Motor Matic Gredek

Posted on

Motor Matic Gredek – Dalam hal ini sepeda motor masih menjadi salah satu sarana transportasi yang terbilang cukup banyak untuk dijadikan pilihan bagi sebagian besar orang. Hal demikian dikarenakan sepeda motor memiliki penggunaan yang mudah dan juga cukup efisien untuk urusan waktu.

Dan selain itu untuk harga sepeda motor juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan roda empat. Dengan alasan tersebutlah saat ini banyak sekali pabrikan sepeda motor yang begitu antusias merilis dan memperkenalkan satu per satu produk terbaik dan terbaru mereka di pasar tanah air.

Dari begitu banyaknya pabrikan yang ada, mungkin nama Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki menjadi nama yang sudah tidak begitu familiar di telinga kita. Dan bahkan rata-rata semua pabrikan tersebut juga sudah memiliki begitu banyak jenis motor yang mereka tawarkan, dan salah satunya ialah motor Matic.

Dengan kebaradaannya sebagai salah satu jenis sepeda motor dengan jumlah pengguna begitu banyak, membuat perkembangan industri motor matic pun terus di gempur. Dan bahkan sampai dengan saat ini kita semua tahu bahwa ada begitu banyak pilihan motor matic yang dapat kita miliki, dan salah satunya ialah Honda ADV.

Dan bicara mengenai motor matic, sama seperti kendaraan lain, perawatan rutin menjadi salah satu faktor besar untuk bisa mendapatkan kenyamanan dalam bekendara. Jika tidak tentu saja akan ada banyak kendala yang timbul akibat jarangnya melakukan perawatan sama sekali.

Gredek Pada Motor Matic

Dalam hal ini ada cukup banyak sekali permasalahan  yang dapat saja timbul atau muncul pada saat ketika motor matic jarang untuk mendapat sebuah perawatan. Selain mesin mati mendadak, ternyata dari beberapa pengalaman para pengguna. Motor matic jarang di rawat juga membuat timbulnya suara Gredek.

Untuk kendala atau masalah motor matic Gredek sendiri merupakan permasalahan yang sering terjadi pada bagian CVT atau transmisi motor matic, bahkan selain suara, gredek pada bagian CVT juga umumnya akan membuat getar motor.

Meskipun terasa kecil, akan tetapi getaran tersebut akan menyebabkan kenyamanan berkendara sangat kurang. Pada umumnya gredek pada motor matic sendiri akan terjadi pada saat mesin dingin atau saat rpm rendah serta pada saat akselerasi awal dan saat pengendara membuka gas secara kuat.

Pada saat itulah biasanya bagian CVT akan mengeluarkan suara gredek serta getaran. Yang akibatnya akselerasi motor pun tidak responsive. Nah yang jadi pertanyaannya apa sih penyebab motor matic gredek serta bagaimana solusi dan cara mengatasi atau menghilangkan getar dan suara tersebut?

Penyebab Motor Matic Gredek

Berkaca dari pengalaman pribadi yang sehari-hari menggunakan motor Honda Vario dan Honda Beat yang juga pernah mengalami masalah serupa. Ternyata ada beberapa penyebab utama kenapa motor matic gredek, beberapa penyebab tersebut diantaranya yaitu:

  • Kampas ganda motor matic kotor (penuh dengan debu/partikel kecil yang menempel).
  • Damper (karet) kampas ganda sudah mulai mengeras.
  • Seal Pulley belakang motor matic rusak sudah getas.
  • Lalu rusaknya roller CVT dan Vanbelt juga menjadi penyebab motor matic gredek.

Cara Mengatasi Motor Matic Gredek

Nah dari ketiga penyebab utama diatas sebenarnya solusi atau cara mengatasi masalah gredek pada bagian CVT motor matic bisa dibilang begitu mudah. Dan bahkan jika memang kalian sering bongkar pasang motor untuk perawatan, masalah CVT bergetar saat rpm rendah pun dapat kalian atasi sendiri.

Namun jika kalian lebih memilih cara mudah yakni dengan membawanya ke bengkel mungkin akan menjadi pilihan paling tepat. Karena montir akan memperbaiki semua penyebab tersebut dengan baik. Atau jika memang menginginkan untuk mengatasinya sendiri, maka berikut ialah beberapa langkah yang dapat kalian gunakan sebagai solusi masalah tersebut.

Dengan Membersihkan Kampas Ganda Dari Kotoran

Solusi yang paling mudah atau gampang yang kalian gunakan untuk bisa menghilangkan getar serta bunyi gredek pada bagian CVT yakni dengan membersihkan kampas ganda dari kotoran menumpuk. Dimana kotoran-kotoran ini biasanya datang dari patikel debu di sekitar motor atau lainnya.

Ketika bagian kampas ganda sudah kotor, hal ini akan dapat mempengaruhi kinerja kampas serta mangkok ganda. Dan hal tersebut pun membuat cengkraman atau grip kampas kurang menggigit. Sehingga di saat akan gigi akan naik atau turun akan terasa getaran dan suara gredek pun timbul.

Untuk membersihkan kotoran di bagian kampas ganda, kalian hanya perlu menyiapkan kompresor. Setelah itu buka penutup kampas ganda dan lepas setelah itu semprot dengan menggunakan angin bertekanan dari kompresor tersebut hingga benar-benar bersih atau gunakan kuas halus.

Dengan Mengganti Damper/Karet Kampas Ganda

Seperti diatas kami sampaikan motor matic gredek juga ternyata bisa jadi dikarenakan karet damper sudah mudah mengeras. Yang dimana fungsi karet damper pada CVT motor matic sendiri seagai penahan kampas ganda dan kondisinya haruslah lentur seperti kebanyakan karet penahan pada umumnya.

Nah kondisi karet damper yang mulai mengeras tersebut membuat pergerakan kampas pun tidak sesuai tempatnya, melainkan akan bergerak tidak beraturan dan sedikit goyang. Jika sudah seperti itu, maka otomatis cengkraman kampas pun tidak akan sekuat disaat damper tersebut dalam kondisi lentur.

Nah jika hal ini merupakan penyebab utama pada motor matic kalian, maka kami sarankan untuk mengganti karet damper tersebut. Nah sebagai informasi biasanya karet tersebut akan di dapat ketika kalian membeli kampas ganda baru atau ada juga beberapa toko yang menyediakannya secara terpisah.

Dengan Mengganti Roller CVT

Seperti kita semua ketahui, pada motor matic terdapat komponen yang cukup penting di dalam bagian CVT komponen tersebut adalah Roller. Yang dimana fungsi roller motor matic sendiri sebagai pelancar pergerakan variator, mengatur besar kecilnya diameter puller serta mengatur akselerasi.

Nah jika kodisi roller sudah mulai aus atau rusak, maka otomatis suara gredek atau rasa getar pada saat motor berjalan sudah pasti akan dirasakan. Maka oleh karena itu bagi kalian para pemilik motor matic yang mengalami masalah ini memang dikarenakan bagian roller sudah mulai aus.

Mak kami sarankan untuk segera menggantinya dengan kondisi baru. Namun saat mengganti perhatikan ukuran roller tersebut. Hal ini karena setiap tipe motor matic punya ukuran roller yang berbeda-beda. Jadi untuk mengurangi masalah lain yang timbul usahakan ganti dengan ukuran yang sama.

Dengan Mengganti Seal Pulley Belakang

Mengacu pada penyebab motor matic gredek seperti diatas kami sampaikan. Ternyata adanya kebocoran pada bagian gemuk pulley di bagian belakang pun akan membuat suara gredek dan juga getaran pada motor matic pada saat di rpm rendah akan benar-benar terasa.

Hal tersebut karena lama kelamaan gemuk tersebut akan masuk ke bagian mangkok kampas ganda. Jika tetap di biarkan, otomatis akan menyebabkan kampas selip karena licin, nah hal tersebut otomatis akan membuat CVT getar dan mengeluarkan suara gredek.

Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara yakni dengan mengganti seal pulley belakang tersebut dengan yang baru. Kalian bisa membelinya di toko sparepart motor di daerah kalian. Karena karet seal ini biasanya tidak sulit untuk kita dapatkan.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Matic Gredek semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

4.8/5 - (145 votes)