Penyebab Motor Cepat Panas Dan Mati

Posted on

Penyebab Motor Cepat Panas Dan Mati – Nah motor baru biasanya memiliki performa yang mantap dan bertenaga. Tetapi seiring dengan waktu, pastinya bakal ada penurunan performa pada beberapa bagian.

Hal ini wajar tetapi bukan berarti bisa kalian biarkan begitu saja. Sebab tidak selalu masalah datang dari usia motor. Misalnya saja soal motor cepat panas atau overheat yang bisa terjadi karena perawatan yang kurang tepat.

Panas yang berlebihan pada mesin sepeda motor ialah peningkatan suhu diatas batas normal yang terjadi pada komponen tersebut. Dan biasanya disebabkan oleh banyak faktor.

Mulai dari kualitas oli, sirkulasi oli sampai hilangnya fungsi  pendinginan pada komponen mesin motor tersebut.

Penyebab Motor Cepat Panas Dan Mati

Nah agar masalah ini tidak terjadi ada beberapa faktor penyebab yang sebenarnya bisa kalian antisipasi.

Tidak Mengganti Oli Secara Berkala

Penyebab utama motor cepat panas ialah kondisi oli yang sudah tidak layak pakai. Dan biasanya oli yang kotor ini terjadi karena kalian telat mengganti oli motor atau lupa tidak menggantinya secara berkala.

Inilah yang kemudian menyebabkan kualitas oli di dalam mesin jadi kurang baik. Alhasil kinerja mesin jadi terhambat.

Kalian sangat disarankan untuk mengganti oli sesuai rekomendasi pabrikan. Menggunakan oli yang sesuai saja tidak cukup.

Kalian juga sebaiknya menggunakan bahan bakar terbaik yang bisa didapatkan di SPBU Pertamina terdekat. Kalian dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone.

Dan bukan  hanya mendapat produk berkualitas untuk motor kesayangan, harga BBM Pertamina juga sangat terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong kalian.

Terjadi Masalah Pada Sensor Suhu

Dan salah satu keunggulan dari motor keluaran terbaru ialah penggunaan komponen sensor suhu bernama Engine Coolant Temperatur.

Komponen ini berperan untuk menginformasikan suhu pada ECU yang kemudian, mendinginkan mesin sepeda motor.

Karenanya ECU yang mengalami kerusakan juga bisa jadi penyebab mesin motor overheat, tidak ada salahnya untuk melakukan servis berkala pada bagian ini supaya sepeda motor bisa digunakan secara normal dan optimal.

Sirkulasi Oli Yang Kurang Baik

Bagi kalian pecinta otomotif, sudah pasti tidak asing jika mendengar istilah oli coolant. Oil coolant nyaris serupa dengan radiator motor yang berfungsi sebagai pendingin oli pada mesin yang mengalami overheating.

Inilah sebabnya, sirkulasi oli yang kurang baik kerap menjadikan mesin jadi lebih cepat panas. Dengan tidak bekerjanya sirkulasi oli pada mesin, juga menghambat proses pendinginan mesin sehingga suhu meningkat lebih cepat.

Penggunaan Oli Mesin Yang Kurang Cocok

Pada dasarnya setiap oli mesin dibuat dengan standar khusus. Standardisasi tersebut ternyata memiliki alasan dan tujuan tertentu.

Dan salah satunya supaya mesin motor dengan jenis oli tersebut tidak cepat panas. Pun sebaliknya jika kalian menggunakan oli motor yang tidak direkomendasikan oleh pabrikan pasti menjadikan kondisin pada mesin tersebut lebih cepat panas. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan oli sesuai standardisasi mesin.

Jangan hanya tergiur dengan harga murah, sementara kualitasnya kalian abaikan. Selisih harga antara satu merk oli dengan lainnya bisanya tidak terlalu banyak. Jadi pastikan kalian memilih yang terbaik sesuai rekomendasi pabrik.

Pengaturan Bahan Bakar Motor Yang Terlalu Irit

Penyebab lain mesin motor cepat panas ialah kesalahan pengaturan bahan bakar sehingga terlampau irit. Umumnya pengaturan semacam ini dilakukan dibagian karburator.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian perlu mengatur beberapa sekrup setelah stationer yang ada di bagian karburator supaya lebih dekat kea rah brebet.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Cepat Panas Dan Mati semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂