Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Posted on

Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar – Dalam hal ini sebuah kendaraan seperti mobil ataupun motor memiliki banyak komponen penting, dimana masing-masing memiliki fungsi da cara kerjanya.

Semisal busi memiliki fungsi sebagai penyuplai listrik pada saat proses pembakaran sehingga terjadi perputaran. Sama seperti halnya denga radiator, komponen ini memang memiliki fungsi yang sangat berpengaruh terhadap suhu mesin kendaraan.

Maka oleh karena itu kami menyarankan untuk merawat radiator dengan baik, pasalnya ada beberapa kejadian seperti kipas radiator tidak berputar dan itu mengakibatkan mesin menjadi cepat panas.

Itu belum seberapa dan menurut pengalaman dari pengguna pernah mengalami overheat, tentu kalian semua tidak ingin mengalami kejadian seperti tersebut bukan? Jikapun pada saat melakukan pengecekan kedapatan kipas tidak berfungsi, maka segera mencari penyebabnya agar bisa mencari solusinya.

Pasalnya ada cukup banyak komponen pada radiator yang bisa menyebabkan kipas tidak berputar seperti Fan Belt putus, kabel putus, sekring mati dan lainnya.

Jika kalian penasaran apa saja yang menyebabkan kipas radiator motor tidak berputar, aka silahkan simak ulasan selengkapnya yang sudah dipersiapkan dibawah ini.

Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

Pada saat ini sebagian besar motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem pendingin radiator seperti halnya denga motor.

Jadi dapat disimpulka bila penyebab kipas radiator motor tidak berputar sama seperti mobil, maka untuk mengetahui lebih jelas dan detailnnya, silahkan kalian langsung simak seperti berikut ini:

Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Diatas juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua, beberapa komponen radiator baik itu jenis kendaraan motor atau mobil memiliki fungsi masing-masing. Jika salah satu mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan itu salah satu penyebabnya.

Fan Belt Putus

Secara logika kipas akan berputar jika terdapat komponen penggeraknya yakni fan belt, sehingga viscous/kipas dapat berputar. Nah, apabila fan belt rusak atau putus maka itu bisa menjadi penyebabnya kenapa kipas tidak berputar.

Visco Fan Rusak

Ada cukup banyak penyebab kenapa kipas visco fan atau viscous tidak bisa berputar, komponen ini terletak dibagian tengah baling-baling. Apabila terjadi kerusakan atau jebol, secara otomatis kipas tidak bisa berputar seperti biasanya.

Sekring Kipas Radiator Rusak

Sekring adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai pengaman beberapa rangkaian elektrikal, melihat dari fungsinya seperti tersebut.

Maka dapat dipastikan apabila sekring mati atau terputus, maka aliran listrik terputus dan menyebabkan beberapa komponen tidak berfungsi.

Kabel Kipas Putus

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan salah satu kabel yang terhubung dengan radiator terputus atau aliran kurang sempurna, sehingga kipas tidak bisa berputar seperti biasanya. Jadi cukup pastikan saja apakah jalur kebel tidak ada yang putus atau rusak.

Motor Kipas Pendingin Mati

Kipas radiator akan berputar apabila motor penggerak bekerja dengan baik, tetapi jika terdapat kerusakan maka ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Jika komponen ini rusak, maka akan terhubung langsung dengan sekring yang menyebabkan rusak atau mati.

Fan Control Module Rusak

Kipas dapat berputar dengan adanya dukungan fan control module, jika mengalami kerusakan. Maka dapat dipastikan jika penyebabnya pada komponen ini, jadi silahkan kalian cek terlebih dahulu apakah masih berfungsi normal atau tidak.

Coolant Temperature Sensor Rusak

Penyebab berikutnya bisa terjadi pada Coolant Temperature Sensor, komponen ini memang memiliki peran cukup penting.

Pada dasarnya memiliki fungsi untuk mengukur suhu pendingin mesin pembakaran internal.

Kipas Radiator Jebol

Kipas radiator bisa menjadi penyebabnya apabila jebol atau mengalami kerusakan, hal tersebut biasanya terjadi karena sil olinya rusak.

Alhasil kipas tidak bisa berputar meskipun suhu sudah melebihi batas sesuai dengan pengaturan pada radiator motor.

Thermostat Bermasalah

Terakhir bisa dikarenakan thermostat mengalami sebuah masalah, karena pada dasarnya komponen ini memiliki fungsi untuk memberikan informasi suhu ke bagian radiator ke modul.

Dimana itu merupakan bagian pengopersian kipas radiator, dengan kata lain jika tidak berfungsi maka kipas tidak bisa berputar.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa kipas radiator motor tidak berputar, maka kalian bisa melakukan pengecekan per komponennya. Hal ini memang perlu dilakukan dan bahkan dikatakan hal yang wajib, karena dari sini kalian bisa mengetahui sumber permasalahannya.

Apabila sudah mengetahui penyebabnya, baru kalian bisa mencari solusinya harus bagaimana. Apakah harus mencoba di perbaiki sendiri atau harus diganti dengan komponen yang baru, itupun harus dilihat dari jenis dan tingkat kerusakannya seperti apa.

Terdapat solusi paling ampuh dan dijamin kipas radiator motor akan berfungsi seperti semestinya yakni dibawa ke bengkel khusus radiator. Hanya saja biaya service kipas radiator cukup lumayan dan itu tergantung dari kerusakannya apa.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂