungkin kondensornya yang bermasalah. Kondensor yang rusak biasanya akan menyebabkan mesin menjadi tersendat-sendat.

Namun jika kondensor baik-baik saja maka platinanyalah yang bermasalah. Perlu kalian ketahui jika jarak idel platina 0,5 mm. Jika jarak terlalu dekat dapat menyebabkan mesin terbatuk-batuk. Tetapi jika terlalu jauh, maka percikan api tidak berjalan secara maksimal.

Nah itulah beberapa penyebab motor vespa sering mogok, dan intinya ialah sering-seringlah melakukan perawatan terhadap setiap komponen yang terpasang pada motor vespa khususnya komponen-komponen diatas.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini,, Penyebab Motor Vespa Sering Mogok,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂