Faktor Penyebab Motor Honda Lebih Boros

Posted on

Faktor Penyebab Motor Honda Lebih Boros – Dalam hal ini sepeda motor dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia yang memiliki mobilitas tinggi dengan biaya operasional lebih murah.

Oleh sebab itu para produsen kendaraan roda dua berlomba-lomba menciptakan produk sepeda motor yang bertenaga tapi juga irit bahan bakar.

Meski demikian karena ada suatu permasalahan atau karena setelannya diubah menyebabkan pemakaian bensin menjadi lebih boros dari biasanya.

Bensin yang lebih boros dengan kata lain, suplai bensinnya lebih banyak memang bisa mendongkrak tenaga mesin. Tapi apakah itu sebanding dengan efek negatifnya.

Memang dibandingkan sebuah mobil yang umumnya memiliki mesin diatas 1000 cc, motor sangatlah irit. Dan umumnya sebuah motor dengan kapasitas 125 cc bisa menempuh hingga 50 Km/L untuk yang injeksi.

Kehadiran sistem injeksi juga membawa angin segar pada pemilik sepeda motor. Sistem injeksi hadir menggantikan sistem karbu yang konvensional. Sistem efi memanfaatkan perhitungan komputerisasi untuk menentukan campuran yang tepat pada RPM berapapun.

Kondisi ini bisa menyebabkan tingkat efektifitas mesin tinggi, tapi jangan santai dulu karena motor-motor injeksi juga bisa terserang penyakit bensin boros. Tentu penyakit ini sangat umum dan ada banyak sekali penyebabnya.

Penyebab Motor Honda Lebih Boros

Banyak pengguna Honda yang mengalami masalah mengapa sepeda motor miliknya lebih boros dibandingkan dengan motor temannya yang merupakan model dan jenis yang sama.

Nah melalui ulasan ini kami akan mengulas beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini.

Faktor Yang Menyebabkan Motor Honda Lebih Boros

Nah berikut merupakan 3 faktor yang bisa menyebabkan perbedaan tingkat penggunaan BBM pada motor.

  • Kondisi jalan
  • Cara Mengendarai motor
  • Setting pada mesin

Perlu diperhatikan bahwa ada faktor selain diatas yang juga bisa menyebabkan perbedaan tingkat konsumsi tetapi saat ini mari kita bahas 3 faktor diatas.

Kondisi Jalan

Secara umum, pengendara yang menempuh kondisi jalan macet akan mengkonsumsi BBM lebih banyak dibandingkan pengendara yang menempuh kondisi jalan lancar.

Hal ini disebabkan oleh pembukaan dan penutupan throttle lebih banyak pada jalan macet dibandingkan jalan lancar.

Cara Mengendarai Motor

Setiap pengendara memiliki style dan cara yang berbeda dalam mengendarai motornya. Gaya mengendarai yang suka membuka gas mendadak akan mengakibatkan pembuangan bahan bakar yang sia-sia karena terlalu cepat dibandingkan putaran mesin.

Untuk konsumsi BBM yang optimal, kami menyarankan kalian membuka gas lebih stabil.

Setting Pada Mesin

Selain faktor diatas, settingan mesin juga dapat berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM dari motor. Nah berikut ialah beberapa contoh setting yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi BBM.

  • Lenggang klep
  • Setelan karburator
  • Jarak renggang busi
  • Filter kurang bersih

Demikianlah pembahasan mengenai Faktor Penyebab Motor Honda Lebih Boros semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂