Cara Ganti Oli Gardan Honda Beat

Posted on

Oli Gardan Beat – Dalam hal ini pada setiap motor matic ada dua jenis oli yakni oli mesin dan oli gardan. Oli gardan atau disebut juga gear oli berfungsi pelumas gear belakang motor. Letaknya ada didekat as roda belakang.

Namun sama seperti oli mesin oli gardan ini juga harus diganti secara rutin. Namun bagi kalian yang ingin mengganti oli gardan ini ternyata caranya cukup mudah, bahkan dibandingkan saat mengganti oli mesin, ini lebih mudah. Lantas bagaimana caranya? Simak panduan dibawah ini.

Cara Mengganti Oli Gardan Honda Beat

Sebelumnya kalian siapkan alat dan bahan seperti:

  • Kunci 12 mm, bisa kunci ring, shock, atau kunci T. Usahakan tidak menggunakan kunci inggris karena terlalu besar.
  • Bak penampung oli bekas, anda bisa gunakan gelas air bekas, bejana kecil atau botol oli bekas.
  • Oli gardan baru, anda bisa dapatkan di bengkel motor manapun dengan harga sekitar 15 ribu untuk yang ukuran 120 ml. untuk merknya, bebas tapi usahakan disesuaikan dengan motor.

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, kita lanjut untuk menggantinya.

Parkirkan Motor Di Tempat Yang Datar Menggunakan Standar Tengah

Hal yang pertama yakni dengan tempat rata akan sangat membantu proses pengisian karena untuk mengganti oli ini posisi motor harus rata, sehingga selain standar tengah, motor juga diparkir di tempat yang rata.

Lepas Baut Pengisi Dan Penguras

Ada 2 baut pada gardan Honda Beat, yang masing-masing ada di bagian samping cover gardan. Pertama kalian lepas dulu baut pengisi yang posisinya diatas, kemudian setelah selesai kendorkan baut penguras tapi jangan sampai lepas.

Baca Juga :  √ Bunyi Berisik Di Kanan Mesin Motor "Inilah Penyebab & Mengatasinya"

Sebelum baut penguras terlepas letakan bak penampung tepat dibawah lubang penguras oli. Setelah bak penampung sudah diposisikan dengan tepat, lepas baut penguras maka oli gardan akan mengalir keluar.

Mengapa harus melepas baut pengisi? Ini digunakan sebagai ventilasi, sehingga oli bisa dikuras dengan mudah. Untuk memaksimalkan oli yang keluar, kalian bisa memiringkan motor kea rah bak penampung.

Tutup Dan Kencangkan Baut Penguras

Setelah oli berhasil terkuras, langsung pasang kembali baut penguras sambil dikencangkan juga. Pasalnya kalau langsung tidak dikencangkan, dikhawatirkan lupa dan nantinya malah lepas, sehingga kalian sendiri yang repot nantinya.

Saat mengencangkan baut ini, jangan terlalu keras. Baut ini hanya berfungsi menutup lubang bukan untuk melekatkan komponen, jadi tidak perlu kencang-kencang asal rapat dan baut tidak bisa diputar menggunakan tangan.

Kalau baut kekencangan, justru akan menyulitkan proses penggantian nantinya. Alasannya, panas pada gardan akan semakin merekatkan baut sehingga nantinya akan lebih keras lagi saat akan dilepas, akibat yang terparah, baut bisa patah.

Isi Oli Gardan Baru Melalui Lubang Pengisi

Botol kemasan oli gardan sudah dibuat bermoncong. Untuk membukanya tidak di putar seperti oli mesin melainkan digunting ujungnya.

Setelah ujung moncong digunting, masukan moncong oli tersebut ke lubang pengisi dan tekan botol oli hingga oli dari botol masuk semuanya ke gardan. Namun kalau oli didalam botol masih ada tapi oli sudah meluber jangan paksakan.

Dan terakhir pasang kembali baut pengisi dengan ketentuan yang sama seperti pemasangan baut penguras. Jangan lupa membersihkan sisa ceceran oli baik pada lantai atau pada gardan, hal ini karena oli bisa menarik debu untuk menempel sehingga bisa membuat gardan kotor.

Baca Juga :  Tips Inreyen Motor Baru

Cara ini secara umum bisa diaplikasikan pada semua jenis motor matic, tinggal menyesuaikan ukuran baut penguras dan pengisinya.

Demikianlah pembahasan mengenai Oli Gardan Beat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.