Motor Injeksi Ngegas Sendiri

Posted on

Motor Injeksi Ngegas Sendiri – Nah gejala motor yang ngegas sendiri kerap dialami oleh beberapa pengendara, mulai motor mesin karbu sampai yang injeksi.

Hal ini harus membuat pemilik lebih waspada lagi terhadap gejala tersebut. Hal ini karena yang ngegas sendiri ini bikim Rpm mesin tetap tinggi meski slongsong gas tidak diputar sama sekali.

Hal demikian ini dapat membayakan dan apalagi kalau kita perlu menghentikan atau mengurangi kecepatan motor seperti di jalanan menurun atau kemacetan.

Kalau di motor-motor karburator, pada umumnya gejala ini karena skep yang mulai seret karena berumur.

Mengakalinya juga cukup mudah kita mengecek skepnya dan ganti kalau sudah bermasalah. Namun untuk di motor-motor injeksi memang sedikit berbeda.

Untuk gejala gas nyangkut yang beberapa kali ditemukan pada Honda BeAT Fi. Hal ini kalau di motor injeksi gejalanya sedikit berbeda, tidak nyakut tapi malah ngegas sendiri.

Jadi posisi gas harusnya motor langsam idle tapi justru jalan sendiri tanpa digas dan bisa membahayakan.

Penyebab Motor Injeksi Ngegas Sendiri

Penyebabnya tergolong sepele, karena kotoran yang menumpuk dibagian per yang membuka tutup katup butterfly throttle body, karena kotoran menumpuk gerakannya maka jadi tersendat.

Atau bisa juga pernya lemah sehingga posisi katup butterfly tidak bisa menutup meskipun gas sudah tertutup. Jadi bukan throttle position yang rusak, kalau gejalanya motor tersendat saat gas ditarik.

Cara Mengatasi Motor Injeksio Ngegas Sendiri

Untuk hal ini diwanti-wanti untuk sering membersihkan area throttle body untuk mencegah kejadian motor ngegas sendiri.

Lalu seandainya per tersebut sudah dibersihkan atau diganti jangan lupa untuk reset ECU agar motor kembali normal.

Demikianlah pembahasan mengenai Motor Injeksi Ngegas Sendiri semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂