Penyebab Motor Matic Tiba Tiba Mati Dan Tidak Bisa Distarter

Posted on

Penyebab Motor Matic Tiba Tiba Mati – Untuk hal ini khususnya pada Negara kita sendiri terdapat sepeda motor terbaik di Indonesia, hal ini dikarenakan banyak pengendara yang suka dengan motor matic. Memiliki bentuk yang menarik dan keren, sehingga banyak orang Indonesia ingin menggunakan motor matic ini.

Dan selain itu, motor matic menyediakan harga yang bisa dijangkau oleh warga masyarakat Indonesia. Maka dari itu motor matic banyak orang yang memakainya, bahkan anak SMP pun juga menggunakan motor matic ini.

Dan sebelum kalian membeli motor matic pastikan bahwa kalian sudah mengerti dengan komponen motor matic yang sehingga apabila kalian mengalami kerusakan pada motor matic, kemungkinan besar kalian dapat memperbaiki motor matic dengan cara sednri.

Motor matic pada umumnya sangat mudah untuk digunakan, bahkan bagi kalian yang masih pemula pun, lebih baik kalian menggunakan motor matic, selain itu pada motor matic terdapat fitur yang sangat menarik.

Motor matic dapat disebut sebagai motor yang serba otomatis, motor matic juga sangat nyaman untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu motor matic banyak yang digemari oleh masyarakat Indonesia, ini juga dikarenakan motor matic menawarkan kepada bikers akan tetap aman dalam perjalanan ke tempat tujuan para pengendara.

Memang pada umumnya motor matic paling terbaik untuk warga masyarakat Indonesia namun dibalik semuanya terdapat banyak keluhan kalau motor maticnya rewel apalagi tiba-tiba mati dan susah dihidupkan kembali.

Mungkin ini salah satu komponen motor matic yang mudah rusak, yang sehingga ini akan membuat kita merasa kesal pada saat ingin melakukan atau dalam perjalanan menuju ke tempat tujuan.

Sejarah Motor Matic di Indonesia

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan motor matic, apa kamu sudah tahu motor matic, yang pertama muncul di Indonesia?

Vespa Corsa PK125

Untuk pertama kalinya, Indonesia kedatangan motor matic 2-tak asal Italia, yakni Vespa Corsa PK125, yang hadir di Indonesia pada tahun 1991.

Dilengkapi dengan mesin berkapasitas 121,2 cc 2-tak, beserta pendingin udara. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan persneling di bagian stang kiri, yang digunakan untuk memilih posisi transmisi neutral.

Kymco Jetmatic Trend 125

ernah memiliki motor matic yang satu ini? Ya, Kymco merupakan motor matic kedua yang hadir di Indonesia, pada tahun 2000 lalu.

Motor matic asal Taiwan ini, menjadi andalan motor matic, karena bentuknya yang simpel, dan performa yang cukup kuat.

Bahkan, salah satu konsumen Kymco pernah melakukan tes, dengan melakukan perjalanan Jakarta-Bali, secara nonstop, selama 100 jam.

Dengan pencapaian tersebut, Kymco mendapat penghargaan MURI. Motor ini dilengkapi mesin SOHC berkapasitas 124,6 cc, bermesin 4-tak.

Yamaha Majesty 125 dan Glide 100

Sebelum Yamaha Mio keluar, ternyata Yamaha Majesty lebih dulu muncul sebagai salah satu motor matic pertama di Indonesia.

Muncul pada tahun 2000, motor matic ini hadir dengan CBU (completely built up), yakni Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100.

Setelah itu, Yamaha kembali merilis Yamaha Nouvo AT 115 pada 2002 silam. Selanjutnya, Yamaha Mio pun muncul dan memberikan kesuksesan besar, bahkan hingga merajai pasar motor matic Indonesia.

Honda Vario 110

Setelah Yamaha, Honda juga ikut luncurkan motor matic, bernama Vario pada 2006. Selang dua tahun, Honda langsung meluncurkan Honda Beat, yang menjadi pesaing besar Yamaha Mio.

Suzuki Spin

Tidak mau kalah, pabrikan asal Jepang Suzuki juga merilis motor matic pertamanya, yakni Suzuki Spin pada 2006 lalu. Nah, kamu pernah punya yang mana? Apa pertimbanganmu memilih motor matic?

Banyak pemilik motor yang bingung dengan pilihan antara motor matic dan motor manual atau motor bebek. Namun, jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan motor matic berikut ini, mungkin bisa membuat pikiran kamu terbuka. Kira-kira lebih banyak kelebihannya atau kekurangannya ya? Yuk, langsung simak saja kelebihan dan kekurangan motor matic berikut ini!

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Adapun kelebihan dan kekurangan motor matic diantaranya yaitu:

Kelebihan Motor Matic

  • Motor lebih mudah dioperasikan atau digunakan
    Kelebihan motor matic yang pertama adalah motor lebih mudah untuk dioperasikan atau digunakan. Pasalnya, dengan motor matic, kamu tidak perlu mengatur oper gigi hingga kopling. Karena, kamu hanya perlu mengoperasikan gas dan rem saja
  • Memiliki ruang yang lebih banyak untuk menaruh barang
    Kelebihan motor matic yang kedua adalah lebih banyak memiliki ruang yang besar, terlebih untuk menaru barang. Pertama ada di sisi depan atau tempat untuk pijakan kaki, di jok belakang, dan di bagasi yang rata-rata, memiliki ruang yang besar, ketimbang motor manual.
  • Lebih lincah dan gesit
    Karena bodinya lebih simpel, terlebih mempunyai wheelbase pendek, sehingga membuatnya lebih lincah dan gesit di jalanan. Apalagi, jika kamu menggunakannya ketika jalanan macet, sehingga kamu lebih mudah untuk menyalip, di jalanan sempit dengan mudah.
  • Lebih ringan
    Selain gesit karena bodinya yang simpel, kelebihan motor matic lainnya adalah memiliki berat yang ringan. Sehingga, motor ini sangat cocok untuk dikendarai para wanita. Terlebih, kini banyak wanita yang mengendarai motor matic, dengan bebas, bahkan ketika menggunakan rok hingga high heels sekalipun.
  • Cocok untuk jalan-jalan keluarga
    Kelebihan motor matic berikutnya adalah motor ini cocok digunakan untuk jalan-jalan keluarga. Jangankan jalan-jalan, motor matic juga sering digunakan untuk mudik ke lokasi yang jauh.

Kekurangan Motor Matic

  • Lebih boros bahan bakar
    Kekurangan motor matic yang pertama adalah motor jenis ini lebih boros bahan bakar atau BBM. Meski saat ini banyak motor matic yang sudah menggunakan teknologi injeksi, tetap saja motor matic, tidak bisa mengalahkan keiritan motor bebek.
  • Memiliki diameter roda yang lebih kecil
    Seperti yang diketahui, bahwa motor matic memang lebih pendek ketimbang motor bebek, dan hal tersebut dikarenakan motor matic, memiliki diameter roda yang lebih kecil. Namun, dengan diameter roda yang kecil, selain menguntungkan, ternyata juga bisa menjadi sebuah kekurangan motor matic. Karena, dengan roda yang kecil dan pendek, akan membuat motor matic kurang nyaman, jika dikendarai pada permukaan yang kurang rata atau berbatu. Apalagi, ketika kamu melewati polisi tidur yang tinggi. Meski tidak semua, namun sebaiknya kamu lebih waspada ketika melewati jalanan jelek, dengan motor matic.
  • Pemilik harus lebih rajin cek ke bengkel
    Tahukan kamu, kekurangan motor matic ini, lebih sensitif, karena pemilik harus rajin-rajin membawanya ke bengkel. Pasalnya, motor matic digerakkan dengan CVT atau continuously variable transmission. Jika, tak rajin dibawa ke bengkel, maka CVT akan lebih mudah berat, dan kenyamanan terganggu.
  • Biaya perawatan lebih mahal
    Selain harus rajin cek ke bengkel, biaya perawatan dan service motor matic juga lebih mahal, dan ini menjadi salah satu kekurangan motor matic selanjutnya. Sehingga, kamu harus lebih siap soal segala biaya yang akan dikeluarkan, ketika motor bermasalah.
  • Hanya memiliki satu shockbreaker
    Jika kamu perhatikan, motor matic hanya memiliki satu shockbreaker, di bagian samping kanan bawah jok motor. Berbeda dengan motor bebek, yang memiliki dua, sehingga lebih kuat dalam membawa beban. Sehingga, untuk para pengguna motor matic, disarankan tidak membawa beban terlalu banyak, terutama penumpang.

Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati

 Nah bagi kalian yang ingin mencari tahu penyebab dari masalah ini kalian dapat membaca ulasan dibawah ini:

Komponen Busi Yang Sudah Rusak

Motor matic kalian mati terus susah dihidupkan ? mungkin terjadi pada komponen busi motor yang rusak atau ada gangguan pada komponen ini. Dan biasanya motor matic yang susah dihidupkan terjadi ketika busi motor rusak, karena terdapat busi yang sudah basah.

Apalagi pada saat kalian mengendarai motor di musim hujan, sehingga ini akan membuat busi motor menjadi basah tiba-tiba mati serta tidak bisa dihidupkan kembali.

Dan selain itu, busi yang rusak dan basah bukan hanya terkena air hujan, hal ini juga berkemungkinan juga karena adanya penyiraman bahan bakar yang terlalu banyak, sehingga bisa terkena pada busi dengan tetesan oli, dengan begitu ini berarti aka nada pembakaran dalam ruang bakar yang mengalami kerusakan.

Kompresi Yang Bermasalah

Kompresi yang bermasalah juga bisa terjadi motor matic kalian tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan kembali. Selain itu kompresi yang bermasalah menjadi salah satu penyebab motor matic ngempos saat digas.

Bahkan ini bisa terjadi motor matic kalian semakin boros bahan bakar serta penyebab mesin motor ngelitik dan cara mengatasinya cukup mudah, ini juga akan berpengaruh pada komponen yang lainnya, kalau kalian tidak memperbaiki secepatnya.

Pada Pengapian Bermasalah

 Ketika pada pengapian terdapat sesuatu yang masalah, kemungkinan besar motor matic kalian akan mati dan mustahil kalau motor matic kalian akan menyala. Pada poin ini sangat rawan kalau tidak ada pengapian pada motor matic.

Mungkin ini dapat terjadi kalau motor matic kalian akan rusak, karena pada sistem pengapian yang tidak berfungsi pasti motor kalian langsung mati dan sulit untuk dinyalakan kembali.

Komponen Dinamo Starter Rusak

Selain beberapa penyebab yang ada diatas, motor matic yang tiba-tiba dan sulit untuk dinyalakan bisa saja ini terjadi kerusakan pada dinamo starter.

Memang pada masalah ini tidak terlalu membahayakan namun ketika dinamo starter motor matic kalian rusak kemungkinan ini bisa terjadi pada komponen lain, seperti magnet, commutator dan lilitan tembaga yang akan rusak.

Aki Yang Bermasalah

Nah untuk penyebab yang selanjutnya kalian juga harus memperhatikan pada bagian aki motor matic kalian, mungkin motor matic kalian mati dan tidak bisa dihidupkan kembali, ini karena adanya aki yang bermasalah.

Kalau aki motor kalian sudah waktunya untuk diganti, kemungkinan besar ini juga akan terjadi masalah dari motor matic kalian susah untuk dinyalakan.

Cara Mengatasi Motor Matic Tiba-Tiba Mati

Bagi kalian yang sudah mengetahui beberapa penyebab dari motor matic yang  mati dan susah untuk distarter. Mungkin kalian bertanya untuk cara mengatasi agar motor matic kalian tetap menyala dan bisa distarter. Untuk hal demikian karena kami juga akan memberikan solusi atau cara mengatasi motor matic yang tiba-tiba mati serta tidak bisa distarter, diantaranya yaitu:

Penyebab Motor Matic Tiba Tiba Mati Dan ( Tidak Bisa Distarter ),,, Yuk Simak

Saat Pemakaian Yang Tidak Hati-Hati

Nah untuk hal yang pertama kalian juga harus memakai motor dengan secara berhati-hati. Maksudnya disini juga harus selalu perhatikan keadaan pada saat kalian sedang melakukan perjalanan.

Soalnya kebanyakan jalanan  yang rusak atau berlubang atau kalian sedang membawa motor dengan keadaan cuaca yang hujan, ini akan membuat masalah pada busi motor matic kalian sehingga motor matic akan mati tiba-tiba dan tidak bisa distarter lagi.

Memberikan Perawatan Terhadap Motor

Memang pada poin ini kalian malas untuk melakukannya, sehingga perawatan pada motor matic kalian sangat diprihatinkan. Berikan perawatan pada motor, maksudnya kalian harus mencuci motor maticmu kalau sudah kotor, bahkan mengecek mesin motor pun juga harus diperhatikan.

Selain itu perawatan pada motor yang berikutnya kami sarankan kalian selalu memanasi motor matic setiap hari, agar tidak terdapat kesalahan pada dinamo starter.

Rutin Membawa Motor Ke Tempat Service

Ketika kalian sudah melakukan dua cara yang ada diatas pastikan kalian juga jangan melupakan dengan selalu membawa motor matic kalian ke tempat service dengan tipe motor matic kalian. Paling tidak dua bulan atau mungkin tiga bulan sekali untuk melakukan service motor.

Dan kalian juga perhatikan kalau motor matic terdapat komponen-komponen yang rusak, hal ini juga harus diperhatikan apabila ada kerusakan lekas di perbaiki atau ganti yang baru. Dengan kalian selalu merespon motor matic kalian dijamin motor matic kalian akan selalu nyaman pada saat melakukan atau ingin berpergian ke tempat yang sudah ditentukan oleh kalian.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Matic Tiba Tiba Mati Dan Tidak Bisa Distarter semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂