Motor Sering Mogok Mendadak Di Jalan

Posted on

Motor Sering Mogok Mendadak Di Jalan – Dalam hal ini motor sering mogok dijalan pastilah merupakan pengalaman yang amat tidak menyenangkan. Tidak hanya itu, motor yang mogok mendadak bisa membahayakan keselamatan kalian sebagai pengemudi dan sesama pengguna jalan.

Namun untuk mengatasi motor yang mogok secara mendadak pada saat berkendara, kerap menjadikan sebagian orang kebingungan dimana masih banyak orang yang kurang mengetahui tentang penyebab yang bisa menjadikan motor sampai bisa mogok mendadak.

Nah di artikel kali ini kami ingin memberikan beberapa alasan paling umum mengapa motor kalian bisa sering mati mendadak dijalan.

6 Penyebab Motor Sering Mogok Mendadak Dan Cara Mengatasinya

Berikut ialah 6 penyebab motor sering mogok mendadak dan cara mengatasinya yang perlu kalian ketahui apabila motor kalian mogok dijalan yaitu:

Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah

Pemilihan jenis bahan bakar berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor.

Pemakaian oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbale yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati.

Seperti premium yang memiliki harga yang murah padahal kadar oktannya 88 yang termasuk ketegori oktan rendah.

Cara Mengatasi

Pilihlah bahan bakar dengan kadar oktan tinggi diatas 92 seperti Pertamax. Dengan tingkat oktan yang tinggi proses pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan juga kecil.

Untuk lebih tepatnya pilihlah bahan bakar yang ideal untuk motor kalian tersebut.

Filter Udara Yang Kotor

Fungsi filter udara ialah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel-partikel kotoran dan debu agar campuran udara dan BBM lebih sempurna.

Apabila kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok. Filter udara menjadi kotor dapat disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama.

Cara Mengatasi

Pastikan kalian sering cek kondisi saringan udara, motor matic sekarang sudah menggunakan filter udara jenis basah dimana filter udara ini tidak bisa dibersihkan dan harus langsung diganti.

Sisi positifnya ialah filter udara ini lebih tahan dibanding filter udara kering yang harus dibersihkan secara berkala.

Setelan Klep Tidak Tepat

Penyebab motor mendadak mati bisa diakibatkan dari setelan klep yang terlalu rapat. Bila celah terlalu rapat, mesin bakal cepat panas dan akselarasi terlampau kurang.

Kerenggangan klep ini sangat penting maka dari itu setiap motor diberikan rentang ukuran yang sudah distandarkan sesuai spesifikasi mesin.

Cara Mengatasi

Ketidak cocokan setingan klep in dan ex bisa memperpendek masa pakai dari komponen tersebut. Selain ikuti celah standar pabrikan, penyetalan harus dilakukan ketika mesin dingin.

Segera lakukan settingan sesuai standar motor karena satuan yang digunakan ialah millimeter, misalnya standar klep megapro ialah 0,10 (In) dan 0,10 (Ex).

Mesin Terlalu Panas Atau Overheat

Penyebab overheat pada motor ialah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring.

Panas tidak mampu diredam dengan pelumas sehingga suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.

Cara Mengatasi

Tunggu mesin sampai benar-benar dingin, setelah itu lepaskan busi kemudian masukkan oli yang baru melalui lubang busi. Ini berguna untuk melumasi piston yang tersumbat, setelah mesin dingin dan oli telah dimasukkan nyalakan motor menggunakan starter elektrik.

Komponen Pengapian Mati

Salah satu penyebab sepeda motor mendadak mati ialah hilangnya pengapian. Percikan api dalam pengapian ini berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Di ruang pemabakaran inilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jika api hilang maka akan berdampak tidak ada proses pembakaran dan mesin pun tidak akan hidup. Untuk mencari penyebab hilangnya api harus mendeteksi satu per satu komponen pengapian motor, mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.

Cara Mengatasi

Harus dilakukan pengecekan satu per satu mulai dari busi, koil, CDI, sepul dan bagian lain motor untuk memastikan komponen pengapian mana yang mati.

  • Busi
    Lepas dan dekatkan busi pada blok mesin, kemudian tekan tombol starter. Jika busi memercikan api dengan warna biru, artinya busi sehat. Jika percikan apinya merah, ganti dengan busi baru sesuai spesifikasi motor.
  • Koil
    Tempelkan kabel koil ke badan mesin lalu starter mesin, bila terdapat percikan api jangan terburu-buru menyimpulkan koil masih bagus. Cek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak ada percikan api berarti koil tidak berfungsi optimal. Karena fungsi koil untuk memperbesar arus listrik kalau ternyata arus di busi tidak ada maka komponen itu tidak berfungsi lagi. Alangkah lebih baik bawa ke bengkel terdekat supaya bisa dicek dengan multitester.
  • CDI
    Komponen ini adalah otaknya sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket, ganti dulu dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah ada pada CDI aftermarket Anda.

Tutup Tangki Tersumbat

Pada tutup tangki terdapat lubang kecil  yang berfungsi sebagai ventilator atau pernafasan. Apabila lubang kecil tersebut tersumbat akan berakibat hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun atau tidak mengalir.

Cara Mengatasi

Pastikan lubang ventilator tutup tangki bersih dan tidak tersumbat. Gunakan udara bertekanan atau kompresor untuk membuang kotoran yang menyumbat lubang.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Sering Mogok Mendadak Di Jalan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂