Pajak Motor PCX – Tahunan, 5 Tahunan Dan Dendanya

Posted on

Pajak Motor PCX – Nah siapa sih yang tidak kenal dengan brand motor Honda? Menjadi salah satu pabrikan sepeda motor dengan jumlah konsumen yang begitu banyak, menjadikan Honda selalu menawarkan produk baru sebagai inovasi seger bagi para konsumennya.

Tidak tanggung-tanggung, untuk memuaskan konsumen di tanah air, Honda telah banyak merilis motor dengan begitu banyak sekali pilihan. Dan salah satu diantaranya ialah Honda PCX, Motor matic yang bisa dibilang punya kesan begitu nyaman saat digunakan.

Lantas bagaimana tidak, dengan bodi bongsor yang dimilikinya. Motor matic terbaik Honda ini punya cukup banyak inovasi yang ditawarkan. Dan tidak terkecuali pada sektor performa yang dihadirkan dengan memakai mesin berkapasitas 125 cc dan juga 150 cc.

Sebagai salah satu pilihan motor matic terbaik yang ada saat ini, memiliki motor Honda PCX juga harus memikirkan pajak tahunan yang sudah menjadi kewajiban.

Oleh karena itu, jika kalian berencana membeli motor matic yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui secara rinci besaran nilai pajak motor PCX per tahun dan 5 tahunan yang akan di ulasan dibawah ini.

Cara Mengetahui Pajak Honda PCX

Hadir dalam dua varian kapasitas mesin yang berbeda otomatis pajak motor PCX juga akan ditawarkan dengan besaran tariff yang berbeda-beda. Oleh sebab itu sebelum membahas lebih detail mengenai pajak motor Honda PCX, kita ketahui dulu bagaimana cara menghitungnya.

Secara garis besar, cara mengetahui nilai pajak motor PCX tidak jauh berbeda dengan cara mengetahui pajak motor Ninja 250 yang sebelumnya telah kita bahas.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Body Motor Yang Pecah

Dimana selain bisa cek pajak motor secara online, mengetahui nilai pajak motor PCX juga bisa dengan melihat langsung pada lembar STNK dibagian PKB atau pajak kendaraan bermotor.

Nilai pajak yang tertulis ialah 1.5% dari nilai jual kendaraan. Namun dibeberapa daerah, mungkin nilai pajak Honda PCX akan bisa berbeda-beda, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing daerah.

Daftar Pajak PCX Terbaru

Ketika sudah paham bagaimana cara mudah mengetahui nilai pajak motor Honda PCX. Nah berikut ini ialah data lengkap dan terbaru terkait pajak motor Honda PCX tahunan dan juga 5 tahunan.

Nah bagi kalian yang memang berencana membeli motor bongsor yang satu ini. Tidak ada salahnya menyimak detail biaya pajak Honda PCX untuk semua tipe dan varian berikit ini:

Pajak Honda PCX Tahunan

Pajak Honda PCX 5 Tahunan

Bukan hanya harus memikirkan pajak tahunan, memiliki kendaraan bermotor juga harus memikirkan pajak 5 tahunan. Yang dimana pajak 5 tahunan ini dibarengi dengan proses ganti plat motor yang memang sudah menjadi peraturan pemerintah.

Lalu berapa kiranya besaran nilai pajak motor PCX untuk 5 tahunan? Nah bagi kalian yang belum tahu, untuk membayar pajak motor 5 tahunan sebenarnya hanya perlu menambahkan pajak tahunan ditas dengan beberapa biaya lain seperti:

Denda Telat Bayar Pajak Motor PCX

Membayar pajak motor dengan tepat waktu memang sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap pemilik. Jika tidak, maka sesuai peraturan yang ada, maka akan dikenai denda dengan besaran tertentu.

Dimana denda yang akan didapat akan berbeda-beda sesuai dengan waktu telat pembayarannya. Jadi jika telat 1 bulan, 2 bulan atau bahkan sampai 1 tahun, nilai dendanya otomatis akan berbeda.

Untuk mengetahuinya, berikut adalah rumus yang bisa kalian pakai dalam menghitung denda telat bayar pajak motor PCX.

Baca Juga :  [Trik Unik] Mengatasi Aki Motor Soak Dengan Obat Sakit Kepala [ Bodrex ]

Telat 1 bulan : PKB x 25% x 1/12 + denda SWDKLLJ

Dengan menggunakan rumus perhitungan denda telat bayar pajak motor diatas, kalian akan bisa menemukan nilai denda yang harus di bayarkan. Namun perlu di ingat, pada angka yang otoflik tebalkan diatas, kalian harus mengantinya dengan jumlah bulan telat.

Demikianlah pembahasan mengenai Pajak Motor PCX semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.