Oli Pertamina

Posted on

Oli Pertamina – Gunakan oli sesuai jenis sepeda motor, dalam hal ini Pertamina siapkan 6 pilihan pelumas. Pelumas atau oli ialah salah satu komponen penting yang butuh perhatian khusus pada kendaraan. Namun dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan.

Pemilik kendaraan harus memperhatikan petunjuk  yang direkomendasikan pabrikan. Apalagi jenis sepeda motor bermacam-macam, ada yang memakai karburator dan injeksi. Selain itu ada sepeda motor bertransmisi manual (kopling), semi otomatis dan matik (otomatis).

Lalu bagaimana memilih pelumas yang tepat? Produk pelumas terus berkembang seiring dengan inovasi teknologi dari produsen otomotif, dimana pelumas akan menyesuaikan kebutuhan kendaraan.

Kompresi mesin kendaraan sekarang semakin tinggi. Ini seiring dengan inovasi teknologi produsen otomotif dalam membuat sepeda motor yang lebih efisien dan lebih tinggi. Pelumas pun mengikuti perubahan tersebut dengan menghadirkan jenis oli terbaru.

Motor model terbaru secara mekanis memiliki celah ringan piston yang semakin kecil, sehingga dibutuhkan partikel pelumas yang lebih kecil. Untuk itu pelumas untuk model sepeda motor baru lebih encer.

Celah ring piston pada mesin kendaraan sekarang semakin kecil. Ini untuk menghasilkan kompresi yang lebih baik, sehingga diperlukan pelumas dengan partikel ultra kecil hingga ukuran nano. Jadi secara karakter, pelumas motor lama dengan baru berbeda.

Pelumas pada dasarnya memiliki tiga fungsi yakni lubricate (pelumas), cool (pendingin), clean (pembersih). Jika tidak tepat akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Oli Pertamina

Sebab itu kebutuhan pelumas antara motor matik, sport dan racing berbeda. Pertamina telah menyiapkan enam jenis pelumas sesuai dengan model sepeda motor, sebagai berikut:

Enduro 4T Sport SAE 5W-30

Enduro 4T Sport SAE 5W-30 ialah pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerha akselerasi dan perlindungan dari aus. Pelumas ini telah memenuhi persyaratan tingkat mutu API Service SL dan JASO MA2.

Keunggulan Enduro 4T Sport SAE 5W-30 menghasilkan akselerasi dan power maksimum. Kemudian, friksi yang tinggi pada kopling dapat meminimilisasi slip pada sistem kopling basah.

Enduro 4T Sport SAE 5W-30 direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah dengan sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

Enduro 4T Racing 10W-40

Enduro 4T Racing 10W-40 ialah pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi di formulasikan base oli sintetik dan aditif API SL pilihan. Pelumas ini telah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil, sehingga tidak menyebabkan slip pada kopling.

Memenuhi standar mutu JASO MA2 dan API SL/SJ, Enduro 4T Racing SAE 10W-40, sesuai dengan sepeda motor generasi terbaru serta akselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi radiasi panas dari mesin.

Pelumas ini juga dapat membersihkan mesin, serta mencegah terbentuknya deposit pada piston, korosi dan menjaga komponen mesin dari aus. Enduro 4T Racing SAE 10W-40 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya.

Enduro 4T Racing SAE 20W-50

Enduro 4T SAE 20W-50 ialah pelumas bermutu tinggi yang diformulasikana dari bahan dasar mineral berkualitas dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor empat langkah. Enduro 4T SAE 20W-50 adalah produk berkekentalan ganda yang stabil memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperature rendah dan tinggi.

Keunggulan pelumas Enduro 4T SAE 20W-50 sudah memenuhi tingkatan kualitas API SJ dan JASO MA (approved) ini, antara lain memiliki stabilitas shear yang sangat baik, memudahkan sirkulasi pelumas pada waktu start up dan memberikan pengaruh pendinginan, serta pelumasan optimal pada temperatur dan kecepatan operasi tinggi.

Enduro 4T SAE 20W-50 terhitung sanggup menahan slip pada kopling basah, memiliki stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi tinggi.

Selain itu, pelumas ini sanggup memelihara kebersihan mesin serta memberikan dukungan sangat baik pada pembentukan deposit pada piston, serta memberikan akselerasi optimal supaya motor sanggup melaju lebih cepat.

Enduro Matic SAE 10W-30

Enduro Matic SAE 10W-30 adalah pelumas motor empat cara matik memiliki kwalitas tinggi bersama dengan moly additive untuk kurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Pelumas ini memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi oli dan memberikan fuel economy yang lebih baik.

Enduro Matic SAE 10W-30 disarankan untuk pelumasan mesin motor empat cara bersama dengan sistem dry clutch. Pelumas tersebut memiliki tingkat kualitas JASO MB (approved), yang merupakan standar Jepang untuk motor empat cara matik. Selain itu terhitung memenuhi tingkat performance API SL.

Keunggulan Enduro Matic SAE 10W-30, antara lain punya kandungan moly additive untuk kurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi, kekentalan pelumas cocok sepeda motor generasi paling baru supaya gampang waktu start di dalam suasana mesin dingin, memberikan pendinginan optimal dan fuel economy lebih baik.

Pelumas ini memberikan proteksi lebih baik bagi mesin-mesin yang beroperasi pada kecepatan tinggi, memelihara kebersihan mesin, dan memelihara mesin dari korosi, serta keausan.

Enduro Matic SAE 10W-30 disarankan untuk mesin sepeda motor empat cara matik (skutik), brand Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

Enviro 2T SAE 20

Enviro 2T SAE 20 merupakan pelumas kendaraan dua cara bersama dengan bahan bakar bensin. Pelumas ini merupakan semi sintetis yang dibikin dari bahan basic pelumas mineral ditambah bahan basic polyisobutylene sintetis dan aditif-aditif yang unggul.

Enviro 2T SAE 20 memenuhi standar paling baru untuk pelumas motor dua cara berpendingin hawa yang jadi tuntutan utama industri-industri otomotif Jepang meliputi sifatdetergency, pelumasan, asap dan penyumbatan pada saluran gas buang.

Keunggulan-keunggulan tertentu yang dimiliki pelumas Enviro 2T SAE 20 adalah tidak mengeluarkan asap pada knalpot kendaraan, memelihara kebersihan anggota mesin, menahan pembentukan deposit karbon pada piston dan kemacetan pada torak.

Enviro 2T SAE 20 merupakan pelumas untuk mesin dua cara bersama dengan sistem pendingin udara. Oli ini memenuhi JaSO FC (approved) dan global Standard Organization (ISO) L-EG-D.

Enduro Matic G SAE 20W-40

Enduro Matic G SAE 20W-40 adalah pelumas motor matik empat cara memiliki kwalitas tinggi yang didesain tertentu memakai base oil sintetik. Pelumas ini cocok untuk pengendara di dalam kota yang sering terjebak kemacetan.

Enduro Matic G SAE 20W-40 memiliki viskositas lebih tinggi dibandingkan pelumas lain, supaya sanggup memelihara temperatur mesin, terlebih di jalur statis. Pelumas ini sudah mendapat pernyataan kualitas JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor empat cara matik dan memenuhi tingkat performance API SL.

Keunggulan Enduro Matic G SAE 20W-40 memiliki ketahanan tinggi pada oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin, supaya memperpanjang era memakai pelumas, dan memiliki kestabilan viskositas tinggi yang sanggup memelihara mesin sepanjang pemakaian.

Pelumas ini terhitung membawa kekentalan relatif rendah pada suhu dingin supaya sanggup memelihara engine sejak mesin dinyalakan. Enduro Matic G SAE 20W-40 disarankan untuk mesin sepeda motor empat cara matik (skutik).

Demikianlah pembahasan mengenai Oli Pertamina semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

5/5 - (113 votes)