Penyebab Busi Basah Pada Motor F1ZR

Posted on

Penyebab Busi Basah Pada Motor F1ZR – Dalam hal ini beberapa jenis sepeda motor di seluruh dunia diciptakan untuk dapat memenuhi segala macam perbedaan keburukan dan minat masing-masing individu di kalangan masyarakat.

Dan dari kesemua jenis sepeda motor yang hadir tersebut memiliki berbagai keunggulan dan kelemahan satu sama lainnya yang dan biasanya akan terus diperbarui dengan penambahan fitur tertentu.

Dan beberapa jenis atau model sepeda motor sempat menjadi sangat populer di jamannya baik karena kecepatan maupun karena bentuk design fisiknya yang menarik.

Dan salah satu model atau merk sepeda motor yang cukup melegenda ialah Yamaha F1ZR yang cukup populer untuk pilihan motor dengan mesin 2 tak. F1ZR termasuk kedalam daftar motor klasik di Indonesia yang sudah tidak di produksi lagi dan hanya dapat didapatkan dalam kondisi bekas.

Di era mesin 2 tak yang telah berakhir menjadikan motor Yamaha F1ZR tidak diproduksi lagi karena semakin ketatnya emisi yang tidak bisa dipenuhi oleh motor dengan mesin 2 tak dan bukan karena adanya pelarangan mesin 2 tak digunakan di Indonesia.

Nah dalam artikel kali ini, kami akan memberikan ulasan dalam mengenai sepeda motor Yamaha F1ZR berkaitan dengan salah satu kondisi masalah teknis yang sering terjadi pada motor tersebut yakni kondisi busi yang basah.

Namun sebelum mengulas dan membahas secara detail terkait kondisi busi yang basah tersebut alangkah lebih baik mengenal dan mengetahui secara mendalam mengenai motor Yamaha F1ZR tersebut yang dijelaskan dibawah ini.

Mengenal Motor Yamaha F1ZR

Yamaha F1ZR yang pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 1997 ialah pengembangan atau facelift dari sepeda motor pendahulunya yang dikenal dengan nama Yamaha Force One dan Yamaha F1 Z.

Motor Yamaha F1ZR ini memiliki komponen mesin motor yang paling dikenal ialah kopling yang masih semi otomatis atau sering diberi julukan sebagai motor dengan (Kopling Banci), motor Yamaha yang cukup populer karena kecepatannya ini juga dikenal dengan nama Fiz R.

Setelah tahun 1997, Yamaha membuat perubahan besar pada bentuk dari motor Yamaha F1ZR pada tahun 2000 dengan tampilan yang lebih menarik. Sepeda motor Yamaha F1ZR termasuk ke dalam sepeda motor bebek terbaik di Indonesia namun sudah resmi berhenti di produksi pada tahun 2004.

Pada tahun tersebut pula dikeluarkan Yamaha Vega R sebagai pengganti F1ZR namun dengan mesin 4 tak. Berhentinya produksi Yamaha F1ZR sebenarnya bukan karena pamor yang menurun namun karena mesin 2 tak sulit untuk memenuhi persyaratan emisi yang diterbitkan oleh pemerintah.

Dan hingga saat ini, Yamaha F1ZR masih banyak di cari dalam bentik bekasnya dan biasanya dibutuhkan karena dalam kemampuan mesin 2 tak yang lebih kuat dan berpower tinggi.

Mengingat aturan ketat emisi yang ada menjadikan penggunaan motor Yamaha F1ZR hanya banyak digunakan di daerah-daerah dan kota-kota kecil yang tidak terlalu ketat menerapkan aturan emisi.

Penyebab Busi Basah Pada Motor F1ZR

Dan salah satu jenis permasalahan teknis pada komponen mesin motor yang dapat terjadi pada Yamaha F1ZR ialah busi basah. Kondisi busi yang basah tersebut dapat menyebabkan motor menjadi susah untuk dinyalakan. Nah berikut ini beberapa penyebab busi basah pada motor F1ZR.

Baca Juga :  [100% Simpel] Cara Mengetahui Ciri Atau Tanda Busi Perlu Diganti

Busi Sudah Tidak Berfungsi

Yang dimaksud dari kondisi busi motor Yamaha F1ZR basah ialah keadaan dimana busi tidak dapat memetikan api. Penyebab busi basah pada motor F1ZR yang pertama ialah karena busi motor tersebut sudah dalam kondisi mati sehingga tidak dapat berfungsi lagi.

Busi motor ialah salah satu sparepart sepeda motor yang sering rusak sehingga perlu penggantian secara berkala. Kondisi busi motor yang sudah tidak mengeluarkan percikan api tidak akan dapat menghidupkan sepeda motor baik di starter secara manual maupun elektrik.

Elektroda Busi Terkena Oli

Penyebab lainnya yang dapat menjadikan busi basah sehingga tidak dapat memercikan api yang berguna untuk proses pembakaran ialah karena adanya oli dalam ruang bakar. Adanya oli pada ruang pembakaran dapat terjadi karena beberapa kondisi seperti kebocoran oli dan jumlah oli yang sangat berlebih.

Kondisi oli yang mengenai elektroda ini lebih mudah terjadi pada motor Yamaha F1ZR yang menggunakan sistem mesin 2 tak. Hal ini dikarenakan pada sistem mesin 2 tak dikenal dua oli yakni oli mesin dan oli samping. Oli samping itulah yang biasanya dapat merembes dan membasahi bagian elektroda pada busi.

Penyebab Lainnya

Selain kedua penyebab utama tersebut ada beberapa penyebab lain yang dapat menjadikan busi motor Yamaha F1ZR basah. Beberapa penyebab tersebut diantaranya seperti adanya air yang masuk ke dalam rumah busi akibat kebocoran pada seal mesin atau terbawa oleh intake udara yang masuk ke dalam mesin.

Faktor kualitas busi yang memang buruk sehingga sangat mudah mengalami kerusakan, serta faktor kualitas bahan bakar yang dimasukkan ke dalam mesin terutama jika bahan bakar tersebut tidak di dapatkan dari SPBU resmi.

Baca Juga :  Udah Tau Belum? Sejarah Perkembangan Sepeda Motor

Nah itulah beberapa hal berkaitan dengan motor Yamaha F1ZR dan salah satu penyebab permasalahan yang sering terjadi pada motor tersebut yakni kondisi busi basah.

Sebagai motor tua, Yamaha F1ZR memiliki proses perawatan yang lebih mendetail dan tidak boleh diabaikan karena sangat rentan sekali mengalami berbagai macam masalah teknis.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Busi Basah Pada Motor F1ZR semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂