Penyebab Busi Motor Basah Oli

Posted on

Penyebab Busi Motor Basah Oli – Komponen busi pada kendaraan menjadi salah satu yang paling krusial dan perlu terus diperhatikan. Pasalnya meski kecil, busi memiliki fungsi yang cukup penting dalam proses pembakaran.

Ia berguna sebagai pemantik api yang kemudian akan dilanjutkan pada proses pembakaran dalam mesin.

Kinerja busi cukup berat karena harus bekerja di dalam ruang bakar dengan suhu dan tekanan tinggi. Sehingga masalah pada busi kerap muncul khususnya jika busi yang dipakai tidak standar.

Nah karena fungsinya yang cukup penting tersebut, apabila terdapat masalah pada busi biasanya akan sangat merepotkan. Kendala yang muncul saat busi bermasalah biasanya ialah motor yang tiba-tiba mogok atau susah dinyalakan.

Masalah busi yang basah sendiri bisa disebabkan beberapa hal termasuk karena adanya oli yang naik ke busi. Kondisi ini menjadi tandah bahwa busi tidak selamanya menjadi masalah, justru busi bisa menjadi indikator adanya kerusakan dibagian komponen tertentu.

Salah satunya disebabkan karena busi motor basah. Kira-kira sudahkah kalian tahu apa yang menyebabkan busi motor basah? Jika belum pada ulasan kali ini kami akan memberikan kalian uraian apa saja yang dapat menyebabkan busi motor basah.

Penyebab Busi Motor Basah Oli

Ada oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Kondisi yang satu ini sebenarnya sangat jarang terjadi. Namun bukan berarti tidak bisa kalian alami, terutama jika kendaraan yang kalian miliki termasuk kategori motor 2 tak.

Secara teori, oli tidak mungkin bisa masuk ke dalam ruang pembakaran. Namun pada beberapa kondisi tertentu hal ini bisa saja terjadi karena suatu hal.

Sebut saja terjadi kebocoran pada bagian silinder ataupun ring piston motor yang sudah mulai aus. Jika sudah demikian, kalian harus mengganti ring pistonnya dengan yang baru.

Adapun penyebab lainnya yang membuat busi motor basah yang perlu kalian ketahui berikut ini.

Penyebab Busi Motor Basah Yang Perlu Kalian Ketahui

Adapun penyebab busi motor basah yang perlu kalian ketahui diantaranya yaitu:

Busi Sudah Tidak Berfungsi Maksimal

Penyebab busi motor basah yang pertama ialah komponen yang satu ini mungkin sudah tidak berfungsi secara maksimal. Akibatnya proses pembakaran pun terhambat dan menyebabkan bensin yang berada dalam ruang bakar mengembun pada ujung busi.

Masalah Pada Sistem Pengapian

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kendaraan roda dua mengenakan sistem pengapian CDI yang nantinya akan membuat proses induksi pada komponen koil berlangsung dengan singkat dan cepat.

Nah karena komponen CDI ini memiliki peran yang cukup penting maka ketika terjadi masalah ia akan sangat mempengaruhi kinerja busi.

Akibatnya apabila busi tidak menyala namun terjadi proses pencampuran antara udara dengan bahan bakar dalam ruang pembakaran.

Hal ini akan menyebabkannya lembab hingga membuat busi motor kalian basah. Jika sudah demikian percikan api yang seharusnya diproduksi oleh busi pun akan terhambat dan proses pembakaran juga tidak akan bekerja dengan maksimal.

Penyebab Busi Basah Bisa Dari Berbagai Hal

Diantaranya, setelan karburator yang terlalu banyak (gemuk), lalu bisa juga ditimbulkan oleh kebocoran pada oli mesin. Faktor lain ialah air yang masuk ke dalam mesin, membuat rumah busi juga basah sehingga pengapian terganggu.

Kualitas dari bahan bakar yang digunakan juga dapat menyebabkan busi tidak berfungsi maksimal. Misalnya bensin tercampur air atau oli, maka pengapian pada busi (elektroda busi) terganggu.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Busi Motor Basah Oli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂