12 Penyebab Motor Matic Mogok Serta Solusinya

Penyebab Motor Matic Mogok – Dalam hal ini banya orang memilih motor berjenis matic dari pada motor gigi, kenapa ?? alasannya motor ini mudah digunakan, tinggal hidupkan mesin langsung gas maka motor langsung jalan.

Tapi apa yang akan kalian lakukan kalau motor matic yang tiba-tiba mogok dijalan ?? dan posisi mesin motor matic yang tersembunyi akan menyulitkan kita untuk sekedar mengeceknya.

Meski hal demikian bukan cuma sektor mesin saja yang dapat menyebabkan motor matic menjadi mogok. Ada beberapa penyebab lain yang cukup sepele yang membuat motor matic menjadi mogok.

12 Penyebab Motor Matic Mogok Serta Solusinya

Adapun penyebab motor matic mogok serta solusinya diantaranya yaitu:

Kondisi Mesin Overheat

Nah masalah motor yang pertama terjadi pada bagian mesin, sehingga menyebabkan kondisi motor yang tiba-tiba mogok hampir semua orang tahu bahwa mesin yang mengalami overheat atau terlalu panas. Pasti akan menyebabkan menjadi mogok.

Dan apalagi jika kalian memaksakan mesin untuk tetap nyala motor, seolah ngambek karena sistem pembakaran ataupun gesekan antara piston dengan linernya terlalu panas. Yang sehingga menyebabkan kondisi mesin memiliki suhu yang naik secara drastic akibatnya piston dan liner boring menjadi macet.

Dan untuk solusinya tentu saja dengan mengistirahatkan motor, supaya tidak digunakan selama lebih dari 1 jam bila hal demikian terjadi berulang.

Salah Memilih Bahan Bakar

Untuk selanjutnya penyebab mogok yang paling sering terjadi yakni salah dalam memilih bahan bakar. Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia, seringkali memaksakan untuk menggunakan bahan bakar. Dengan harga yang sangat murah.

Meskipun sebenarnya motornya tidak dapat mengkonsumsi bahan bakar tersebut. Banyak orang yang belum tahu bahwa pemakaian bahan bakar bisa menyebabkan motor mogok. Terutama secara mendadak, untuk mengatasi mogok yang terjadi akibat masalah ini.

Tentu saja kalian harus menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang cukup tinggi. Seperti saja pertamax atau pertalite pasalnya semakin tinggi nilai oktannya, maka pembakarannya akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga tidak akan menyebabkan motor menjadi lebih mudah untuk mogok.

Oli Mesin Yang Sudah Lama

Hal ini yang seringkali menjadi penyebab utama dari sebuah motor yang mogok. Karena adanya oli mesin sudah lama tidak diganti solusinya yang paling mudah, tentu saja dengan mengganti oli mesin secara rutin terutama 1 bulan sekali.

Karena oli mesin memiliki masa pakai sehingga kalian harus menggantinya secara rutin. Dan apabila kalian telah mengganti oli maka mengakibatkan komponen mesin mengalami kerusakan. Dan pada akhirnya masalah tersebut akan menjalar ke bagian lainnya. Fungsi oli sendiri untuk membantu melepas setiap komponen yang ada sehingga menjadi lebih mudah dalam menjalankannya.

Setelan Klep Yang Tidak Tepat

Kondisi penyebab motor mogok lainnya yang biasanya terjadi, karena adanya setelan klep yang tidak tepat penyebab motor mogok ini sudah sering kali terjadi. Dan biasanya klep yang terlalu rapat atau justru tidak tepat menjadikan motor mengalami mogok dan mesin mati terus menerus.

Sehingga mesin akan menjadi cepat panas atau overhead cara yang paling mudah yakni dengan menyarankan untuk mengikuti setelan pada pabrikan. Ketika menyetel mesin juga harus dalam keadaan dingin dan tidak sedang digunakan atau baru saja mengalami perjalanan yang sangat panjang.

Filter Udara Yang Kotor

Masalah motor mogok, hal ini terjadi akibat adanya filter udara yang cukup kotor dan perlu diketahui bahwa fungsi filter udara sangatlah besar. Seperti menyaring dan juga membantu agar kotoran dan debu tidak bercampur.

Adanya saringan filter ini jelas saja membantu motor supaya bisa berjalan dengan baik namun komponen ini tidak akan bisa berjalan. Jika kalian malas untuk membersihkannya hal demikian justru akan membuat motor makin mogok dan mesin tidak bisa bekerja dengan baik. Tarikan gas juga akan lebih berat, sehingga ada baiknya kalian mengganti atau membersihkan filter tersebut.

Komponen Busi Mati

Masalah ini umum terjadi khususnya bila motornya berusia cukup tuas, lantas apa yang menyebabkan busi mati ?? Busi sendiri memiliki fungsi yakni memercikan bunga api didalam ruang bakar. Percikan api ini digunakan untuk proses pembakaran mesin. Jika apinya tidak keluar, maka otomatis tidak terjadi pembakaran alias mogok.

Untuk penyebabnya bermacam-macam bisa internal busi yang patah “elektroda patah” atau pada busi resistor biasanya terjadi pelonjakan resistance, sehingga apinya cenderung kecil. Bisa juga disebabkan karena celah busi yang cukup lebar.

Untuk urusan celah busi, kalian tidak perlu mengganginya, cukup stel ulang celah busi diangka 0,8-1.0 mm menggunakan feeler gauge. Tapi internal busi yang rusak mau diapakan juga tidak akan berpengaruh.

Solusinya dengan melakukan replacing atau penggantian, penyebab busi cepat rusak bisa berasal dari ketidaktepatan spesifikasi busi dengan mesin motor kita perlu diketahui juga mesin 100 cc dengan 150 cc itu businya beda.

Masalah Pada Komponen Karburator

Karburator memiliki fungsi untuk menyuplai aliran bensin dengan jumlah yang sudah ditentukan. Karburator menggunakan prinsip perbedaan tekanan, bensin akan keluar secara otomatis saat ada udara melewati venturi.

Apabila hal ini terjadi masalah maka otomatis perbandingan udara dan bensin yang masuk ke mesin jadi tidak pas. Bila aliran bensin tersendat, maka campurannya tergolong kurus, maka hasilnya motor nyendat dan di RPM rendah akan mati.

Pada kondisi yang lebih parah, penyumbatan dapat terjadi pada noozle didalam karburator. Hasilnya bensin tidak keluar sama sekali, sehingga tidak ada proses pembakaran pada mesin alias mogok.

Dan sebaliknya juga sama, bila aliaran bensin ke ruang bakar cukup deras maka homogenitas akan menurun serta menyebabkan campuran kaya, hasilnya saat digas motor dapat brebet bahkan menjadi mati.

Pada saat ada aliran bensin berlebih ke ruang bakar, itu akan menyelimuti elektroda busi. Hasilnya busi yang basah akan sulit keluar api, sehingga mesin akan sulit dihidupkan.

Kondisi Bensin Yang Habis

Untuk penyebab selanjutnya hal ini cukup sepele, jika sampai terjadi itu dapat saja karena keteledoran kalian yang tidak memeriksa kondisi bahan bakar terlebih dahulu.

Injektor Bermasalah “Efi”

Khusus untuk motor matic yang berinjeksi, keberadaan karburator sudah digantikan dengan rangkaian electric fuel injection. Artinya untuk menyuplai bahan bakar tidak lagi menggunakan prinsip perbedaan tekanan, namun sudah dikalkulasi secara elektronik.

Namun hal itu bukan berarti masalah mesin akan hilang, justru saat injektor bermasalah akan lebih rumit lagi penanganannya. Injektor yang rusak bisa menyebabkan aliran bensin tidak keluar atau tersendat-sendat. Akibatnya mesin bisa brebet hingga mati, hal ini yang menyebabkan injektor rusak diantaranya yaitu:

  • Solenoid yang terputus “komponen internal injektor”.
  • Kabel injektor putus, bisa karena terkena benda tajam atau digigit tikus.
  • Sekering utama putus, hal ini dapat saja menandakan adanya short voltage.

Pada Fuel Pump Mati

Pada mesin injeksi, fuel pump sangat diperlukan. Fungsinya untuk menciptakan tekanan bahan bakar. Jika fuel pump rusak otomatis tidak ada tekanan bahan bakar, sehingga bensin tidak mampu keluar dari injektor.

Kondisi ini bisa disebabkan sekering fuel pump yang terputus. Dan selain itu sama seperti injektor kelistrikan termasuk kabel dan motor pump juga berpotensi putus.

Kondisi Aki Habis Atau Drop

Pada motor karbu, baterai sebenarnya tidak terlalu diperlukan untuk mesin, karena kebutuhan kelistrikan mesin sudah disuplai oleh kiprok. Namun pada motor injeksi, baterai dibutuhkan untuk mengoperasikan fuel pump. Jika fuel pump tidak dipompa saat awal start, maka tekanan  bahan bakar akan turun dan mesin susah hidup.

Untuk mengecek kondisi baterai sebenarnya cukup mudah, cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON, biasanya seluruh panel di speedometer akan bergerak. Jika tidak ada gerakan, bisa dipastikan baterai sangat drop.

Kiprok Rusak

Untuk urusan ini, baik motor karbu atau motor injeksi bisa saja mengalaminya. Kiprok atau alternator fungsinya untuk menghasilkan arus listrik, listrik tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan mesin seperti pengapian dan lampu.

Apabila kiprok rusak, maka otomatis tidak ada suplai arus listrik, yang sehingga baterai menjadi komponen penyuplai terakhir. Namun baterai tanpa diisi juga akan kehabisan daya, sehingga motor akan mogok saat voltage pada baterai drop meski kita sedang berjalan.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Matic Mogok semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂