Penyebab Motor Dingin Susah Hidup

Posted on

Penyebab Motor Dingin Susah Hidup – Dalam hal ini kisah si Budi yang dimana belakang dibuat kesal oleh Honda Supra Fit miliknya yakni keluaran 2004 standar.

Pasalnya sudah beberapa hari ini mesih bebek berlambang sayap mengepak yang jadi transportasi hariannya itu agak susah distart saat pagi hari atau ketika mesinnya dingin.

Sudah beberapa bengkel umum yang di satroni, namun permasalahannya itu tetap hanya sembuh beberapa hari saja.

Setelah itu susah lagi distart, kenal ya? Nah apakah motor kalian juga pernah mengalami hal yang sama seperti hal tersebut?

Penyebab Motor Dingin Susah Hidup

Nah ulasan kami disini mengenai penyebab motor dingin susah hidup, akan memberikan penjelasan atau solusinya. Umumnya ada 3 item yang bisa menyebabkan hal itu, kalau begitu simak pemaparan selengkapnya dibawah ini:

Ketiga item ini ialah basic atau kunci dari motor bakar. Jika bahan bakar mengabut sempurna, kompresinya ideal dan pengapian bagus dihamin mesin akan mudah hidup.

Tapi sebaliknya jika ada salah satu saja yang kerjanya tidak sempurna atau tidak berfungsi, bisa dipastikan mesin akan susah hidup atau bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Bahan Bakar

Paling sering terjadi pada kasus mesin susah hidup waktu kondisi dingin adalah permasalahan pada bahan bakar.

Bisa dari karburator kotor atau banyak endapan yang menyebabkan penyempitan pada saluran pelepasan bahan bakarnya.

Sehingga mengakibatkan proses pengabutan jadi kurang sempurna. Biasanya kotoran dan endapan muncul dari bahan bakar yang kualitasnya jelek atau karena karburator jarang diservis (dibersihkan). Jadi kalau isi bahan bakar sebaiknya ke SPBU terpercaya dan jangan malas servis motor.

Penyebab lainnya bisa juga karena aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat. Sehingga bensin tidak mengisi karburator dengan baik.

Penyebabnya bisa dari tangki yang banyak kotoran/endapan, filter bensin kotor atau keran bensin bermasalah. Lubang hawa pada tutup bensin tersumbat juga bisa menyebabkan bensin tak mau mengalir ke karbu.

Cek Kompresi

Bila pada sistem bahan bakar tidak ada masalah. Di sarankan coba cek kompresi mesin. Dengan cara melepas busi terlebih dahulu, lalu tempelkan jari ke lubang busi dan coba sel kick starternya.

Bila tekanan dalam ruang bakar masih baik dan kuat, tandanya kompresi mesin masih bagus. Karena jika kompresinya sampai turun, jelas akan membuat mesin jadi susah hidup dan tenaga drop.

Turunnya kompresi bisa disebabkan klep bocor, setelan klep tidak tepat atau paking kepala silinder bocor.

Sistem Pengapian

Untuk yang selanjutnya pengapian, misalnya seperti busi. Busi merupakan komponen paling penting pada motor dalam sistem pengapian. Penyebab kerusakan pada busi bisa karena usia, sehingga pembakaran tidak memiliki api yang optimal. Api yang keluar dari busi sangat kecil bisa jadi masalahnya.

Cara mengatasi motor tidak bisa hidup karena masalah busi ialah memeriksa kondisi fisiknya. Lepaskan busi dari motor dan amatai permukaannya. Jika tampilanhya hitam pekat atau celahnya sudah longgar, maka kalian harus menggantinya.

Biasanya busi ialah komponen yang cukup sering untuk diganti dengan yang baru. Kabel busi juga salah satu bagian yang jadi penghubung antara cop busi dan coil yang bisa jadi penyebabnya.

Karena kabel rusak, maka menimbulkan tegangan yang masuk ke busi akan berkurang. Apabila terjadi hambatan yang melonjak, maka listrik yang dialirkan semakin kecil. Api busi tidak menyala dan motor tidak bisa dihidupkan.

Jika yang rusak ternyata ialah kabel busi, maka kalian harus mengukur tahanan busi terlebih dahulu dengan ohm meter. Apabila angka menunjukan lebih dari 25 ohm, maka kabel busi perlu diganti. Jika angka tidak berlebih, maka tidak ada masalah pada bagian tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Dingin Susah Hidup semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂