Oli Rantai Motor ? Oli Bekas Atau Chain Lube

Posted on

Oli Rantai Motor – Pelumas adalah serangkaian zat yang mengurangi gesekan dan keausan antara dua permukaan sehingga diterapkan pada antarmuka dua permukaan melalui bahan yang digunakan pada permukaan atau bagian sesuatu, terutama sesuatu yang mekanis, agar bagian tersebut bergerak dengan lancar.

Ciri Pelumas

Pelumas memiliki karakteristik, diantaranya yaitu:

  • Titik nyala tinggi dan titik tuang rendah (untuk mengalirkan dan melumasi dalam kisaran suhu)
  • Indeks viskositas tinggi (agar tetap stabil dan melumasi dalam kisaran suhu dan perubahan suhu)
  • Stabilitas termal
  • Penyapihan (Kemampuan pemisahan air)
  • Pencegahan korosi
  • Resistensi keasaman tinggi
  • Dapat bercampur dengan pelumas lain
  • Fungsi efektif dalam tekanan dan beban tinggi

Fungsi Pelumas

Fungsi utama pelumas diantaranya yaitu:

  • Minimalisasi gesekan. Film pelumas yang terbentuk di antara permukaan logam yang bergerak dalam kontak sama sekali tidak memungkinkan terjadinya kontak ini.
  • Pengurangan panas yang tumbuh. Semakin kental pelumas, semakin tinggi gesekan internal dan panas yang dihasilkan. Pemilihan pelumas yang tepat memberikan keseimbangan yang diperlukan antara apa yang diperlukan untuk melindungi mesin tanpa menimbulkan gesekan internal yang berlebihan pada pelumas yang digunakan.
  • Pengurangan keausan adalah fungsi dasar pelumas. Umumnya, semakin kental oli, semakin besar perlindungan terhadap keausan, dengan aditif juga memainkan peran penting. Aditif modern memungkinkan penggunaan pelumas dengan viskositas rendah untuk menawarkan perlindungan yang sama terhadap keausan.
  • Perlindungan terhadap korosi dan karat. Saat pelumas β€œmenua”, itu akan menciptakan produk sampingan yang korosif, sehingga dibutuhkan perlindungan terhadap logam dengan aditif anti korosi / anti karat tertentu.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Motor Cepat Panas

Selain mesin, rantai sepeda motor pun wajib dirawat agar fungsinya tetap maksimal, salah satunya dengan memberikan pelupas. Nah mengenai pelumas rantai, ada orang yang lebih memilih untuk membeli chain lube, ada pula yang justru lebih memilih menggunakan oli bekas karena lebih murah dan praktis.

Manakah Yang Terbaik, Oli Bekas Atau Chain Lube?

Jika berbicara yang terbaik, chain lube tentu pilihan terbaik. Pasalnya, produk pelumas ini memang khusus diciptakan untuk melumasi dan merawat rantai. Sementara oli bekas bukan pilihan bijak mengingat tidak sesuai dengan fungsinya.

Jika Anda masih memaksa menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai, ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi, diantaranya :

  • Oli mesin membuat rantai motor lebih cepat memuai. Imbasnya, rantai bisa jadi kendur dan melar.
  • Oli bekas berisiko membuat komponen rantai cepat rusak, seperti o-ring dan lainnya.
  • Efek pelumasannya tidak akan maksimal karena tidak sesuai dengan fungsinya.
  • Oli bekas mengandung serbuk gram dan kotoran dari dalam mesin. Kotoran ini bisa menempel, dan malah akan menarik lebih banyak kotoran untuk menempel pada rantai.
  • Oli bekas bersifat lengket, dan malah akan mengotori rantai, bukan melumasi.

Dengan kata lain, menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai bukanlah ide baik. Bahkan dalam kondisi darurat sekalipun!

Bagaimana Jika Menggunakan Minyak Goreng?

Jika dibanding dengan oli bekas, minyak goreng masih bisa jadi alternatif darurat. Tapi ingat, pastikan kalian menggunakan minyak goreng yang baru, bukan jelantah.

Alasannya, minyak goreng warnanya bening sehingga rantai terlihat bersih. Selain itu, minyak goreng pun lebih mudah didapat, tidak menimbulkan reaksi negatif untuk rantai, tidak menyebabkan pemuaian pada rantai dan cenderung mudah dibersihkan (dibanding oli bekas).

Baca Juga :  Dampak Memendekkan Shockbreaker Motor

Tapi sayang, kemampuan minyak goreng dalam melumasi tergolong sangat rendah alias mudah habis. Makanya, saat menggunakan minyak goreng sebagai pelumas rantai, kalian harus sering-sering mengecek kondisi rantai, apakah sudah kering atau belum.

Dengan kata lain, jika dalam kondisi darurat, minyak goreng bisa jadi alternatif untuk melumasi rantai. Tapi ingat, ini hanya untuk kondisi darurat saja!

Demikianlah pembahasan mengenai Oli Rantai Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚